Intermezzo

7 Gunung Berapi Paling Berbahaya di Dunia, No. 6 Ada di Indonesia

Gunung Berapi Paling Berbahaya di Dunia

Seperti yang kita ketahui ya gaes, kalau saat ini Gunung menjadi salah satu wisata yang paling diminati oleh anak muda zaman sekarang. Hal ini disebabkan karena Gunung memiliki keindahan yang sangat luar biasa dibandingkan wisata di Pantai. Makanya banyak yang membandingkan antara anak gunung vs anak pantai.

Walaupun Gunung memiliki keindahan akan tetapi nggak jarang juga banyak gunung yang menyimpan misteri. Apalagi kalau kamu mendaki di gunung paling angker di Indonesia. Tidak hanya itu aja sih, Gunung juga bisa berbahaya jika status gunung tersebut masih aktif atau berpotensi untuk meletus kembali.

Nah pas banget nih gaes! Berikut ini beberapa gunung berapi paling berbahaya di dunia yang kabarnya masih berstatus aktif.

Hati-Hati! Ini Gunung Berapi Paling Berbahaya di Dunia

Walaupun gunung berikut ini menjadi salah satu gunung berapi paling berbahaya di dunia, akan tetapi keindahannya bakalan bikin kamu takjub terus deh!

1. Gunung Vesuvius – Italia

Gunung Berapi Paling Berbahaya di Dunia

Gunung Vesuvius – Italia

Gunung berapi paling berbahaya di dunia yang pertama adalah Gunung Vesuvius. Gunung Vesuvius ini satu-satunya gunung berapi yang masih aktif di benua Eropa. Gunung Vesuvius ini terletak di negara Italia, tepatnya di sebelah Timur Napoli. Ketinggian gunung Gunung Vesuvius ini sekitar 1.281 mdpl.

Gunung ini terakhir meletus pada bulan Maret tahun 1944, sehingga Gunung ini menyebabkan hancurnya kota Pompeii loh gaes di zaman Romawi Kuno. Walaupun tidak letusannya tidak menyebabkan Pompeii menjadi kota yang mati. Tapi, tetap saja letusannya meluluhtantahkan kota gaes.

Oh iya, kabarnya Pemerintah Italia juga sudah siap untuk meletusnya kembali gunung ini. Karena, pada saat meletusnya gunung ini hampir terjadi 8 kali letusan yang diikuti aliran piroklastik hingga 17 ribu tahun.

2. Gunung Rainier – Amerika Serikat

Gunung Berapi Paling Berbahaya di Dunia

Gunung Rainier – Amerika Serikat

Gunung berapi berbahaya di dunia yang kedua adalah Gunung Rainier. Gunung yang dikenal juga sebagai Gunung Tacoma atau Tahoma ini menjadi salah satu gunung stratovolcano aktif terbesar loh gaes. Gunung Rainier ini terletak di Washington, Amerika Serikat.

Yups, seperti yang kita ketahui kalau Amerika menjadi salah satu negara dengan perkembangan teknologi pesat. Walaupun begitu, Amerika Serikat memiliki gunung berapi aktif yang sangat berbahaya dengan ketinggian 4.392 mdpl.

Gunung ini menjadi berbahaya karena komposisinya yang terkandung kimia, aliran lava, piroklastik maupun abu vulkanik. Nah, panas serta aliran lava dari gunung ini pun rentan sekali mencairkan salju es yang ada di gunung tersebut. Sehingga akan banyak sekali dampak yang besar akibat aktivitas dari Gunung Rainier ini.

3. Gunung Novarupta – Semenanjung Alaska

Gunung Berapi Paling Berbahaya di Dunia

Gunung Novarupta – Semenanjung Alaska

Gunung berapi paling berbahaya di dunia yang ketiga adalah Gunung Novarupta. Menurut penelitian Gunung Novarupta ini merupakan gunung berapi yang sudah terbentuk sejak tahun 1912. Gunung Novarupta ini terletak di Semenanjung Alaska, tepatnya di Taman Nasional dan Cagar Alam Katmai.

Gunung Novarupta ini hanya memiliki ketinggian 841 mdpl. Oh iya, gunung ini pernah meletus di tahun 1912 dan mengakibatkan kubik abu serta puingnya terlempar ke udara hingga 20 km. Selain itu, letusan dari gunung ini membentuk awan dan menghasilkan hujan sulfur di Kanada dan juga Alaska Selatan.

