Tech-Fun!

Cara Jualan Online untuk Pemula Hingga Sukses!

Cara Jualan Online

Seperti yang sudah kita ketahui kalau saat ini semua informasi bisa didapatkan secara online baik di internet maupun di aplikasi media sosial. Sama halnya ketika kita ingin mencari barang atau produk, pasti mencarinya melalui online terlebih dahulu sebelum ke official store-nya secara langsung.

Makanya banyak orang yang mencoba peruntungan dengan berjualan secara online. Oh iya, berjualan secara online juga bisa menjadi salah satu part time untuk anak kuliahan. Karena, tidak mengganggu waktu kuliah dan bisa dikerjakan ketika waktu luang.

Karena berjualan online sangat efektif, banyak orang yang mencobanya juga. Sehingga persaingan berjualan online lebih ketatgaes. Tapi, kamu tenang aja, soalnya kali ini kita bakalan bahas bagaimana cara jualan online untuk pemula hingga sukses.

Mau Sukses Jualan Online? Coba Ikuti Cara Jualan Online Berikut Ini Deh!

Oh iya, kalau kamu ingin fokus jualan online di media sosial juga bisa kok gaes. Tapi, kamu harus baca dulu artikel tentang tips jualan di media sosial agar cepat laku.

Nah, setelah membaca artikel tersebut, kamu juga harus membaca pembahasan cara jualan online dari pemula hingga sukses berikut ini ya gaes!

1. Mengumpulkan Niat Terlebih Dahulu

Cara Jualan Online

Mengumpulkan Niat Terlebih Dahulu

Cara jualan online untuk pemula yang pertama adalah dengan mengumpulkan niat. Niat ini bukan hanya sekedar niat aja ya gaes. Tapi, kamu juga harus membangun mindset berbisnis yang benar dan juga positif.

Jika kamu berjualan online dengan niat untuk kejahatan atau menipu biasanya tidak akan berjalan lancar. Selain itu, jangan sampai kamu sudah membangun bisnis berjualan online, kemudian tiba-tiba menyerah jika sewaktu-waktu sepi.

Karena, untuk berjualan online kamu harus siap mental jika produk kamu ada saingannya dan sewaktu-waktu sepi, itu merupakan hal yang wajar terjadi. Jadi, pastikan kamu sudah mengumpulkan niat dan menyiapkan mental.

2. Cari Modal untuk Jualan

Cara Jualan Online

Cari Modal untuk Jualan

Cara jualan online yang kedua adalah dengan mencari modal untuk berjualan. Seperti yang kita ketahui ya gaes, untuk berjualan online kita harus membutuhkan banyak modal.

Oleh sebab itu, kamu harus menabung untuk modal terlebih dahulu. Jika kamu termasuk orang yang berani mengambil resiko dan tentunya bertanggung jawab, kamu bisa mencoba meminjam modal di bank atau di aplikasi pinjam uang.

Tapi perlu diingat, uang pinjaman tersebut tentunya ada bunganya. Jadi, kalau kamu telat membayar, maka kamu akan mendapatkan denda. Oleh sebab itu, pastikan kamu membayar pinjaman tepat waktu baik meminjam di bank maupun di aplikasi peminjaman uang online ya gaes.

3. Tentukan Produk yang Ingin Dijual

Cara Jualan Online

Tentukan Produk yang Ingin Dijual

Cara ketiga untuk jualan online hingga sukses adalah dengan menentukan produk yang ingin dijual. Nah, kalau kamu sudah mengumpulkan niat dan mempunyai modal, sekarang kamu harus menentukan produk yang ingin dijual.

Pastikan produk yang kamu jual memang berkualitas dan memiliki keunikan tersendiri dibandingkan online shop lainnya. Karena, kalau kamu menjual produk yang berkualitas dan unik, banyak orang yang akan tertarik.

Bahkan sampai ada yang menjadi pelanggan tetap. Oleh sebab itu, pastikan kamu menentukan produknya terlebih dahulu ya gaes. Jangan, sampai kamu bingung atau malah campuran produk yang ingin dijual.

4. Ambil Foto Produk yang Bagus

Cara Jualan Online

Ambil Foto Produk yang Bagus

Cara jualan online untuk pemula hingga sukses yang keempat adalah dengan mengambil foto produk yang bagus. Hal ini bertujuan untuk menarik hati para calon pembeli gaes.

Jika kamu menggunakan foto yang kualitasnya kurang bagus, maka calon pembeli akan mengurungkan niat untuk membeli produk kamu. Oh iya, kamu bisa mengambil foto produk yang bagus menggunakan HP dengan kamera terbaik.

Selain itu, jika kamu mengambil fotonya di malam hari, kamu wajib tau tips mengambil foto di malam hari ya. Supaya foto produk yang akan kamu sebar luaskan bisa menarik perhatian para calon pembeli.

5. Gunakan Caption yang Jelas

Cara Jualan Online

Gunakan Caption yang Jelas

Cara jualan secara online yang kelima adalah dengan menggunakan caption yang jelas. Tidak hanya foto saja yang bisa menarik perhatian para calon pembeli, akan tetapi caption yang digunakan juga bisa menarik perhatian calon pembeli.

