Intermezzo

AWAS! Ini 5 Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Kesehatan Manusia

Bahaya Radiasi Nuklir

Seperti yang kita ketahui, kalau gadget yang kita gunakan bisa memancarkan radiasi. Nah, radiasi yang dipancarkan gadget ini merupakan radiasi sinar biru. Radiasi tersebut memang ada dampaknya untuk kesehatan manusia, terutama untuk mata dan otak.

Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita untuk mencegah terkena paparan radiasi gadget. Nah, yang lebih parah dari radiasi sinar biru adalah radiasi nuklir. Radiasi ini sebenarnya digunakan untuk mengobati dan mendiagnosis penyakit. Namun, jika terlalu berlebihan akan menyebabkan masalah pada kesehatan manusia.

Apa aja sih bahaya radiasi nuklir bagi kesehatan manusia? Makanya langsung simak aja nih ulasannya!

Berikut Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Kesehatan Manusia

Radiasi nuklir juga biasa terdapat di tempat yang dihapus dari peta dunia. Karena, biasanya tempat tersebut telah terjadi pemboman dari bahan nuklir. Oleh sebab itu ditinggalkan, karena penghuninya mengalami hal berbahaya berikut ini!

1. Terkena Gangguan Pencernaan

Bahaya Radiasi Nuklir

Terkena Gangguan Pencernaan

Bahaya radiasi nuklir bagi kesehatan manusia yang pertama adalah kamu akan terkena gangguan pencernaa. Perlu kamu ketahui, manusia yang sempat terpapar radiasi nuklir maka akan menyebabkan pendarahan pada perut bisa bermasalahan.

Permasalahan gangguan perut ini bisa berlangsung hingga beberapa hari. Sama halnya ketika manusia mengkomsumsi es batu dengan air mentah. Biasanya akan terjadi gangguan pencernaan.

2. Merusak Jaringan Kulit

Bahaya Radiasi Nuklir

Merusak Jaringan Kulit

Bahaya radiasi nuklir yang kedua adalah bisa merusak jaringan kulit. Jika manusia terpapar radiasi nulkir yang cukup besar, maka efeknya bisa merusak jaringan kulit. Awalnya kamu akan merasakan kulit seperti gatal, terbakar. Lalu kulitmu akan mengelupas.

Selain itu, ketika terkena air maka kulit kamu akan merasakan pedih. Nggak cuma itu aja, paparan radiasi nuklit bisa merusak jaringan kepala hingga bisa membuat rambut rontok dan botak permanan. Bahkan yang parahnya lagi bisa saja terjangkit penyakit langka pada kulit.

3. Terjadi Kerusakan DNA

Bahaya Radiasi Nuklir

Terjadi Kerusakan DNA

Bahaya radiasi nuklir bagi kesehatan manusia yang ketiga adalah terjadi kerusakan DNA. Menurut penelitian, bahaya yang terjadi ketika manusia terpapar radiasi nuklir bisa menyebabkan kerusakan DNA, akan terjadinya mutasi gen, kemudian menghancurkan sel pada manusia.

Dampaknya manusia bisa saja mengalami kecacatan pada organnya, karena sel pada tubuhnya tidak terbentuk dengan baik. Oleh sebab itu, jangan sampai kamu terpapar radiasi nuklir ya gaes!

4. Menyebabkan Kanker

Bahaya Radiasi Nuklir

Menyebabkan Kanker

Bahaya radiasi nuklir yang keempat adalah menyebabkan kanker. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ketika manusia terpapar radiasi nuklir, maka sel dalam tubuhnya akan bertabrakan dan mengakibatkan tumbuhnya sel baru yang rusak bahkan yang tidak bisa bermutasi.

Dengan begitu, bisa saja manusia terkena kanker. Karena, tumbuhnya kanker ini akibat sel yang rusak dan sel yang tidak bisa bermutasi. Jadi, hati-hati dengan paparan radiasi nuklir gaes, serutin-rutinnya kamu menjalani tips untuk mencegah terkena kanker, jika sudah terpapar radiasi nuklir bisa saja terkena kanker.

5. Menyebabkan Kematian

Bahaya Radiasi Nuklir

Menyebabkan Kematian

Bahaya radiasi nuklir bagi kesehatan manusia yang terakhir adalah bisa menyebabkan kematian. Yups, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika kamu terpapar radiasi nuklir, maka kamu akan mengalami gangguan pencernaan, iritasi kulit, rusaknya sel, dan juga kanker.

Jika kesehatan atau imun manusia yang terpapar lemah, bisa saja mengakibatkan kematian. Apalagi, kalau sudah terkena kanker. Karena, kanker merupakan penyakit paling mematikan di dunia. Jadi, jangan sampai kamu terpapar radiasi nuklir ya gaes.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan apa aja sih bahaya radiasi nuklir bagi kesehatan manusia. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai bahaya radiasi nuklir bagi kesehatan manusia ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau apa aja sih bahaya radiasi nuklir bagi kesehatan manusia. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai bahaya radiasi nuklir bagi kesehatan manusia ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top