Dampaknya banyak orang yang mengeluh adanya gangguan pernapasan hingga sakit mata. Bahkan sampai ada yang menederita minus dan silinder akibat letusan Gunung Novarupta ini. Oh iya, Gunung Novarupta ini juga masih dalam pengawasan loh gaes.

4. Gunung Pinatubo – Filipina

Gunung Berapi Paling Berbahaya di Dunia

Gunung Pinatubo – Filipina

Gunung berapi berbahaya di dunia yang keempat adalah Gunung Pinatubo. Nah, kalau Gunung Pinatubo ini terletak di Asia tepatnya di pulau Luzon, Filipina. Gunung Pinatubo ini pun termasuk salah satu stratovolcano aktif yang ada di Asia. Gunung Pinatubo ini memiliki ketinggian 1.486 mdpl.

BACA
5 Kampus dengan Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia

Oh iya, Gunung Pinatubo pernah mengalami letusan yang sangat dahsyat pada tahun 1991 dan menjadi letusan gunung berapi kedua di dunia pada abad 20. Kabarnya meletusnya gunung ini menewaskan hingga 722 orang loh gaes. Letusannya pun menghasilkan fenomena alam yang sangat takjub, karena aliran piloklastik gunung ini akhirnya membentuk danau.

5. Gunung St. Helens – Amerika Serikat

Gunung Berapi Paling Berbahaya di Dunia

Gunung St. Helens – Amerika Serikat

Gunung berapi paling berbahaya di dunia yang kelima adalah Gunung St. Helens. Gunung ini merupakan salah satu gunung berapi aktif yang terletak di bagian Skamania Country, Wangshington – Amerika Serikat. Gunung St. Helens ini juga berada di jajaran Pegunungan Cascade dengan ketinggiannya 2.550 mdpl.

Jadi, bisa kebayang dong gaes dengan keindahan dunia di pegunungan Amerika Serikat ini? Walaupun indah, kabarnya gunung ini pernah meletus di tahun 1980 dan abu vulkanik yang dihasilkan sangat mematikan sekali. Bahkan hingga 57 orang tewas dan ribuan binatang mati akibat meletusnya gunung ini. Gunung St. Helens pun kabarnya ada kemungkinan meletus lagi di masa yang akan datang.

6. Gunung Agung – Indonesia

Gunung Berapi Paling Berbahaya di Dunia

Gunung Agung – Indonesia

Gunung berapi berbahaya di dunia yang keenam adalah Gunung Agung. Gunung Agung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Bali, Indonesia. Gunung yang terletak di kecamatan Rendang, Karangasem – Bali ini memiliki ketinggian hingga 3.031 mdpl. Pada lereng Gunung Agung ini terdapat Pura Besakih. Pura ini menjadi Pura paling penting di Bali.

Gunung ini pun sangat berbahaya karena paling sering meletus gaes. Salah satu letusan terdahsyat dari Gunung Agung ini pada tahun 1963 dan menjadi bencana alam terbesar di Indonesia pada saat itu. Kabarnya letusan dari gunung ini menghasilkan hujan abu dan aliran piroklastik yang menewaskan ribuan orang serta menghancurkan rumah.

7. Gunung Fuji – Jepang

Gunung Berapi Paling Berbahaya di Dunia

Gunung Fuji – Jepang

Gunung berapi paling berbahaya di dunia yang terakhir adalah Gunung Fuji. Nah, kalau gunung yang satu ini merupakan salah satu gunung tertinggi yang ada di Jepang. Letak gunung ini berada di perbatasan Shizuoka dan Yamanashi atau berada di sebelah Barat kota Tokyo.

Gunung Fuji ini pernah meletus di tahun 1707 dan letusan tersebut melemparkan abu serta puingnya hingga mencapai kota Tokyo. Pasti kamu tau dong ya Tokyo ini merupakan ibu kota negara paling canggih di dunia. Mungkin pada saat itu Tokyo belum secanggih sekarang, makanya letusannya berdampak sangat besar.

Oh iya, selain itu para ahli pun memperingatkan kalau Gunung Fuji ini masih beresiko untuk meletus lagi. Apalagi kalau sedang ada gempa bumi di Jepang hingga kekuatannya 9,0 SR, Gunung Fuji bisa saja terpicu untuk meletuskan isinya gaes!

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih gunung berapi paling berbahaya di dunia saat ini. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel mengenai daftar gunung berapi paling berbahaya di dunia ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih gunung berapi paling berbahaya di dunia saat ini. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai daftar gunung berapi paling berbahaya di dunia ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top