Internet

Apa itu Affiliate? Cara Kerja dan Keuntungannya!

Home / Internet / Apa itu Affiliate? Cara Kerja dan Keuntungannya!

apa itu affiliate

Sekarang ini ada banyak sekali ide jualan tanpa modal. Salah satunya dengan menjalankan bisnis affiliate. Karena sekarang program affiliate menjadi salah satu komponen penting dalam sebuah brand, dimana peranan affiliate ini mampu menjangkau banyak konsumen.

Jadi brand tidak hanya mengandalkan iklan aja untuk mendapatkan profit dan promosi. Tapi mengandalkan hasil penjualan dari para affiliator-nya. Sehingga keuntungan yang didapatkan lebih besar.

Bahkan program affiliate pun banyak diminati oleh banyak mahasiswa. Karena mereka bisa mendapatkan uang tambahan jajan dengan membuat konten promosi aja.

Nah, buat kamu yang belum paham mengenai affiliate. Tenang! Kali ini kami bakalan bahas apa sih itu affiliate, cara kerja dan keuntungannya. Jadi disimak baik-baik ya artikel ini!

Apa itu Affiliate?

Apa itu Affiliate

Apa itu Affiliate?

Affiliate adalah model bisnis di internet marketing yang dipopulerkan dengan sebutan affiliate marketing. Pada dasarnya affiliate ini penjualan yang berbasis komisi yang diberikan dari penyedia program.

Maksudnya, affiliate marketing adalah sistem bisnis dimana seseorang akan dibayar jasanya ketika berhasil menjual produk atau jasa dari brand dengan cara memasarkan secara online. Jasa tersebut dibayar dengan komisi dari persen produk yang terjual.

Jadi, buat kamu yang tidak memiliki produk atau jasa yang bisa dijual tapi ingin berbisnis, kamu bisa jadi reseller dan juga menjadi affiliator dengan bergabung di program affiliate marketing.

Bisnis ini sangat menguntungkan karena supplier bisa menjual produknya dengan cepat berkat bantuan para affiliator. Affiliator juga untung karena mendapatkan komisi dari penjualannya.

Cara Kerja Affiliate Marketing

Apa itu Affiliate

Cara Kerja Affiliate Marketing

Nah, untuk cara kerja affiliate marketing juga cukup mudah, kamu cukup mendaftarkan langsung ke brand yang memiliki program affiliate. Setelah mendaftar, kamu akan mendapatkan link afiliasi untuk kamu sebarkan.

Jadi kamu tinggal membuat konten promosi di aplikasi media sosial seperti Instagram, Twitter, TikTok, WhatsApp, Facebook dan lain sebagainya, kemudian kamu arahkan audience untuk klik link afiliasi kamu untuk melakukan pembelian.

Jika ada audience yang melakukan pembelian, maka kamu akan mendapatkan komisi yang telah ditentukan oleh si penyelenggara program affiliate. Biasanya komisi didapatkan dari berapa persen harga produk.

Makanya gak heran, kalau mendapatkan uang dari TikTok ini kebanyakan mereka seorang affiliator dari suatu brand. Jadi mereka gak hanya buka jasa endorse aja, tapi mempromosikan produk orang lain.

Keuntungan Bergabung di Affiliate Marketing

Buat kamu yang penasaran apa sih emang keuntungan bergabung di affiliate marketing, kamu bisa langsung simak poin-poinnya berikut ini!

1. Tidak Mengeluarkan Biaya Produksi

Apa itu Affiliate

Tidak Mengeluarkan Biaya Produksi

Keuntungan gabung di affiliate marketing yang pertama adalah tidak mengeluarkan biaya produksi. Biasanya hal yang membuat orang tidak ingin berbisnis karena harus mengeluarkan budget atau modal yang cukup besar.

Karena kamu harus mengeluarkan budget untuk biaya produksi dan promosi. Namun untuk berbisnis affiliate, kamu tidak harus mengeluarkan biaya produksi, karena semua akan diatur oleh si brand itu sendiri.

Jadi bisnis online ini bisa dikerjakan menggunakan laptop atau HP, karena kamu hanya perlu mempromosikan produk dari brand yang kamu daftarkan.

Apalagi banyak program affiliate yang dimana kamu gak perlu membeli produknya dan tidak membayar untuk mendaftar.

2. Tidak Ada Resiko

Apa itu Affiliate

Tidak Ada Resiko

Keuntungan gabung di affiliate marketing berikutnya adalah tidak ada resiko. Berbeda dengan bisnis dropship, resiko rugi jika gabung di affiliate hampir tidak ada. Karena kamu tidak akan terikat kontrak dengan siapapun.

Apalagi sekarang ini banyak program affiliate yang membuka program untuk siapapun untuk bergabung menjadi affiliator tanpa harus membayar. Jadi, kamu tidak perlu mengeluarkan budget atau modal.

3. Pekerjaannya Sangat Fleksibel

Apa itu Affiliate

Pekerjaannya Sangat Fleksibel

Keuntungan gabung di affiliate marketing selanjutnya adalah pekerjaannya sangat fleksibel. Sama seperti dropshipper, dengan menjadi affiliator kamu bisa mengerjakannya di manapun dan kapanpun, artinya sangat fleksibel.

Jadi buat kamu yang ingin tetap bisa kuliah walaupun kesulitan biaya, bisa banget nih bergabung di program affiliate marketing. Karena bisa dikerjakan di sela-sela waktu kuliah kamu.

4. Tidak Repot dan Bisa Dikerjakan Oleh Siapa Saja

Apa itu Affiliate

Tidak Repot dan Bisa Dikerjakan Oleh Siapa Saja

Keuntungan gabung di affiliate marketing berikutnya adalah tidak repot dan siapapun bisa bergabung, artinya tidak ada batasan usia untuk bergabung. Kenapa bisnis ini tidak repot? Karena kamu gak harus menyetok, membuat, mengemas produknya.

Selain itu, hampir semua program affiliate saat ini tidak ada syarat mengenai batasan usia untuk bergabung. Karena kamu hanya perlu mempromosikan aja di media sosial atau bisa kamu promosikan menggunakan marketing tools para pebisnis online.

5. Bisa Menjadi Passive Income

Apa itu Affiliate

Bisa Menjadi Passive Income

Keuntungan gabung di affiliate marketing selanjutnya adalah bisa menjadi passive income. Jadi untuk punya passive income, kamu tidak harus mencoba berbagai jenis investasi, tapi bisa juga menjadi affiliator suatu produk.

Karena ketika kamu membuat konten untuk promosi produk yang menarik dan membagikannya di media sosial. Makanya selalu akan ada peluang untuk audience membeli produk yang kamu rekomendasikan. Jadi, setiap hari kamu bisa dapat komisi.

6. Bisa Menjual Apapun

Apa itu Affiliate

Bisa Menjual Apapun

Keuntungan gabung di affiliate marketing terakhir adalah bisa menjual apapun. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, cara jualan online untuk pemula hingga sukses dengan fokus menjual 1-5 produk saja.

Karena ketika menjual berbagai produk kamu akan terlihat tidak profesional atau bisa dibilang palugada (“apa yang lu butuh, gue ada”).

Nah, kalau menjadi affiliate kamu tidak harus fokus 1 produk aja, tapi bisa banyak produk. Karena di sini tugas kamu hanya merekomendasikan kepada audience. Sehingga konten kamu akan sangat membantu para audience.

So, itulah beberapa keuntungan dari bergabung di affiliate marketing. Nah, kamu berencana daftar di program affiliate brand apa nih gaes? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top