Tech-Fun!

10 Hal Sepele yang Sebenarnya Bisa Merusak Smartphone

10 Hal Sepele yang Sebenarnya Bisa Merusak Smartphone 6

Di zaman yang serba canggih ini gadget merupakan barang elektronik yang wajib dimiliki. Bahkan untuk memiliki gadget seperti smartphone pun tidak ada batasan usia untuk memilikinya.

Pasti dari semua kalangan usia memiliki smartphone. Karena, smartphone merupakan barang elektronik sudah pasti akan mengalami kerusakan. Eiitss.. tapi jangan salah loh kerusak tersebut biasanya karena ulah kamu sendiri. Apa aja ya kira-kira?

BACA
10 Tempat Paling Gak Aman untuk Simpan Smartphone, No. 2 Paling Ngeri!

Smartphone Kamu Cepat Rusak? Inilah Penyebabnya!

Buat kamu yang smartphone-nya cepat banget rusak, mungkin selama ini kamu menyepelekan hal-hal penting terhadap smartphone kamu gaes!

Nah, berikut ini adalah kebiasaan yang membuat smartphone lebih mudah rusak.

1. Bermain Game Sambil Di-charger

Main Game dicas

Bermain Game Sambil Di-charger

Hal sepele yang pertama adalah kamu sering kali bermain game sambil di-charger. Hal inilah yang kerap kali membuat smartphone menjadi cepat rusak.

Mengapa? Karena, setiap kamu bermain game sambil di-charger maka arus daya yang masuk juga akan harus terpaksa keluar juga, karena kamu memainkan smartphone sambil di-charger.

Efek dari hal sepele ini adalah baterai smartphone kamu menjadi lebih boros, bocor bahkan overheat. Parahnya lagi, bisa saja smartphone kamu akan meledak karena terlalu panas.

Jadi, lebih baik tidak bermain game sambil di-charger ya gaes!

Baca Juga: 10 Penyebab Baterai Smartphone Cepat Habis, No. 7 Paling Sering Dilakukan

2. Mengaktifkan Fitur Bluetooth dan WiFi

Lupa Menonaktifkan Fitur Bluetooth

Mengaktifkan Fitur Bluetooth dan WiFi

Hal sepele kedua yang membuat smartphone cepat rusak adalah kamu mengaktifkan fitur bluetooth dan WiFi. Bukannya tidak boleh tapi kamu terus-terusan mengaktifkan fitur tersebut.

Salah satu penyebab smartphone kamu kena serangan hacker adalah kamu tidak mematikan fitur bluetooth. Padahal kamu tidak menghubungkan fitur tersebut dengan device apapun.

Sama dengan bluetooth, fitur WiFi yang terus-terusan diaktifkan dan tidak menghubungkan perangkat akan membuat baterai smartphone cepat boros dan cepat panas.

Jadi, matikan fitur bluetooth dan WiFi ya gaes jika sudah tidak diperlukan lagi!

Baca Juga: 10 Aplikasi Penguat Sinyal WiFi di Android (100% Ampuh)

3. Mengisi Baterai Smartphone Menggunakan Power Bank

Charger Baterai Menggunakan Power Bank

Mengisi Baterai Smartphone Menggunakan Power Bank

Hal sepele ketiga yang membuat smartphone rusak adalah kamu mengisi atau men-charger smartphone menggunakan power bank.

Sebenarnya tidak mengapa kamu mengisi baterai menggunakan power bank, tapi jangan terlalu sering. Karena, output yang dihasilkan power bank berbeda dengan mengisi baterai secara langsung melalui stop kontak.

Nah, apalagi jika kamu menggunakan power bank palsu. Hal inilah yang menyebabkan smartphone kamu cepat rusak. Karena, output yang dihasilkan berbeda dengan yang seharusnya.

Sehingga, smartphone kamu akan mengalami kerusakan dari baterai dan juga akan semakin lama mengisi baterai smartphone.

Jadi, pilihlah power bank yang memiliki kualitas yang bagus dan power bank yang asli ya gaes!

Baca Juga: 10 Tips Memilih Power Bank dengan Kualitas yang Bagus

4. Menggunakan Charger Smartphone yang Palsu

Charger Smartphone Palsu

Menggunakan Charger Smartphone yang Palsu

Hal sepele keempat yang merusak smartphone adalah kamu menggunakan charger smartphone yang palsu. Sama seperti men-charger menggunakan power bank.

Men-charger menggunakan charger palsu akan sangat berbahaya sekali gaes. Karena, output yang dikeluarkan charger tidak sesuai dengan charger smartphone yang asli. Hal inilah yang penyebab smartphone cepat rusak.

Jadi, usahakan gunakan charger smartphone kamu yang asli ya gaes!

Baca Juga: 5 Cara Bedakan Charger Samsung Asli dan Palsu

5. Ketika Smartphone Overheat Didiamkan Saja

Smartphone Overheat

Ketika Smartphone Overheat Didiamkan Saja

Hal sepele kelima yang bisa membuat smartphone mudah rusak adalah ketika smartphone mengalami overheat atau panas kamu malah membiarkannya.

