Tips

10 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Home / Tips / 10 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Cara menjaga Kesehatan Ginjal

Cara menjaga kesehatan ginjal perlu kamu ketahui agar bisa terhindar dari berbagai penyakit ginjal, seperti diabetes, hipertensi, mudah lelah, dan lain sebagainya.

Ginjal adalah organ dalam manusia yang terletak pada bagian bawah tulang rusuk dan diantara kedua sisi tulang belakang. Bisa dibilang ginjal memiliki fungsi yang cukup penting bagi tubuh manusia.

Organ yang berjumlah 2 ini sendiri berfungsi sebagai penyaring produk limbah, kelebihan air, dan kotoran lain yang berasal dari darah.

Limbah yang sudah disaring oleh ginjal akan disimpan ke kantung kemih dan kemudian dikeluarkan melalui urine atau air pipis. Selain itu, ginjal juga bekerja untuk mengatur kadar pH, garam, dan kalium dalam tubuh.

Ginjal juga berperan untuk menghasilkan berbagai hormon yang dapat digunakan untuk membantu produksi sel darah merah dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang.

Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal tentunya tidak boleh disepelekan dan harus diperhatikan agar ginjal tetap berfungsi dengan normal.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Selain menjaga kesehatan mata dan jantung, kamu juga harus perduli dengan kesehatan organ tubuh lainnya seperti ginjal.

Dengan menjaga kesehatan ginjal, maka tubuh kamu bisa menyaring dan membuang limbah atau kotoran dengan baik serta akan menghasilkan hormon untuk membantu tubuh supaya dapat berfungsi dengan baik.

Mau tau bagaimana cara menjaga kesehatan ginjal? Langsung saja simak ulasan berikut ini sampai habis ya!

1. Rajin Berolahraga

Rajin Berolahraga

Rajin Berolahraga

Cara menjaga kesehatan ginjal yang pertama adalah dengan rajin berolahraga agar berat badan tetap terjaga dengan baik, sehingga tekanan darah menurun dan risiko gagal ginjal menjadi berkurang.

Kamu tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat seperti angkat beban, lari marathon, dan lain sebagainya. Cukup dengan olahraga berjalan, jogging, atau bersepeda untuk menjaga kesehatan jantung.

2. Jaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Jaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Jaga Berat Badan agar Tetap Ideal

Ginjal akan tetap sehat dan berfungsi dengan baik bila kamu dapat menjaga berat badan dengan aktif dan tidak makan secara berlebihan.

Sebab, jika kamu memiliki kelebihan berat badan atau obesitas maka akan memicu munculnya penyakit ginjal, seperti kencing manis (diabetes) dan penyakit jantung.

Kamu bisa mengecek apakah sudah memiliki berat badan yang ideal atau belum dengan menghitungnya menggunakan rumus Indeks massa tubuh (BMI) dengan media kalkulator.

3. Konsumsi Asupan Garam yang cukup

Konsumsi Asupan Garam yang cukup

Konsumsi Asupan Garam yang cukup

Perlu diketahui, mengkonsumsi asupan garam yang tinggi dapat menurunkan fungsi ginjal dan meningkatkan jumlah protein pada urine.

Maka dari itu, mulai sekarang kurangi kadar garam pada makanan agar ginjal jadi lebih sehat. Konsumsi garam dalam sehari yang baik untuk kesehatan tubuh adalah 5-6 gram (1 sendok teh).

Kurangi juga konsumsi makanan luar rumah atau makanan cepat saji agar kamu bisa lebih mudah mengontrol kadar garam pada makanan.

4. Kontrol Gula Darah

Kontrol Gula Darah

Kontrol Gula Darah

Banyak orang yang tidak sadar kalau mereka mengidap penyakit diabetes, karena tidak memeriksa gula darah. Padahal kontrol gula darah sangat penting untuk orang yang sudah berumur 40 tahun ke atas.

Gula darah dalam tubuh yang tidak terkendali sangat rentan terhadap gangguan seperti komplikasi ginjal. Nah, untuk menghindari risiko terkena diabetes atau penyakit kronis lainnya, kamu harus kontrol gula darah dengan baik.

5. Perhatikan Tekanan Darah

Perhatikan Tekanan Darah

Perhatikan Tekanan Darah

Cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah dengan memperhatikan dan mengontrol tekanan darah. Diketahui kerusakan ginjal akan terjadi jika tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi atau hipertensi sendiri menjadi penyebab utama terjadinya gagal ginjal, karena arteri sekitar organ ginjal akan menjadi sempit, melemah, dan mengeras.

