Cryptocurrency

Cocok untuk Pemula, Ini 5 Cara Membeli NFT yang Tepat!

Home / Cryptocurrency / Cocok untuk Pemula, Ini 5 Cara Membeli NFT yang Tepat!

Cara Membeli NFT

Kepopuleran NFT sebagai bentuk aset digital saat ini masih terus meningkat. Bahkan sampai sekarang, telah banyak para kolektor-kolektor baru yang muncul untuk merasakan sensasi dari tren NFT ini, dan tidak banyak dari mereka yang rela menghabiskan jutaan dolar untuk serangkaian koleksinya.

Koleksi-koleksi tersebut juga beraneka ragam, mulai dari kartu trading, aset digital, musik, item virtual, hingga game berbasis NFT pun juga saat ini ikut ramai diperbincangkan.

Nah, buat Kamu yang mungkin penasaran atau tertarik untuk mengoleksi aset-aset NFT baik untuk kesenangan ataupun ingin memperoleh keuntungan, Kamu bisa simak 5 cara membeli NFT crypto berikut ini!

Hal Penting yang Harus di Ketahui Sebelum Membeli NFT

Hal Wajib yang Harus di Ketahui Sebelum Membeli NFT

Hal Wajib yang Harus di Ketahui Sebelum Membeli NFT

Sebelum Kamu melakukan kegiatan trasaksi pembelian NFT, ada satu hal yang wajib untuk Kamu ketahui.

Kamu tidak bisa membeli NFT ini begitu saja dengan mata uang yang telah tersedia, seperti dolar ataupun rupiah.

Dalam pelaksanaan transaksi NFT, token atau koin menjadi currency utamanya. Jenis koinnya pun berbeda-beda, tergantung marketplace atau aset NFT mana yang Kamu beli.

Nah, token ini sendiri dapat Kamu beli dengan menggunakan uang. Akan tetapi, untuk bisa melakukannya, Kamu harus memiliki wallet khusus kripto seperti Coinbase atau MetaMask agar bisa melakukan transaksi di marketplace.

Jika Kamu seorang pemula dalam dunia NFT, langkah pembelian ini memang akan terasa rumit di awal. Namun, semua itu akan menjadi lebih mudah jika Kamu sudah memahami dengan baik akan cara kerjanya.

Oleh sebab itu, kali ini TipsPintar akan memberikan beberapa panduan untuk membeli NFT di marketplace.

Cara Membeli NFT Dari Berbagai Platform

Ada banyak macam marketplace yang telah menyediakan layanan pembelian NFT, seperti OpenSea, Tokocrypto, dan juga Binance, dan berikut ini panduan untuk cara pembeliannya.

1. Melalui OpenSea

OpenSea

OpenSea

OpenSea merupakan salah satu marketplace NFT yang cukup populer di kalangan para komunitas NFT, apalagi setelah viralnya berita Ghozali Everyday yang berhasil menjual aset-aset digital nya di OpenSea ini.

Sampai saat ini , tercatat bahwa OpenSea telah memiliki lebih dari 300 ribu user dengan total 34 juta aset NFT yang telah beredar. Mayoritas user OpenSea ini sendiri menggunakan mata uang kripto Ethereum dalam proses transaksinya.

Namun, marketplace ini juga telah menyediakan token lain seperti $Whale dan juga $UNI.

Untuk membeli NFT di sini, Kamu diwajibkan untuk mempunyai akun wallet sebagai penukar mata uang dolar menjadi mata uang kripto pilihanmu. Nah, berikut ini beberapa cara untuk membeli NFT di OpenSea.

  • Pertama, login terlebih dahulu ke dalam situs OpenSea
  • Kedua, cari NFT yang ingin kamu beli dengan menggunakan menu Explore di halaman awal OpenSea.
  • Ketiga, jika sudah menemukan NFT yang kamu inginkan, klik opsi Place Bid (jika NFT tersebut menggunakan skema lelang).
  • Keempat, masukan bid Kamu dengan menggunakan mata uang Ethereum.
  • Kelima, silahkan tunggu sampai waktu lelangnya habis. Jika kamu menang, klik checkout dan konfirmasi pembayaran dengan dompet digital crypto.
  • Keenam, jika NFT tersebut dijual dengan skema langsung, maka Kamu bisa langsung klik Buy Now dan pilih checkout, lalu konfirmasi pembayaran.

Nah, itulah beberap cara membeli NFT melalui OpenSea yang dapat dicoba.

Kamu bisa langsung kunjungi OpenSea di sini.

2. Melalui Tokocrypto

Tokocrypto

Tokocrypto

Tokocrypto menjadi salah satu platform terbaik untuk melakukan pembelian NFT ataupun aset digital lainnya.

