Kepo

5 Nama Lain ‘Indonesia’ yang Sudah Terkenal Sebelum Kemerdekaan

Home / Kepo / Lifestyle / 5 Nama Lain ‘Indonesia’ yang Sudah Terkenal Sebelum Kemerdekaan

Nama Lain Indonesia

Negara Indonesia ini memang memiliki sejarah panjang yang sangat jarang diketahui hingga saat ini ya. Salah satunya adalah mengenai nama lain ‘Indonesia’ yang tenar di dunia bahkan sebelum kemerdekaan.

Nama Indonesia sendiri baru dikenal pada pertengahan abad ke-19. Orang yang pertama kali memperkenalkan nama “Indonesia” di seluruh dunia adalah James Richardson Logan pada tahun 1850.

Airy Rooms

Selanjutnya baru Ki Hajar Dewantara yang memperkenalkan nama Indonesia dalam ranah politik. Nah, sebelum memiliki nama ‘Indonesia’, negara ini tercatat memiliki nama tenar lainnya seperti yang tertera pada artikel berikut ini.

Nama Lain Indonesia Sebelum Merdeka

1. Hindia

Hindia

Hindia

Sebelum memiliki nama Republik Indonesia, ternyata Hindia adalah panggilan dari masyarakat internasional untuk menyebut Indonesia.

Pencipta nama tersebut adalah Herodotus, seorang ahli ilmu sejarah asal Yunani yang sudah diakui oleh dunia.

2. Nederlandsch Oost-Indie (Hindia Belanda)

Nederlandsch Oost-Indie

Nederlandsch Oost-Indie

Indonesia di jajah oleh Belanda selama 350 tahun. Waktu yang cukup lama tersebut membuat orang-orang Belanda (VOC) memberi nama negara Indonesia menjadi Nederlandsch Oost-Indie, atau yang bisa kita kenal dengan sebutan Hindia Belanda.

Baca Juga: 10 Nama Paling Aneh di Indonesia yang Bikin Ketawa

3. Insulinde

Insulinde

Insulinde

Nama ini diberikan oleh Eduard Douwes Dekker (Multatuli) di dalam bukunya Max Havelaar pada tahun 1860. Kemudian nama ini dipopulerkan oleh Professor P.J. Veth. Multatuli.

Alasan diberikannya nama Insulinde adalah karena Eduard merasa jijik mendengar kata Nederlandsch Indie yang dipopulerkan oleh Belanda.

Selain itu asal usul lain mengenai pemberian nama itu adalah berasal dari bahasa latin ‘Insulair’, ‘Insula’, ‘Indus’. Insula sendiri memiliki arti Pulau, Indus berarti Hindia, sedangkan Insulinde artinya Pulau Hindia.

BACA
6 Hal Sepele yang Bisa Merusak Mata, Nomor 2 Setiap Hari Kamu Lakukan

4. The Malay Archipelago

The Malay Archipelago

The Malay Archipelago

Nama ini dipopulerkan oleh Alfred Russel Wallace, julukan itu diberikan usai dia berkunjung ke tanah air pada tahun 1854 hingga 1682.

The Malay Archipelago juga termasuk negara Malaysia, Singapura, kepulauan Indonesia.

Arti dari ‘Malay’ adalah Melayu, ‘Archipel’ yang berasal dari bahasa Yunani ‘Archipelagus’ (Archi = memerintah, Plagus = laut). Dengan demikian berarti menguasai laut atau berarti kumpulan pulau-pulau Melayu.

Baca Juga: Jadi Puding? 8 Kreasi Indomie ini Bikin Geleng Kepala

5. Nusantara

Nusantara

Nusantara

Dari sekian banyak nama diatas, mungkin kamu akan lebih mengenal nama Nusantara ya. Nusantara sendiri merupakan nama lain Indonesia yang sudah populer sejak abad ke-12 hingga abad ke-16.

Nusantara berasal dari bahasa Sansekerta. Nusa berarti pulau, dan Antara yang berarti luar. Nusantara digunakan untuk menyebut pulau-pulau di luar Majapahit (Jawa).

Sempat terlupakan, nama ini kembali dipopulerkan oleh Ki Hajar Dewantara pada abad ke-20. Dan hingga saat ini masih banyak yang menyebut negara Indonesia adalah Nusantara.

Nah, itulah beberapa nama lain dari Indonesia yang terkenal sebelum nama Republik Indonesia populer. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kamu ya!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top