Tech-Fun!

5 Ciri-ciri Telepon Spam dan Cara Menghindarinya!

Home / Tech-Fun! / 5 Ciri-ciri Telepon Spam dan Cara Menghindarinya!

Ciri-ciri Telepon Spam

Di era sekarang ini banyak cara agar seseorang mendapatkan uang banyak dengan cara cepat dengan cara melakukan penipuan. Banyak penipuan yang melakukan aksinya melalui panggilan telepon atau telepon spam.

Oleh sebab itu, kamu perlu tau cara menghentikan telepon Spam. Tujuannya supaya kamu tidak masuk ke jebakan penipuan. Nah, sebelum kamu memblokir nomor telepon orang lain, alangkah lebih baik lagi kamu tau ciri-ciri telepon spam.

Apa Maksud dari Panggilan SPAM?

Ciri-ciri Telepon Spam dan Cara Menghindarinya

Panggilan SPAM

Panggilan SPAM adalah panggilan telepon yang dilakukan oleh nomor yang tidak dikenali. Nomor ini biasanya tidak tersedia di kontak, bahkan tidak terdeteksi di aplikasi untuk mengetahui nama kontak orang lain.

Panggilan SPAM ini juga sangat mengganggu sekali. Karena biasanya Mereka hanya iseng, ketika diterima langsung ditutup atau bahkan tidak berbicara sama sekali.

Telepon SPAM juga termasuk telepon penipuan, yang dimana penelepon akan membohongi penerima telepon dengan berkedok apapun itu. Misalnya keluarga kita mengalami kecelakaan dan diminta uang untuk tebus rumah sakit dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui juga nih ciri-ciri dari telepon SPAM atau SPAM call. Nah, untuk selengkapnya yuk disimak.

Penyebab Adanya Panggilan SPAM

Ciri-ciri Telepon Spam dan Cara Menghindarinya

Penyebab Adanya Panggilan SPAM

Ada beragam kenapa kita sering terkena panggilan SPAM. Salah satunya karena ada provider yang memberikan promo gratis menelepon ke sesama operator tanpa batas. Sehingga membuat spammer memiliki kesempatan untuk spamming call.

Selain itu, penyebab adanya panggilan SPAM, karena kamu sering membagikan atau menyebarluaskan nomor telepon di internet atau di media sosial. Jadi, jika kamu tidak ingin diganggu, pastikan jangan menyebarluaskan nomor telepon ya!

Kenali Ciri-ciri Spam Call Berikut Ini!

Buat kamu yang belum pernah kena penipuan melalui telepon, maka kamu harus kenali ciri-ciri berikut ini!

1. Berasal dari Nomor Luar Negeri

Ciri-ciri Telepon Spam

Berasal dari Nomor Luar Negeri

Ciri-ciri spam call yang pertama adalah telepon berasal dari nomor luar negeri. Jika yang menelepon untuk menawarkan sesuatu pasti menggunakan nomor yang resmi.

Nah, biasanya spam call menggunakan aplikasi telepon gratis untuk bisa menelepon ke banyak nomor tanpa harus mengeluarkan uang lebih. Jadi, berhati-hati ya gaes!

2. Menggunakan Nomor Tidak Dikenali (Private  Number)

Ciri-ciri Telepon Spam

Menggunakan Nomor Tidak Dikenali (Private  Number)

Berikutnya ciri-ciri telepon spam adalah menggunakan nomor yang tidak dikenali atau yang biasa kita sebut dengan private number.

Karena ketika menelepon orang menggunakan private number, kita akan sulit melacak identitas nomor tersebut. Sehingga abaikan saja jika ada panggilan dari private number gaes!

3. Hanya Menelepon Sekali Saja

Ciri-ciri Telepon Spam

Hanya Menelepon Sekali Saja

Selanjutnya ciri-ciri telepon spam adalah hanya menelepon sekali saja. Penipu biasanya akan malas untuk menelepon 2 kali ketika kita tidak mengangkat teleponnya.

Perlu kamu ketahui, jika telepon tersebut sangat penting, maka orang tersebut pasti akan menelepon berkali-kali, sampai kamu menerima panggilan telepon tersebut.

4. Tidak Menelepon Melalui Aplikasi

Ciri-ciri Telepon Spam

Tidak Menelepon Melalui Aplikasi

Ciri-ciri berikutnya adalah tidak akan menelepon melalui aplikasi. Yups, perlu kamu ketahui, jika menelepon menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti aplikasi chatting, maka akan tertera identitas dari penelepon.

5. Jika Pakai Aplikasi Pihak Ketiga, Identitas Nomor Termasuk SPAM

Ciri-ciri Telepon Spam

Identitas Nomor Termasuk SPAM

Terakhir adalah jika kamu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengetahui nomor yang tidak kenali, maka nomor tersebut biasanya banyak sekali laporan Spam. Jadi, akan lebih baik kamu menggunakan aplikasi tersebut untuk menghindari spam call.

Oh iya, untuk menghindari telepon SPAM, langsung disimak aja nih cara blokir SPAM call berikut ini!

Cara Menghindari Telepon SPAM

  • Pertama, download dan install aplikasi TrueCaller di PlayStore atau App Store. Setelah itu jalankan dan daftar seperti biasa, kemudian pilih nomor yang ingin kamu blokir dengan tekan tahan nomornya > Lalu tap iconBlokir‘ yang ada di pojok kanan atas.
Cara Menghindari Telepon SPAM

Pilih Icon Blokir

  • Kedua, berikutnya pilih jenis SPAM yang kamu inginkan. Sebagai contoh di sini memilih ‘Penipuan> Kemudian beri nama. Jika sudah tap tombol ‘BLOKIR‘.
Cara Menghindari Telepon SPAM

Pilih Tombol ‘BLOKIR’

  • Jika sudah diblokir maka akan muncul notifikasi seperti gambar berikut ini.
Cara Menghindari Telepon SPAM

Nofitikasi Blokir Nomor SPAM

So, itu lah ciri-ciri telepon spam supaya kamu bisa menghindari penipuan. Oh iya, kalau menurut kamu apa lagi sih ciri-ciri telepon spam? Kalau ada tulis ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top