Tech-Fun!

WASPADA! Ini 10 Dampak Buruk Akibat Kecanduan Game MOBA

Home / Tech-Fun! / WASPADA! Ini 10 Dampak Buruk Akibat Kecanduan Game MOBA

Halo sobat pintar! Game MOBA memang sedang hits pada zaman ini ya guys. Mulai dari Mobile Legends, Garena AOV, dan masih banyak yang lainnya.

Kamu tau tidak dampak buruk, apabila kamu kecanduan bermain game MOBA? Nah, TipsPintar kali ini akan memberitahu kamu 10 dampak akibat kecanduan main game MOBA. Yuk! Langsung saja lihat apa dampaknya.

Airy Rooms
BACA
10 Game MOBA Terbaik Pengganti Mobile Legends

Berikut Ini 10 Dampak Buruk Akibat Kecanduan Game MOBA

Kecanduan game MOBA memang sangatlah merugikan ya guys. Buat kamu yang merasa kecanduan game MOBA, coba deh simak artikel ini baik-baik guys.

1. Baterai Smartphone Cepat Rusak

Baterai Cepat Rusak

Baterai Cepat Rusak

Dampak buruk akibat kecanduan game MOBA yang pertama adalah baterai smartphone cepat rusak. Dampak ini akan sangat terasa sekali ya guys, karena saat kamu kecanduan bermain game MOBA kamu akan terus memainkan game ini dan membuat baterai smartphone kamu akan terus menerus di-charge.

Bahkan, yang ditakutkan ketika smartphone kamu sering di-charge. Smartphone menjadi cepat panas atau bisa-bisa smartphone kamu meledak.

Baca Juga: 10 Game MOBA Terbaik Pengganti Mobile Legends

2. Menjadi Lupa Waktu

Bermain Pada Jam Tertentu

Bermain Pada Jam Tertentu

Dampak buruk kecanduan game MOBA selanjutnya ialah menjadi lupa waktu. Dampak ini memang sangat terasa ketika kamu benar-benar sudah kecanduan game MOBA.

Game ini memang memiliki durasi yang cukup lama untuk dimainkan, yaitu 15-30 menit untuk menyelesaikan satu kali pertandingan. Jadi, apabila kamu sudah mulai merasa kecanduan sebaiknya kamu harus bisa mengatur waktu main kamu ya guys.

Baca Juga: Cara Mengetahui Kondisi Kesehatan Kamu Menggunakan Android

3. Menjadi Kurang Istirahat

Menjadi Kurang Istirahat

Menjadi Kurang Istirahat

Dampak dari kecanduan game MOBA lainnya adalah menjadi kurang istirahat. Dalam hidup ini kita memang sangat memerlukan istirahat.

Bagaimana jadinya kalau hidup kita kurang beristirahat? Pastinya akan membuat tubuh kita mengalami kelelahan dan bisa menjadi sakit.

Nah, pastinya kamu tidak maukan jatuh sakit karena kurangnya istirahat. Maka dari itu, kamu harus mengatur jam bermain game MOBA kamu agar tidak mengganggu waktu istirahat kamu.

Baca Juga: Siap Besaing Dengan Game MOBA Lainnya, Ini Strategi Vainglory!

4. Merusak Mata

Merusak Mata

Merusak Mata

Dampak selanjutnya dari kecanduan game MOBA ialah merusak mata. Apajadinya jika kamu kecanduan dan lupa akan istirahat? Yup! Mata kamu akan kelelahan dan menjadi sakit.

Bahkan parahnya, apabila kamu sudah kecanduan dengan game ini. Mata kamu bisa menjadi minus dan membuat penglihatan kamu menjadi kurang fokus.

Sebaiknya, kamu harus menjaga kesehatan kamu dengan banyak-banyak mengonsumsi vitamin A, agar mata kamu tidak menjadi rusak.

Baca Juga: 10 Game Android Terbaik di Bawah 100MB

5. Obesitas

Obesistas

Obesistas

Obesitas memang bisa menjadi dampak dari kecanduan bermain game MOBA. Yup! Dengan kecaduan bermain game ini, kamu akan lupa untuk melakukan olahraga.

Ditambah lagi, apabila kamu merupakan orang yang senang sekali mengonsumsi makanan-makanan yang tidak sehat. Itu semua akan membuat kamu menjadi seseorang yang obesitas.

Baca Juga: 10 Game RPG Android Offline Terbaik dan Paling Ringan

6. Menjadi Orang yang Arogan

Menjadi Arogan

Menjadi Arogan

Dampak dari kecanduan game MOBA yang lainnya juga berpengaruh pada emosional seseorang. Pasalnya, pada saat kita bermain game tingkat emosional kamu menjadi tinggi.

Ditambah lagi obrolan pada game yang menggunakan kata-kata yang kurang sopan. Semua itu akan berpengaruh pada tingkat emosional kamu dan akan kamu bawa dikehidupan normal.

Baca Juga: 10 Dampak Mengerikan Jika Terlalu Sering Buka Sosial Media

7. Kurang Bersosialisasi

Kurang Bersosialisasi

Kurang Bersosialisasi

Dampak lain dari kecanduan game MOBA selanjutnya, yaitu kurang bersosialisasi. Kita memang diciptakan sebagai mahluk sosial yang harus berkomunikasi satu dengan yang lainnya.

Dampak ini memang tidak baik, terutama buat anak-anak yang sedang mengalami masa-masa dimana mereka harus menemukan jati dirinya.

Baca Juga: 10 Dampak Buruk Bagi Anak yang Disebabkan Gadget

8. Memiliki Gangguan Mental

Gangguan Mental

Gangguan Mental

Memiliki gangguan mental, memang akan dialami oleh para pecandu game MOBA. Khususnya oleh anak-anak yang sering bermain game akan berpengaruh pada psikologi dan mental anak-anak.

Dalam masa pertumbuhan, mereka akan merasa sulit untuk berinteraksi dengan temannya di luar sana. Bukan itu saja, mereka akan mengeluarkan kata-kata yang tidak pantas untuk mengekspresikan keadaan yang sedang dialaminya.

Baca Juga: 10 Hal yang Sangat Dibenci Gamers di Dunia Nyata

9. Mengabaikan Notifikasi

Mengabaikan Notifikasi

Mengabaikan Notifikasi

Dampak selanjutnya dari kecanduan game MOBA adalah mengabaikan notifikasi yang masuk kedalam smartphone kamu, apabila kamu terlalu fokus dengan game ini. Dampak lainnya adalah kamu akan mengabaikan pesan-pesan yang penting dari sanak saudara, teman dekat, dan yang lainnya.

Baca Juga: 10 Game Horor Paling Menyeramkan di Android

10. Bertengkar dengan Pasangan

bertengkar dengan Pasangan

bertengkar dengan Pasangan

Dampak yang terakhir dari kecanduan game MOBA adalah bertengkar dengan pasangan kamu. Dampak ini memang masih sangat berhubungan dengan dampak yang di atas.

Karena ketika kamu mengabaikan notifikasi yang masuk ke dalam smartphone kamu dan notifikasi pesan tersebut dari pasangan kamu yang sedang membutuhkan kamu.

Maka pasangan kamu akan marah dengan kamu, karena mereka merasa tidak diperdulikan saat mereka sedang membutuhkan bantuan kamu guys.

Nah, begitulah dampak dari kecanduan bermain game MOBA, jadi kamu harus hindari itu semua ya guys. Apabila kamu memiliki kritik atau saran lainnya, kamu bisa tulis dikolom komentar dibawah ya.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top