Intermezzo

STOP Buang Sembarangan! 6 Benda yang Paling Mencemari Laut

Benda yang Paling Mencemari Laut

Laut merupakan salah satu keindahan alam yang Tuhan cipatkan untuk kita. Karena, di dalam lau terdapat banyak sekali makhluk yang mendiami tempat terdalam lautan, tengah laut, maupun permukaan laut. Jadi, sudah sewajarnya kita untuk menjaga kelestarian laut agar tidak tercemar.

Walaupun laut tersebut merupakan salah satu laut paling seram dan mengerikan. Makanya gaes, ketika kamu sedang berada dimanapun untuk membuang sampah pada tempatnya ya! Karena, banyak benda yang mencemari laut hingga membuat hewan laut mati mengenaskan.

Nah, berikut ini benda yang paling mencemari laut. Jadi, kamu harus simak baik-baik!

STOP Buang Benda yang Paling Mencemari Laut Berikut Ini Sembarangan!

Seperti yang kita ketahui, kalau banyak hewan yang tersiksa akibat perbuatan manusia. Salah satunya membuang benda paling mencemari berikut ini secara sembarangan!

1. Botol Minum Plastik

Benda yang Paling Mencemari Laut

Botol Minum Plastik

Benda yang paling mencemari laut pertama adalah botol minum plastik. Yups, ternyata botol minuman plastik paling besar loh gaes yang menyumbang sampah di laut. Indonesia pun menjadi negara terbesar yang menyumbang sampah ini.

Coba bayangkan ada sekitar  lebih dari 1,6 juta botol minum plastik yang mengambang di permukaan laut. Jumlah tersebut juga masih akan terus meningkat. Mengingat jumlah komsumsinya yang memang terus meningkat.

2. Kantong Plastik

Benda yang Paling Mencemari Laut

Kantong Plastik

Benda yang ternyata mencemari laut kedua adalah kantong plastik. Memang sih untuk saat ini kantong plastik sudah tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Tapi, faktanya lebih dari 757 ribu kantong plastik bekas pakai mengambang dan tenggelam di laut.

Bahkan Indonesia pun menyumbang 1,29 juta ton sampah kantong plastik setiap tahunnya di laut. Makanya, nggak heran kalau hewan laut banyak yang terjebak dengan kantong plastik tersebut bahkan sampai ada yang mati karena terlilit.

3. Sedotan Plastik

Benda yang Paling Mencemari Laut

Sedotan Plastik

Benda yang paling mencemari laut ketiga adalah sedotan plastik. Sedotan plastik pun sering banget ditemukan di pesisir laut bahkan mengambang di laut. Sedotan plastik ini tercatat hampir 643,5 ribu loh mengambang di lautan gaes.

Bahayanya, sedotan plastik ini bisa membuat hewan laut mati. Karena, hewan laut mengira sedotan plastik ini adalah makanan. Nggak cuma itu aja, mereka bahkan tertusuk sedotan plastik yang tajam. Kasian ya gaes!

4. Puntung Rokok

Benda yang Paling Mencemari Laut

Puntung Rokok

Benda yang ternyata mencemari laut keempat adalah puntung rokok. Ternyata rokok bukan hanya penyebab seseorang terkena kanker paru-paru aja, tapi bisa juga mencemari lingkungan, apalagi putung rokoknya. Puntung rokok mencemari laut sudah tercatat sebanyak 2,4 juta loh gaes.

BACA
Ngaku Deh! Ini 5 Hal yang Sering Dilakukan Gamers Sejati

Puntung rokok ini pun awalnya berasal dari selokan lalu mengalir hingga ke laut. Nah, kabarnya puntung rokok bisa terurai dalam waktu minimal 10 tahun. Puntung rokok pun berbahaya bagi kehidupan laut karena mengingat rokok mengandung zat-zat berbahaya.

5. Plastik Bungkusan Makanan

Benda yang Paling Mencemari Laut

Plastik Bungkusan Makanan

Benda yang paling mencemari laut kelima adalah plastik bungkusan makanan. Yups, hampir semua makanan yang tersedia di supermarket atau minimarket menggunakan plastik. Nah, plastik bungkusan makanan ini pun menyumbang 1,7 juta buah di laut loh gaes.

Salah satu penyumbang plastik bungkusan makanan pun berasal dari produk buatan Indonesia yang mendunia. Makanya bungkusan ini bisa ditemukan di laut luar negeri. Oh iya, plastik bungkusan makanan ini juga sangat sulit diuraikan, karena membutuhkan waktu puluhan tahun untuk bisa terurai.

6. Styrofoam

Benda yang Paling Mencemari Laut

Styrofoam

Benda yang ternyata mencemari laut terakhir adalah styrofoam. Yups, styrofoam ini merupakan salah wadah yang digunakan untuk menaruh makanan. Ternyata, styrofoam pun menyumbang 580,5 ribu di laut loh gaes. Apalagi styrofoam pun termasuk benda yang tidak bisa diuraikan.

Kalau pun bisa terurai sempurna, styrofoam memerlukan waktu 500 tahun untuk bisa terurai. Coba deh gaes, bayangkan kalau hewan di laut mengira styrofoam ini adalah makanan. Pasti akan sangat berbahaya banget dan akan menurun rantai makanan kita. Makanya yuk, kita kurangi pemakaian benda ini dan membuangnya pada tempatnya.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih benda yang paling mencemari laut. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai benda yang paling mencemari laut ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih benda yang paling mencemari laut. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai benda yang paling mencemari laut ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top