Bisa dikatakan tekanan darah yang sehat itu bila tensinya sudah mencapai 120/80. Merubah dan menjaga gaya hidup yang sehat dapat membantu kamu untuk menurunkan tekanan darah.

Jika tekanan darah berada sudah berada di atas 140/90, kamu bisa saja memiliki tekanan darah tinggi.

Bila itu terjadi, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk memantau tekanan darah, meminta nasihat terkait pola hidup yang sehat, dan mendapatkan obat-obatan khusus untuk menurunkan tekanan darah.

6. Minum Air yang Cukup

Minum Air yang Cukup

Minum Air yang Cukup

Ginjal adalah organ tubuh yang memiliki fungsi utama sebagai penyaring darah. Maka dari itu, cairan yang masuk ke dalam tubuh harus cukup dan memadai agar memudahkan kinerja ginjal saat ingin mengeluarkan kotoran dari aliran darah.

Selain itu, jika asupan cairan dalam tubuh kurang, maka ginjal jadi bekerja lebih keras dan dapat memicu cedera yang akan membuka peluang pada penyakit ginjal kronik.

Oleh sebab itu, dalam sehari kamu dianjurkan untuk minum 8 gelas air atau sekitar 2 liter. Kamu juga bisa bertanya ke dokter mengenai jumlah asupan air yang baik untuk kondisi tubuh kamu.

Dengan minum air yang cukup, maka kamu bisa menurunkan risiko penyakit ginjal. Air sendiri dapat membantu mengeluarkan zat beracun dan natrium yang ada di dalam tubuh melalui ginjal.

7. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Jika ingin ginjal tetap berfungsi dengan normal, sebaiknya mulai dari sekarang kamu berhenti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol.

Pada saat merokok kandungan kimia kimianya akan diserap oleh tubuh yang mana itu sangat berisiko menyebabkan penyakit gagal ginjal kronik.

Selain itu, merokok juga dapat meningkatkan risiko mengalami kanker ginjal kurang lebih sebesar 50%. Sama halnya seperti merokok, minum-minuman yang beralkohol juga dapat merusak fungsi ginjal.

Tidak hanya mencegah risiko terkena penyakit ginjal, saat berhasil berhenti minum Alkohol, kamu juga akan mendapatkan manfaat lainnya, seperti jantung jadi lebih sehat, sistem kekebalan tubuh meningkat, tidur menjadi lebih berkualitas dan lain sebagainya.

8. Batasi Penggunaan Obat Anti Nyeri

Batasi Penggunaan Obat Anti Nyeri

Batasi Penggunaan Obat Anti Nyeri

Cara menjaga kesehatan ginjal berikutnya adalah dengan membatasi penggunaan obat anti nyeri. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi obat-obatan anti nyeri dapat membahayakan kesehatan ginjal

Jika minum beberapa dosis obat anti nyeri saat kamu mengidap penyakit ginjal tanpa pengawasan dokter tentunya akan sangat berisiko pada kerusakan jaringan ginjal.

9. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi Makanan Sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat membuat kamu bisa mendapatkan semua vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kamu bisa memperbanyak makan sayur, buah-buahan, dan biji-bijian, seperti gandum, kacang merah, minyak zaitun, atau putih telur.

Batasi makan-makanan yang memiliki cita rasa gurih atau berlemak, seperti gorengan, martabak, dan lain sebagainya.

10. Periksa Fungsi Ginjal

Periksa Fungsi Ginjal

Periksa Fungsi Ginjal

Kamu bisa menjaga kesehatan ginjal dengan cara rutin melakukan pemeriksaan fungsi ginjal. Pemeriksaan dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti tes urine, ureum, ataupun kreatinin darah untuk mengetahui kemampuan ginjal dalam menyaring sisa metabolisme.

Kamu juga bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kondisi seberapa baik fungsi ginjal kamu sekaligus mendapatkan penanganan khusus jika memang dibutuhkan tindak lebih lanjut.

Penutup

Nah, itulah beberapa cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa kamu lakukan. Ginjal dapat berfungsi dengan normal jika kamu langsung mempraktikkan tips tersebut.

Jika kamu mengalami gangguan pada organ ginjal, jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter. Kamu bisa berkonsultasi dengan dokter mengenai cara mengatasi gangguan ginjal yang kamu alami.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top