Lifestyle

6 Mitos Tentang Otak Manusia yang Masih Dipercaya

Mitos Tentang Otak Manusia

Otak adalah salah satu organ manusia yang paling penting karena merupakan salah satu sistem saraf pusat yang di mana semua organ dalam tubuh dikendalikan oleh otak. Oleh sebab itu, sudah sewajarnya kita untuk menjaga kesehatan otak agar tidak merusak kesehatan otak.

Selain itu, untuk mencegah juga terkena penyakit langka pada otak manusia yang sangat mematikan. Makanya jangan lupa dan menyepelekan kesehatan otak ya gaes. Apalagi kalau kamu sampai percaya dengan mitos tentang otak manusia berikut ini!

Masih Banyak yang Percaya! Ini Mitos Tentang Otak Manusia

Nah, berikut ini mitos tentang otak manusia berikut ini masih banyak yang percaya, jadi segera dibuang deh kepercayaannya gaes!

1. Brain Games Mampu Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Mitos Tentang Otak Manusia

Brain Games Mampu Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Mitos tentang otak manusia yang masih dipercaya pertama adalah kalau brain games mampu meningkatkan kemampuan berpikir. Seperti yang kita ketahui, kalau ada beberapa permainan yang digunakan untuk mengasah otak. Namun, permainan tersebut justru malah dipercaya sebagai permainan yang bisa meningkatkan kemampuan berpikir.

Padahal, permainan tersebut memang hanya untuk mengasah saja di satu bidang yang dikuasai. Permainan tersebut disebut untuk mengasah otak, karena memang harus digunakan setiap hari untuk berlatih. Mengenai bertingkatnya atau tidak, tergantung seseorang dalam latihannya.

2. Kemampuan Otak Laki-laki dan Perempuan Berbeda

Mitos Tentang Otak Manusia

Kemampuan Otak Laki-laki dan Perempuan Berbeda

Mitos tentang otak manusia yang kedua adalah kalau kemampuan otak laki-laki dan perempuan berbeda. Banyak yang percaya kalau otak laki-laki lebih mahir dalam hal matematika dan logika dan perempuan hanya perasaan saja. Nah, ini salah banget loh gaes kepercayaannya.

Memang benar otak laki-laki dan perempuan berbeda. Namun, hanya pada ukurannya saja. Kalau laki-laki lebih besar ukurannya karena untuk mengatur emosi. Sedangkan perempuan lebih kecil yang berfungsi untuk mengatur memori.

Nah, untuk kepintarannya tergantung, ada wanita yang jago matematika lebih jago dari laki-laki juga. Sebagai pengingat lagi, semua tergantung pribadi masing-masing mau belajar atau engga untuk mengasah otaknya supata bisa jago matematika dan bidang lainnya.

3. IQ Tidak Dapat Berubah

Mitos Tentang Otak Manusia

IQ Tidak Dapat Berubah

Mitos tentang otak manusia yang masih dipercaya ketiga adalah IQ tidak dapat berubah. Perlu kamu ketahui gaes, kalau IQ manusia itu bersifat fluktuatif. Maksudnya, IQ manusia bisa berubah-ubah seiring waktu berjalan. Nah, yang membedakan hanya saja ketika bertambahnya usia, IQ kamu akan stabil gaes.

4. Otak Bekerja Secara Optimal Saat Tertekan

Mitos Tentang Otak Manusia

Otak Bekerja Secara Optimal Saat Tertekan

Mitos tentang otak manusia yang keempat adalah otak bekerja secara optimal saat sedang tertekan. Banyak yang berpendapat kalau mengerjakan tugas saat menjelang deadline akan meningkatkan kemampuan berpikir otak. Padahal hal tersebut tidak begitu baik untuk otak loh gaes.

Jadi, kalau kamu sedang dalam keadaan tubuh yang lelah saat bekerja, tertekan bahkan stres maka semua organ tubuh kamu akan memberikan reaksi untuk memproduksi hormon yang nantinya akan memenuhi otak. Dampaknya akan sangat berbahaya sekali bagi sel otak.

5. Mendengarkan Musik Klasik Bisa Membuat Pintar

Mitos Tentang Otak Manusia

Mendengarkan Musik Klasik Bisa Membuat Pintar

Mitos tentang otak manusia yang masih dipercaya kelima adalah mendengarkan musik klasik bisa membuat pintar. Kalau pernyataan ini benar, maka akan jarang sekali kamu menemukan orang yang membaca buku dan hanya melihat orang yang kerjanya hanya mendengarkan musik klasik melalui aplikasi pemutar musik MP3 saja.

Jadi, hal tersebut belum tentu benar ya gaes. Karena, menurut penelitian pun mitos ini masih belum akurat. Nah, kabarnya kalau setelah mendengarkan musik klasik hanya bisa meningkatkan kemampuan otak itu hanya sebentar saja. Bahkan kabarnya musik pop pun lebih besar pengaruhnya untuk meningkatkan kemampuan otak.

6. Otak Kanan VS Otak Kiri

Mitos Tentang Otak Manusia

Otak Kanan VS Otak Kiri

Mitos tentang otak manusia yang terakhir adalah otak kanan vs otak kiri. Banyak orang yang berpendapat kalau otak kiri lebih jago dalam hal akademis seperti matematika dan pelajaran rumit lainnya. Kemudian, otak kanan adalah otak yang memiliki imajinasi dan ide tinggi.

Tapi bukan berarti kamu lebih dominan di antara salah satu otak kanan dan kiri ya gaes. Karena, proses kognitif seperti kreatifitas, logika, pembelajaran dan lain sebagainya di otak itu memang semuanya bekerja gaes. Jadi, gak ada tuh istilah lebih dominan otak kanan dan kiri.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih mitos tentang otak manusia. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai mitos tentang otak manusia ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih mitos tentang otak manusia. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai mitos tentang otak manusia ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top