Tech-Fun!

Banyak yang Belum Tau! Ini 5 Perbedaan Antara E-money dan E-Wallet

Home / Tech-Fun! / Banyak yang Belum Tau! Ini 5 Perbedaan Antara E-money dan E-Wallet

Perbedaan Antara E-money dan E-Wallet

Sadar gak kalau hal yang akan hilang jika teknologi semakin canggih itu salah satunya uang kertas. Karena saat ini semua disarankan untuk pembayaran cardless dimana untuk menghindari kontak fisik yang menempel pada uang kertas karena adanya virus.

Nah salah satu teknologi cardless yang saat ini digunakan hampir banyak orang adalah E-money dan E-wallet. Keduanya memudahkan pengguna untuk membayar tanpa harus ribet mengeluarkan uang kertas.

Eits, tapi perlu kamu ketahui! Antara aplikasi E-wallet dan kartu E-money ini berbeda ya! Untuk perbedaannya kamu bisa simak artikel berikut ini!

Ini Loh Perbedaan Antara E-money dengan E-wallet

Buat kamu yang masih ngira W-money dan E-wallet sama, kamu perlu baca artikel berikut ini!

1. Teknologi yang Digunakan

Perbedaan Antara E-money dan E-Wallet

Teknologi yang Digunakan

Perbedaan antara E-money dan E-wallet terlihat jelas pada teknologi yang digunakan. Kalau E-money adalah uang elektronik yang berbasis chip atau chip based. Makanya E-Money ini terlihat bentuk fisiknya yang seperti kartu ATM.

Nah, di dalam kartu tersebut terdapat chip, dimana untuk menggunakannya pengguna tidak perlu menggunakan koneksi internet. Sedangkan E-wallet kebalikannya, E-wallet ini uang elektronik berbasis server atau server based.

Bentuknya hanya berupa aplikasi yang diinstal di smartphone dan untuk menggunakannya atau mengaksesnya pengguna harus terkoneksi dengan internet. Nah, E-wallet ini juga bisa digunakan untuk pembayaran di aplikasi online shop.

2. Metode Pendaftaran

Perbedaan Antara E-money dan E-Wallet

Metode Pendaftaran

Perbedaan antara E-money dan E-wallet berikutnya adalah metode pendaftarannya. Karena E-wallet merupakan aplikasi maka pengguna harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu di aplikasinya langsung atau di merchant penyedia jasa E-wallet tersebut.

Biasanya untuk melakukan pendaftaran ini pengguna harus melengkapi identitas pribadinya. Sedangkan E-money, pengguna tidak perlu mendaftar. Karena pengguna bisa langsung membeli kartunya di gerai bank yang menyediakannya, minimarket, supermarket atau situs belanja online juga tersedia.

3. Cara Pengisian Saldo

Perbedaan Antara E-money dan E-Wallet

Cara Pengisian Saldo

Perbedaan antara E-money dan E-wallet selanjutnya adalah cara pengisian saldo. Untuk mengisi saldo E-money cukup rumit karena kamu diharuskan mengisinya di mesin ATM dengan memasukan kartu ATM bank yang menyediakan.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan isi ulang di kasir supermarket dan bisa juga isi ulang di ecommerce tepercaya dengan menggunakan nomor yang tertera di kartu atau bisa juga dengan menggunakan teknologi NFC.

Sedangkan untuk mengisi saldo E-wallet cukup mudah, kamu hanya perlu menggunakan nomor virtual untuk ditransfer melalui aplikasi mbanking yang kamu gunakan dan nomornya hanya perlu disesuaikan dengan bank transfernya saja.

4. Limit Saldo

Perbedaan Antara E-money dan E-Wallet

Limit Saldo

Perbedaan E-money dan E-wallet berikutnya adalah limit saldo. Ternyata limit saldo E-money lebih sedikit biasanya hanya 2 juta saja. Dimana limit ini sudah diatur oleh Bank Indonesia (BI).

Sedangkan limit saldo E-wallet cukup besar, walaupun tidak sebesar limit saldo di kartu ATM bank. Bahkan biasanya aplikasi E-wallet ini tersedia fitur untuk mengatur keuangan. Jadi kamu gak perlu lagi aplikasi pengatur keuangan lagi.

5. Segmentasi Penggunaannya

Perbedaan Antara E-money dan E-Wallet

Segmentasi Penggunaannya

Perbedaan E-money dan E-wallet terakhir adalah segementasi penggunaannya. Biasanya E-money ini kebanyakan digunakan untuk transportasi umum seperti transjakarta, MRT, kereta dan lain sebagainya.

Bahkan E-money ini beberapa masih digunakan di negara paling canggih di dunia untuk transportasi umum juga loh! Karena lebih praktis dan kamu tidak perlu membawa uang cash lagi.

Sedangkan penggunaan E-wallet digunakan untuk keperluan belanja di merchant atau di situs belanja online. Apalagi E-wallet ini sering mengadakan promo diskon atau cashback loh! Makanya gak heran kalau banyak orang yang kecanduan belanja online.

So, itulah beberapa perbedaan antara E-wallet dan E-money. Menurut kamu, apa lagi sih perbedaan E-wallet dan E-money yang belum dijelaskan di atas? Kalau ada tulis ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top