Kepo

10 Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Home / Kepo / Lifestyle / 10 Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Demam merupakan salah satu tanda alami sistem imun tubuh ketika melawan infeksi yang mencoba untuk menyerang tubuh. Meski begitu, demam ini perlu diwaspadai jika suhu tubuhnya melebih 38 derajat celcius.

Apalagi jika demam tersebut dialami oleh anak-anak. Jika didiamkan tanpa penanganan bisa memungkinkan timbulnya penyakit mengerikan lainnya.

Makanya nih, kali ini kami akan membahas gimana cara mengatasi demam pada anak dan penyebabnya berikut ini!

Penyebab Anak Demam Tinggi

Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Penyebab Anak Demam Tinggi

Sebelum membahas gimana cara mengobati demam tinggi pada anak, kamu perlu tau nih apa aja yang menyebabkan anak demam tinggi. Karena perubahan suhu tubuh menjadi lebih tinggi bisa berbahaya bagi perkembangan dan pertumbuhan anak.

Umumnya, perubahan suhu tubuh yang tinggi ini disebabkan karena terinfeksi atau mengidap penyakit tertentu. Nah, berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan anak mengalami demam tinggi:

  1. Radang telinga atau otitis.
  2. Infeksi saluran pernapasan.
  3. Radang amandel atau tonsillitis.
  4. Radang sinus atau sinusitis.
  5. Efek samping obat dan imunisasi.
  6. Diare atau gastroenteritis.
  7. Batuk.
  8. Tifus.
  9. Tumbuh gigi.
  10. Cacar air dan cacar lainnya.
  11. Demam berdarah dan malaria.
  12. Infeksi ginjal.
  13. Infeksi saluran kemih.
  14. Radang paru-paru atau pneumonia.
  15. Radang selaput otak atau meningitis.
  16. Efek dari dampak polusi udara.
  17. Infeksi darah atau septikemia.
  18. Perubahan cuaca yang ekstream, dll.

Gini Cara Menurunkan Demam Tinggi pada Anak

Setelah mengetahui apa aja yang menyebabkan anak mengalami demam tinggi, kamu harus segera mengatasinya dengan mengikuti cara-cara berikut ini!

1. Pastikan Anak Minum Air yang Cukup

Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Pastikan Anak Minum Air yang Cukup

Cara mengatasi demam tinggi pada anak yang pertama adalah dengan memastikan anak minum air secukupnya. Seperti yang kita ketahui, akibat jika kurang minum air putih akan membuat tubuh cepat lemas dan mudah sakit.

Makanya ketika demam kamu harus memenuhi asupan cairan sehingga bisa membantu meningkatkan energi pada anak. Dimana energi ini bisa menjadi kekuatan untuk memulihkan suhu tubuh.

2. Gunakan Pakaian yang Tipis

Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Gunakan Pakaian yang Tipis

Cara mengatasi demam tinggi pada anak berikutnya adalah dengan menggunakan pakaian yang tipis. Jika anak dalam keadaan mengenakan pakaian yang tebal, lebih baik dilepaskan karena hal tersebut bisa membuat gerah dan meningkatkan suhu tubuh.

Oleh sebab itu, kamu harus segera mengenakan pakaian tipis pada anak. Selain itu, hindari anak mengenakan selimut dan hindari kipas angin agar bisa memulihkan suhu tubuh dengan cepat.

3. Berikan Asupan Makanan Sehat

Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Berikan Asupan Makanan Sehat

Cara mengatasi demam tinggi pada anak selanjutnya adalah dengan memberikan asupan makanan yang sehat. Selain air putih, makanan juga bisa membantu memulihkan energi pada anak yang kehilangan akibat demam.

Akan tetapi kamu harus memberikan makanan yang sehat seperti makanan tinggi serat, makanan tinggi protein, dan makanan sehat lainnya. Berikan asupan makanan pada anak secara teratur.

4. Istirahatkan Anak

Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Istirahatkan Anak

Cara menyembuhkan demam tinggi pada anak berikutnya adalah dengan mengistirahatkan anak. Umumnya, demam pada anak bisa disebabkan karena terlalu kelelahan. Sehingga tubuh anak kehilangan energi dalam beradaptasi dengan suhu.

Dengan istirahat ini maka akan anak bisa meningkatkan energinya. Jika anak susah tidur, kamu bisa mengatasinya dengan mengandalkan aplikasi untuk mengatasi insomnia seperti aplikasi suara relaksasi.

5. Mandi Menggunakan Air Hangat

Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Mandi Menggunakan Air Hangat

Cara menyembuhkan demam tinggi pada anak selanjutnya adalah dengan mandi menggunakan air hangat. Jika suhu tubuh tidak juga mereda, kamu bisa memandikan anak menggunakan air hangat.

Air hangat ini bisa menguap pada tubuh sehingga akan membuat suhu tubuh perlahan menurun. Jangan mandikan anak menggunakan air dingin karena bisa memicu anak menggigil.

6. Kompres Menggunakan Air Dingin

Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Kompres Menggunakan Air Dingin

Cara mengobati demam tinggi pada anak berikutnya adalah dengan mengompres menggunakan air dingin. Jika suhu tubuh juga tidak reda, maka kamu bisa mengompres dahi anak menggunakan air dingin yang dibalut menggunakan handuk.

Lakukan kompres dahi anak selama 15 menit hingga suhu tubuh anak perlahan mereda. Jika kamu gak mau repot, kamu bisa mengandalkan plester kompres demam yang dijual di apotik, minimarket, warung maupun di aplikasi online shop.

7. Jaga Suhu Ruangan

Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Jaga Suhu Ruangan

Cara mengobati demam tinggi pada anak selanjutnya adalah dengan menjaga suhu ruangan. Pastikan suhu ruangan tidak terlalu dingin maupun terlalu panas. Sehingga demam pada anak cepat pulih.

8. Berikan Aroma Terapi

Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Berikan Aroma Terapi

Cara meredakan demam tinggi pada anak berikutnya adalah dengan memberikan aroma terapi. Ketika anak mengalami demam umumnya akan membuat anak kesulitan tidur. Nah, kamu bisa memberikana aroma terapi pada anak.

9. Lakukan Uap

Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Lakukan Uap

Cara meredakan demam tinggi pada anak selanjutnya adalah dengan melakukan uap. Sama seperti cara mengatasi hidung mampet, dimana umumnya demam anak terjadi karena terinfeksi saluran pernapasan seperti pilek.

Nah, untuk melancarkan pernapasan pada anak, kamu bisa melakukan uap. Dengan begitu lendir yang tersumbat bisa mencair dan keular sehingga membantu meredakan demam pada anak.

10. Konsultasikan dengan Dokter

Cara Mengatasi Demam Tinggi pada Anak

Konsultasikan dengan Dokter

Cara meredakan demam tinggi pada anak terakhir adalah dengan berkonsultasi langsung ke dokter. Jika semua cara di atas tidak mampu meredakan panas pada anak, maka kamu harus segera membawanya ke klinik atau rumah sakit.

Dengan begitu, dokter akan langsung penanganan yang tepat pada anak. Jika tidak memungkinkan untuk membawa anak keluar, kamu bisa coba melakukan konsultasi secara online dengan dokter melalui aplikasi tanya jawab dokter.

So, itulah beberapa cara mengatasi demam pada anak yang bisa kamu lakukan. Nah, kamu sudah pernah coba cara menghilangkan demam pada anak yang mana aja nih gaes? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top