Lifestyle

5 Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Tidak bisa dipungkiri, banyaknya aplikasi belanja online membuat kita kalap dalam berbelanja online. Bahkan sampai ada yang sudah ketahap kecanduan belanja online. Akan tetapi, perlu diwaspadai juga ya ketika kamu berbelanja online. Jangan lupa untuk mencari tau tips belanja online agar tidak tertipu.

Tapi, saat ini sudah banyak kok online shop yang trusted. Makanya nggak heran kalau belanja online banyak digemari oleh orang-orang. Walaupun begitu, jangan sampai kamu kecanduan dalam belanja online ya gaes, bisa bahaya!

Kalau sudah kecanduan, kamu bisa langsung coba cara mengatasi kecanduan belanja online berikut ini aja!

Suka Belanja Online? Ini Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Buat kamu yang mulai kecanduan belanja online, langsung deh ikuti cara mengatasi kecanduan belanja online berikut ini!

1. Unfollow Akun Instagram Online Shop

Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Unfollow Akun Instagram Online Shop

Cara mengatasi kecanduan belanja online yang pertama adalah dengan unfollow akun Instagram online shop yang kamu follow. Ngaku deh! Pasti kamu follow banyak akun online shop kan di Instagram? Nah, kalau iya, coba deh untuk follow akun-akun tersebut yang memang tidak kamu minati produknya.

Bahkan kalau bisa kamu unfollow akun Instagram sekaligus banyak gitu untuk akun-akun online shop. Tujuannya sih supaya kamu nggak lapar mata ketika mereka mengunggah produk terbarunya. Sehingga, niatan kamu untuk belanja online akan berkurang juga.

2. Hitung Pengeluaran Belanjamu

Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Hitung Pengeluaran Belanjamu

Cara mudah mengatasi kecanduan belanja online yang kedua adalah dengan menghitung pengeluaran belanjamu. Yups, ini penting banget gaes! Tujuannya sih supaya kamu tau pengeluaran belanja online kamu dihabiskan untuk apa. Sehingga kamu mampu membatasi diri ketika akan berbelanja lagi.

Dengan mencatat pengeluaranmu juga kamu bisa tau arus uangmu ke mana saja dan digunakan untuk apa aja. Oh iya, kamu bisa menggunakan aplikasi pengatur keuangan, supaya kamu bisa tau pemasukan sekaligus pengeluaran keuangan kamu gaes.

3. Tentukan Target Maksimal Belanjamu

Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Tentukan Target Maksimal Belanjamu

Cara mengatasi kecanduan belanja online yang ketiga adalah dengan menentukan target maksimal belanja online. Yups, setelah kamu mencatat pengeluaran keuangan kamu ketika belanja online, untuk di bulan selanjutnya kamu bisa deh menentukan batas maksimal belanja online.

BACA
Hati-hati! Ini Ciri-ciri Gamers yang Hode (Cowok Ngaku Cewek)

Hal ini bertujuan agar ada yang bisa mengendalikan kamu untuk tidak berlebihan dalam berbelanja online. Point ini juga menjadi salah satu tips untuk menghemat uang kamu loh gaes. Jadi, uang kamu tidak semuanya dihabiskan untuk belanja deh!

4. Berhenti Berlangganan Newsletter

Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Berhenti Berlangganan Newsletter

Cara mudah mengatasi kecanduan belanja online yang keempat adalah dengan berhenti berlanggan newsletter dari situs belanja online. Sadar atau tidak ketika kita mendaftar akun di salah satu situs belanja online, maka kita akan sering mendapatkan email berupa newsletter.

Newsletter ini biasanya berisikan diskon, sale, promo, cashback dan lain sebagainya yang sedang diselanggarakan di situs tersebut. Nah, kalau kamu sudah terlanjur melihatnya, bisa aja kan kamu jadi ada keinginanan untuk membelinya. Oleh sebab itu, lebih baik berhenti berlangganan aja gaes.

5. Ubah Mindset Belanja Offline Lebih Baik dari Belanja Online

Cara Mengatasi Kecanduan Belanja Online

Ubah Mindset Belanja Offline Lebih Baik dari Belanja Online

Cara mengatasi kecanduan belanja online yang terakhir adalah dengan mengubah mindset kamu kalau belanja offline lebih baik daripada belanja online. Sadar atau tidak, uang kamu akan habis banyak ketika belanja online dibandingkan offline.

Hal ini disebabkan karena ketika kamu belanja offline, maka ada peluang kamu untuk bisa menawar. Sehingga, uang kamu akan tersimpan lebih banyak gaes. Oleh sebab itu, kamu bisa mengubah mindset ini gaes perlahan-lahan.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan gimana sih cara mengatasi kecanduan belanja online. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai cara mengatasi kecanduan belanja online ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau gimana sih cara mengatasi kecanduan belanja online. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai cara mengatasi kecanduan belanja online ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top