Intermezzo

Cara Daftar Haji Plus, Syarat, Biaya dan Fasilitasnya!

Home / Intermezzo / Cara Daftar Haji Plus, Syarat, Biaya dan Fasilitasnya!

Cara Daftar Haji Plus

Sebelumnya kita sudah membahas apa aja perbedaan haji plus dan haji reguler. Dimana haji plus ini memiliki keunggulan, salah satunya calon jamaah bisa berangkat lebih cepat dibandingkan dengan haji reguler.

Selain itu, kelebihan memilih haji plus lainnya, jamaah akan mendapatkan fasilitas berupa hotel yang jaraknya lebih dekat dengan Masijidil Haram dan tempat ibadah lainnya.

Jamaah haji plus juga mendapatkan pelayanan yang istimewa dimana Maktab VIP, bimbingan maasik haji hingga 3 kali (Tanah air, selama perjalanan dan ketika di tanah suci), dan mendapatkan pendamping yang lebih intensif.

Makanya ini yang membuat beberapa umat muslim di Indonesia rela menghemat uang dan menabung agar bisa mendaftar haji plus. Pas banget nih! Berikut ini kami akan membahas gimana sih cara mendaftar haji plus!

Syarat Daftar Haji Plus

Cara Daftar Haji Plus

Syarat Daftar Haji Plus

Sebelum membahas cara daftar haji plus melalui agen travel haji dan umroh, kamu perlu tau dulu nih apa aja syarat untuk mendaftar haji plus berikut ini:

  1. Fotocopy KTP atau kartu identitas
  2. Fotocopy kartu keluarga atau KK
  3. Fotocopy akta lahir
  4. Fotocopy buku nikah (suami dan istri)
  5. Mengisi surat pernyataan
  6. Nama harus terdiri dari 3 suku kata
  7. Pas foto berwarna 3 x 4 sebanyak 20 lembar dengan latar belakang warna putih
  8. Pas foto berwarna 4 x 6 15 sebanyak 15 lembar dengan latar belakang warna putih
  9. Melunasi pembayaran DP untuk nomor porsi Haji di Kemenag RI.

Biaya Mendaftar Haji Plus

Cara Daftar Haji Plus

Biaya Mendaftar Haji Plus

Seperti yang diketahui biaya haji plus memang tidak sedikit, dimana biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp119 jutaan hingga Rp130 jutaan. Makanya gak heran, kalau banyak yang rela menghemat uang agar bisa menabung untuk biaya haji plus.

Saat mendaftar haji plus, kamu diharuskan untuk membayar DP terlebih dahulu sekitar Rp67.500.000,- atau $4.500 untuk mendapatkan nomor porsi haji, dimana nomor porsi ini berguna untuk mengecek keberangkatan haji.

Setelah kamu menyiapkan biaya yang harus dikeluarkan, saatnya kita bahas yuk gimana cara mendaftar haji plus berikut ini!

Cara Mendaftar Haji Plus

Cara Daftar Haji Plus

Cara Mendaftar Haji Plus

Untuk mendaftar haji plus atau haji khusus, kamu bisa mendatangi agen travel haji khusus seperti Alhijaz Indowisata. Setelah itu kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Calon jamaah harus mendatangi kantor agen travel haji plus dengan membawa persyaratan yang sudah dijelaskan sebelumnya seperti fotocopy KTP, KK, akta lahir, buku nikah dan foto.
  2. Setelah itu kamu akan mendapatkan formulir yang harus diisi.
  3. Kemudian mengisi dan mendatangi surat pernyataan.
  4. Lalu calon jamaah diharuskan membayar DP atau setoran awal haji khusus sekitar Rp67.500.000,- atau $4.500.
  5. Selanjutnya pihak agen travel akan menyerahkan dokumen calon jamaah ke Kanwil Kemenag dan petugas akan melakukan verifikasi dokumen pendaftaran haji plus.
  6. Berikutnya petugas akan menerbitkan SPPH (Surat Pendaftaran Pergi Haji).
  7. Setelah itu, PIHK (Penyelenggara Ibadah Haji Khusus) atau agen travel haji plus akan memberikan setoran awal haji khusus calon jamaah ke rekening BPKH (Badan Pengelola Keuangan Haji).
  8. Kemudian teller akan menerbitkan bukti setoran awal BPIH (Biaya Ibadah Haji Khusus) yang tertera nomor porsi jamaah haji.
  9. Selanjutnya calon jamaah akan mendapatkan nomor porsi, dimana nomor porsi ini berguna untuk mengecek jadwal keberangkatan haji.

Fasilitas yang Didapatkan dari Paket Haji Plus

Cara Daftar Haji Plus

Fasilitas yang Didapatkan dari Paket Haji Plus

Umumnya PIHK atau agen travel haji plus seperti travel Alhijaz Indowisata memberikan beberapa fasilitas yang termasuk di dalam paketnya. Nah, berikut ini standar fasilitas yang didapatkan jamaah:

  1. Tiket pesawat kelas ekonomi
  2. Akomodasi pribadi selama di Tanah Suci
  3. Perlengkapan ibadah
  4. Makan 3x sehari
  5. Pembimbing ibadah, Muthawif dan dokter
  6. Ziarah ke Mekkah dan Madinah
  7. City tour di Jeddah
  8. Manasik Haji
  9. Air zamzam 1 galon atau sekitar 5 liter.

Tentu ada fasilitas di luar biaya paket yang harus jamaah keluarkan, seperti:

  1. Biaya pembuatan paspor
  2. Pembauaran DAM (Haji Tamatu)
  3. Kelebihan beban bagasi (Maksimal beban bagasi 30kg)
  4. Biaya yang bersifat pribadi seperti laundry, oleh-oleh, tip dan lain sebagainya.

Catatan!

  • Saat ini kamu sudah bisa kok mendaftar haji plus melalui online, salah satunya seperti agen travel haji plus dari Alhijaz Indowisata, dimana terdapat layanan konsultasi via WhatsApp untuk mendaftar haji plus.
  • Jika kamu belum memiliki budget yang mencukupi, kamu bisa cari agen travel haji plus yang menyediakan layanan yang bisa menabung untuk haji plus.
  • Selain itu, hati-hati dalam memilih travel haji plus, jangan mudah tergiur dengan agen travel haji plus yang menawarkan harga murah dibandingkan dengan agen travel lainnya. Makanya kami menyarankan kamu untuk memilih travel Alhijaz Indowisata yang sudah memiliki izin resmi dari Kemenag.
  • Pastikan untuk memilih PIHK atau agen travel haji plus yang tepercaya dan memiliki izin resmi dari Kemenag RI.

So, itulah penjelasan singkat mengenai cara daftar haji plus. Gimana nih gaes, mudah banget kan? Jangan lupa untuk share artikel ini ya supaya teman kamu bisa tau juga cara mendaftar haji plus.

Oh iya, kalau kamu ada kritik dan saran mengenai artikel cara mendaftar haji plus ini, silakan kamu tulis aja langsung di kolom komentar bawah sini ya gaes 😉

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top