Apalagi caption yang kamu gunakan sangat detail dan jelas. Seperti penjelasan nama model produk, ukuran, harga, warna dan lain sebagainya. Jika kamu tidak menggunakan caption yang jelas, maka calon pembeli akan mengurungkan niat untuk membeli produk kamu.

BACA
Contoh Surat Lamaran Kerja Paling Menarik di 2018

Jadi, perhatikan juga ya caption yang kamu gunakan. Oh iya, point ini juga bisa kamu implementasikan jika ingin mendapatkan followers Instagram dengan cepat. Karena, caption yang unik dan jelas, bisa menarik perhatian pengguna Instagram.

6. Manfaatkan Aplikasi Online Shop

Cara Jualan Online

Manfaatkan Aplikasi Online Shop

Cara berjualan online yang keenam adalah dengan memanfaatkan aplikasi online shop yang paling populer. Kenapa harus memanfaatkan aplikasi online shop? Karena, saat ini pembeli akan merasa aman jika belanja online menggunakan aplikasi tersebut.

Jika mereka membeli produk melalui aplikasi chatting secara langsung, biasanya akan ada kekhawatiran tersendiri. Selain itu, aplikasi online shop banyak sekali promo yang bisa menarik perhatian calon pembeli.

Oleh sebab itu, kamu harus memanfaatkan aplikasi online shop, untuk menambahkan kepercayaan calon pembeli ya gaes. Jadi, nggak hanya berjualan di media sosial aja gaes.

7. Perbanyak Metode Pembayaran

Cara Jualan Online

Perbanyak Metode Pembayaran

Cara jualan online untuk pemula yang ketujuh adalah dengan memperbanyak metode pembayaran. Seperti yang kita ketahui ya gaes, kalau saat ini sedang marak pembayaran digital secara online.

Misalnya pembayaran via bank yang variatif, pembayaran dengan pulsa, pembayaran COD (Cash On Delivery) maupun pembayaran menggunakan aplikasi payment.

Dengan memperbanyak metode pembayaran inilah, bisa menarik perhatian calon pembeli. Mengapa demikian? Karena, calon pembeli merasa dimudahkan jika belanja di toko milik kamu. Dengan begitu, mereka akan terus belanja di toko online kamu gaes.

8. Sering Adakan Giveaway

Cara Jualan Online

Sering Adakan Giveaway

Cara kedelapan berjualan online adalah dengan sering mengadakan giveaway. Giveaway ini merupakan kegiatan bagi-bagi produk secara gratis kepada pelanggan. Hal ini juga termasuk salah satu cara mendapatkan followers dengan cepat.

Karena, dengan berbagi produk secara gratis pelanggan merasa kalau toko kamu termasuk toko yang royal. Selain itu, dengan mengadakan giveaway bisa menjadi salah satu bentuk reward dari kamu kepada pelanggan setia.

Nah, giveaway yang diadakan pun bisa berbagai cara. Biar kamu nggak rugi-rugi amat saat mengadakan giveaway, cobalah untuk memberikan tantangan yang ringan, supaya banyak yang ikutan dan banyak juga calon pembeli yang tertarik.

9. Promote Akun Jualan ke Selebgram

Cara Jualan Online

Promote Akun Jualan ke Selebgram

Cara jualan online untuk pemula hingga sukses selanjutnya adalah dengan promote akun jualan kamu ke Selebgram atau influencer. Yups, seperti yang kita ketahui ya kalau Selebgram, merupakan selebritis di Instagram.

Biasanya seorang Selebgram memiliki jumlah followers yang banyak dan tentunya loyal.  Oleh sebab itu, untuk membuat toko jualan online kamu dikenal lebih luas, kamu bisa promote atau endorse produk kamu ke Selebgram di Indonesia.

Contoh Selebgram yang bersedia menerima promte atau endorse ada Awkarin, Rachel Vennya dan lain sebagainya. Oh iya, sebelum promote Selebgram pastikan kamu sudah membaca tips endorse Selebgram, agar tidak salah pilih.

Karena, saat ini ada banyak Selebgram yang ada di Indonesia mulai dari Selebgram dengan tarif termahal hingga Selebgram dengan tarif paling murah. Jadi, pilih-pilih dulu Selebgram yang ingin kamu endorse gaes.

10. Iklankan Produk yang Dijual di Media Sosial

Cara Jualan Online

Iklankan Produk yang Dijual di Media Sosial

Cara jualan online berikutnya adalah dengan mengiklankan produk yang kamu jual. Hal ini akan sedikit mengeluarkan uang lebih banyak, akan tetapi produk kamu akan terlihat oleh para pengguna media sosial.

Karena, nantinya foto produk jualan milik kamu akan muncul di platform media sosial yang kamu pilih targetnya. Dengan begitu, produk kamu akan mudah dikenali. Sehingga, akan banyak yang ingin membeli produk kamu.

Oh iya, sebelum iklan produk jualan online kamu, pastikan kamu menggunakan foto produk yang bisa menarik perhatian calon pembeli. Jika kamu menggunakan foto produk yang biasa saja, hanya kemungkinan kecil saja untuk mereka membeli produk kamu gaes.

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan cara jualan online untuk pemula hingga sukses. Nah, jangan lupa ya untuk share artikel cara jualan online ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau bagaimana sih cara jualan online dari pemula hingga menjadi sukses. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai artikel cara jualan online untuk pemula hingga sukses ini, bisa langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top