Perlu kamu ketahui, smartphone sangat sensitif dengan suhu panas gaes. Jika, smartphone mengalami overheat akan kemungkinan komponen yang terdapat dalam smartphone akan rentan rusak.

Hal itulah yang membuat smartphone kamu menjadi mudah rusak loh gaes! Jadi, segera atasi smartphone yang overheat dengan menghentikan penggunaan smartphone yang berlebihan.

Baca Juga: 10 Tips Agar Android Tidak Cepat Panas

6. Install Aplikasi yang Tidak Perlu

Download Aplikasi yang Tidak Berguna

Install Aplikasi yang Tidak Perlu

Hal sepele keenam adalah kamu meng-install aplikasi yang tidak perlu. Bahkan aplikasi tersebut benar-benar tidak kamu gunakan sama sekali.

Selain aplikasi tersebut membuat memori kamu penuh juga akan membuat smartphone kamu menjadi lebih lemot. Smartphone yang lemot perlahan-lahan akan membuat smartphone kamu menjadi cepat rusak.

Karena, aplikasi tersebut akan terus berjalan di latar belakang dan akan terus-terusan memakan ruang RAM smartphone kamu.

Jadi, uninstall semua aplikasi yang tidak perlu dan tidak kamu gunakan lagi ya gaes!

Baca Juga: Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Android (Tanpa Root)

7. Mencharger Smartphone Semalaman

Mengisi Baterai Smaertphone

Mencharger Smartphone Semalaman

Hal sepele ketujuh yang membuat smartphone cepat rusak adalah kamu men-charger smartphone semalaman. Pasti kamu paling sering melakukan hal ini kan gaes?

Jika kamu men-charger smartphone selama semalaman akan berakibat over charging. Smartphone yang mengalami over charging biasanya akan membuat baterai cepat boros bahkan parahnya lagi smartphone akan meledak secara tiba-tiba.

Jadi, pastikan kamu tidak men-charger tidak sampai semalaman ya gaes!

Baca Juga: Cara Mempercepat Pengisian Baterai Hingga 3X Lipat

8. Mencharger Smartphone Menggunakan Laptop

Mengecas Smartphone Menggunakan Laptop

Mengisi Baterai Smartphone Menggunakan Laptop

Hal sepele kedelepan yang membuat smartphone rusak adalah kamu men-charger atau mengisi baterai smartphone menggunakan laptop. Pasti kamu juga sering kan melakukan hal ini gaes?

Tapi, kamu tau gak gaes? Men-charger smartphone menggunakan laptop akan mempercepat smartphone rusak. Bahkan bukan cuma smartphone-nya aja, laptop kamu juga akan mengalami kerusakan.

Mengapa? Karena, kedua elektornik tersebut sama-sama akan menampung daya pada waktu tertentu dan juga arus listrik yang dihasilkan laptop melalui port USB tidak kuat dan juga berbeda.

Hal inilah yang menyebabkan smartphone kamu mudah rusak. Jadi, kalau memang tidak mendesak, jangan men-charger smartphone menggunakan laptop ya gaes!

Baca Juga: 10 Tips Rahasia Agar Baterai Android Bertahan Seharian

9. Membiarkan Daya Baterai Smartphone Kosong

Baterai Smartphone Kosong

Membiarkan Baterai Smartphone Kosong

Hal sepele kesembilan yang membuat smartphone mudah rusak adalah kemu membiarkan daya baterai smartphone kosong. Sama dengan kebiasaan sebelumnya, pasti kamu pernah kan melakukan hal ini?

Perlu kamu ketahui, kebiasaan tersebut akan memperpendek umur baterai smartphone kamu loh gaes! Bahkan parahnya lagi, smartphone kamu akan mengalami mati total.

Mengapa? Karena, ketika kamu akan menchargernya kembali maka komponen yang terdapat di dalam smartphone akan terkejut. Hal inilah yang menyebabkan smartphone kamu mudah rusak.

Sekali lagi diingatkan! Jangan menunggu daya baterai kamu kosong baru di-charger ya gaes! Karena, menunggu itu tidak enak. Hehehe..

Baca Juga: Cara Merawat Baterai HP Android Non-Removable

10. Salah Menggunakan Case Tambahan

Case Smartphone

Salah Menggunakan Case Tambahan

Hal sepele kesepuluh yang bisa membuat smartphone mudah rusak adalah kamu salah menggunakan case tambahan untuk smartphone kamu. Sebenarnya tidak masalah kamu menggunakan case tambahan, hal ini bertujuan untuk menghindari smartphone kamu rusak karena benturan.

Akan tetapi jika kamu memilih dan membeli case tambahan yang asal-asalan sama saja bohong. Karena, fungsi caes adalah untuk melindungi smartphone kamu dari benturan.

Jika kamu sampai salah membeli malah nantinya smartphone kamu akan rusak karena benturan. Jadi, pilihlah case yang benar-benar untuk melindungi smartphone kamu ya gaes!

Baca Juga: 10 Cara Menghemat Baterai iPhone dan iPad

So, bagaiaman sobat pintar? Kamu sudah tau kan penyebab smartphone mudah rusak. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top