Platform ini sudah berdiri sejak tahun 2017 yang diciptakan langsung oleh Pang Xue Kai dengan bantuan dari sekumpulan developer yang ingin mengembangkan dunia kripto di Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan kripto juga semakin meningkat dengan pesat, ditambah lagi dengan munculnya istilah-istilah baru seperti aset Non-fungible Token (NFT) yang tersebar luas ke berbagai industri, seperti kesenian, musik, hingga games.

So, dari hal tersebut membuat Tokocrypto berinovasi untuk menciptakan marketplace khusus NFT bernama Tokomall pada tahun 2022 ini.

Bisa dibilang Tokomall ini adalah marketplace NFT pertama di Indonesia yang memposisikan dirinya sebagai pasar seni virtual nomor satu bagi para seniman di Tanah Air.

Harapan pendiri Tokomall ini sendiri adalah semakin banyak seniman dunia yang ingin menginvestasikan karya-karyanya hingga mampu untuk mendapatkan keuntungan yang amat besar.

Kamu juga tidak perlu khawatir dengan keamanannya, sebab Tokocrypto menjanjikan transaksi yang aman karena sudah ada izin dari BAPPEBTI dengan nomor 001/BAPPEBTI/CP-AK/11/2019 dan juga terdaftar di KOMINFO.

Bukan hanya itu, aset kripto yang diperjualbelikan ini juga telah terdaftar di BAPPEBTI sehingga terjamin legalitasnya.

Akan tetapi, untuk menghindari kemungkinan terjadinya peretasan ataupun penipuan dalam aplikasi ini, Tokocrypto mewajibkan para penggunanya untuk menggunakan Two Factor SMS dan juga Google Authenticator sebagai perlindungan ganda.

Nah, berikut ini cara membeli NFT melalui Tokocrypto yang dapat Kamu coba ikuti:

  • Pertama, pilih menu Dapatkan NFT.
  • Kedua, cari nilai penawaran terbaru dari NFT pilihan Kamu.
  • Ketiga, klik Lanjutkan untuk mendapatkan NFT.
  • Keempat, selesaikan proses transaksi pada dompet Metamask.
  • Kelima, jika sudah maka akan muncul notifikasi jika proses pembelian telah berhasil.
  • Keenam, NFT yang baru muncul di bagian Koleksi.

Gimana, terlihat mudah bukan?

Kamu bisa langsung kunjungi Tokocrypto di sini.

3. Melalui Binance

Binance

Binance

Marketplace terakhir yang dapat Kamu coba adalah Binance. Tidak jauh beda dengan OpenSea ataupun Tokocrypto, Binance ini sama-sama menjadi salah satu platform populer untuk melakukan transaksi jual beli NFT.

Cara melakukan pembeliannya pun tidak jauh berbeda dengan cara pembelian NFT di OpenSea. Kamu harus mempunyai akun Binance dan wallet untuk bisa melakukan transaksi.

Dan berikut ini panduan bagi Kamu yang belum mempunyai akun Binance:

  • Pertama, daftarkan diri.
  • Kedua, isi semua data dan selesaikan proses verifikasi.
  • Ketiga, jika sudah maka Kamu bisa deposit atau beli koin kripto, BNB, ETH, atau BUSD.
  • Keempat, selesaikan pembelian.

Nah, jika Kamu sudah menyelesaikan pembuatan akun dan pembelian koin kripto, Kamu bisa mulai melakukan pembelian NFT sesuai dengan keinginanmu.

Dan berikut ini cara membeli NFT melalui Binance:

  • Pertama, kunjungi situs Binance.
  • Kedua, pilih jenis NFT yang ingin Kamu beli.
  • Ketiga, jika sudah klik Buy Now dan ikuti semua instruksi untuk menyelesaikan pembelian.

Kamu bisa kunjungi Binance di sini.

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara membeli NFT dari beberapa platform yang bisa Kamu ikuti.

Gimana, sampai sini pastinya sudah paham, bukan? Cara membeli NFT ini itu tidak serumit yang dipikirkan kok! Yang terpenting Kamu sudah memahami cara kerjanya dengan baik.

So, semoga pembahasan kali ini dapat menjadi manfaat ya bagi Kamu.

Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman, ataupun kerabat mu ya, supaya mereka yang ingin mencoba tren ini tidak kebingungan lagi dalam melakukan pembelian NFT.

Dan kalau Kamu punya kritik atau pun saran untuk pembahasan menarik selanjutnya, Kamu bisa langsung tulis di kolom komentar ini ya.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top