Tech-Fun!

Perbedaan DANA vs Jenius, Mana yang Terbaik?

Home / Tech-Fun! / Perbedaan DANA vs Jenius, Mana yang Terbaik?

DANA vs Jenius

Sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi e-Wallet yang bisa digunakan untuk pembayaran secara online maupun merchant offline. Salah satu contoh aplikasi e-Wallet yang populer adalah GoPay, DANA, OVO, LinkAja dan lain sebagainya.

Selain aplikasi e-Wallet, ada juga aplikasi pembayaran lainnya yaitu aplikasi bank digital. Sama seperti bank konvensional dan aplikasi e-Wallet, aplikasi bank digital ini berguna untuk menyimpan uang atau tabungan.

Salah satu aplikasi bank digital adalah Bank Jago, Jenius, Seabank dan lain sebagainya. Lantas, kalau keduanya sama, apa yang membedakan?

Tentunya ada dong. Okeh, untuk kali ini kami ambil contoh aplikasi DANA sebagai aplikasi e-Wallet dan aplikasi Jenius sebagai aplikasi bank digital. Nah, untuk perbedaan antara DANA vs Jenius, kamu bisa simak berikut ini ya!

Apa itu DANA?

DANA vs Jenius

DANA

DANA merupakan salah satu aplikasi dompet digital terpopuler yang ada di Indonesia. Fungsi dari aplikasi ini untuk pembayaran digital. Artinya kamu tidak perlu lagi menggunakan dompet konvensional untuk pembayaran cash atau kartu.

Karena cukup kamu scan barcode saja untuk melakukan pembayaran. Oh iya, aplikasi DANA ini juga bisa kamu gunakan untuk pembayaran berlangganan seperti berlanggan aplikasi streaming nonton bola, bayar BPJS, tagihan listrik, internet dan lain sebagainya.

Oh iya,  kalau kamu belum download aplikasi DANA ini, kamu bisa langsung klik tombol download berikut ini ya!

 

Keunggulan dari Aplikasi DANA

Lalu, apa sih emang keunggulan dari aplikasi DANA ini? Nah, berikut keunggulan DANA:

  1. Deposit atau top up saldo lebih
  2. Terdapat berbagai macam promo yang menarik
  3. Bisa digunakan untuk payment di merchant mall dan tagihan
  4. Sangat populer di kalangan pengguna internet.

Selanjutnya, kamu juga mau tau kan apa itu aplikasi Jenius? Nah, kamu bisa langsung scroll ke bawah ya!

Apa itu Jenius?

DANA vs Jenius

Bank Jenius

Berbeda dengan DANA, kalau Jenius ini merupakan salah satu aplikasi bank digital. Seperti yang sudah dibahas di artikel Bank Jago vs Jenius, kalau Jenius inilah yang menjadi pelopor sebagai aplikasi bank digital pertama di Indonesia.

Jenius ini merupakan aplikasi milik BPTN yang dirilis pada tahun 2016. Fungsi aplikasi ini memang seperti tabungan rekening dimana kamu bisa melakukan transaksi online.

Contohnya kamu bisa melakukan transaksi untuk berlangganan aplikasi streaming film seperti Netflix, Disney+, Viu dan lain sebagainya. Oh iya,  kalau kamu belum download aplikasi Jenius ini, kamu bisa langsung klik tombol download berikut ini ya!

 

Keunggulan dari Aplikasi Jenius

Pasti kamu bertanya-tanyakan apa sih emang keunggulan dari aplikasi Jenius ini? Nah, berikut keunggulan Jenius:

  1. Terdapat kartu fisik
  2. Terdapat bentuk kartu kredit online
  3. Aplikasi mudah digunakan
  4. Terdapat banyak promo menarik
  5. Cocok digunakan untuk berbagai payment karena sudah tersistem dengan VISA.

Nah, setelah kamu mengetahui apa itu DANA dan Jenius, sekarang kita lanjut pembahasannya mengenai perbandingan DANA vs Jenius pada berikut ini:

Perbedaan DANA vs Jenius

Pada dasarnya, aplikasi DANA dan Jenius memiliki fungsi yang serupa, dimana fungsinya untuk memudahkan kamu dalam melakukan transaksi.

Meski begitu, kedua aplikasi tersebut tentu memiliki perbedaan. Nah, berikut ini perbedaan antara DANA vs Jenius. Jadi disimak ya!

1. Layanan

DANA vs Jenius

Layanan – Image by DANA

Pertama perbedaan antara DANA vs Jenius dari segi layanan, kalau DANA ini merupakan e-Wallet dimana lebih mirip untuk transaksi seperi e-Money. Meski ada juga perbedaan e-Money dan e-Wallet.

Tapi keduanya sama-sama digunakan untuk pembayaran di merchant, atau untuk pembayaran tagihan. Selain itu, aplikasi yang serupa dengan DANA adalah OVO, GoPay, LinkAja dan lain sebagainya.

Makanya gak heran kalau kamu bisa transfer saldo dari DANA ke OVO. Selain itu, batas maksimal saldo yang tersedia di aplikasi DANA sebesar Rp10.000.000,-.

Sedangkan Jenius adalah aplikasi bank digital, dimana fungsinya untuk menyimpan uang atau sebagai tabungan rekening. Meski begitu, kamu juga bisa melakukan pembayaran menggunakan aplikasi ini.

Contohnya kamu bisa payment untuk berlangganan aplikasi nonton drama Korea seperti Viu, Netflix, iQiyi dan lain sebagainya. Jadi intinya Jenius ini bank dalam bentuk digital karena untuk mendaftarnya tidak perlu ke kantor cabang.

2. Biaya Administrasi

DANA vs Jenius

Biaya Administrasi – Image by Bank Jenius

Berikutnya dari segi biaya administrasi, kalau top up saldo ke DANA kamu tidak akan dikenakan biaya administrasi. Jadi, kamu bisa transfer saldo dari BCA ke DANA dengan bebas.

Namun untuk transfer dari DANA ke platform lain kamu harus transfer minimal Rp50.000,- dan gratis biaya admin sebanyak 10 kali. Jika kamu transfer kurang dari Rp50.000,- maka akan dikenakan biaya admin sebesar Rp2.500,-.

Sedangkan di Jenius, kamu akan dikenakan biaya admin sebesar Rp10.000,-/bulan. Kemudian beberapa tagihan berlangganan akan dikenakan biaya admin kurang lebih Rp1.500,- sampai Rp25.000,-.

3. Transaksi

DANA vs Jenius

Transaksi – Image by DANA

Selanjutnya dari segi transaksi, tidak ada perbedaan yang signifikan, mengingat keduanya memang bergerak di bidang keuangan. Yang artinya fungsinya bisa digunakan untuk transfer uang dan pembayaran.

Jadi, kamu gak perlu repot-repot transfer uang lewat Alfamart. Karena dengan menggunakan smartphone aja, kamu bisa mengirim uang dengan cepat.

Nah, yang membedakan adalah aplikasi Jenius ini bisa kamu gunakan sebagai alat pembayaran antar negara karena memiliki VISA. Caranya cukup menggunakan fitur e-card

4. Keamanan

DANA vs Jenius

Keamanan

Kemudian dari segi keamanan, keduanya tentu memiliki keamanan yang ketat, mengingat fungsi untuk menyimpan uang. Sehingga kedua perusahaan tersebut harus memproteksi data nasabahnya.

Akan tetapi, untuk menghindari terjadinya peretasan akun oleh kelompok hacker, kamu bisa mengaktifkan kode OTP. Sehingga setiap transaksi yang terjadi harus melakukan kode OTP terlebih dahulu.

5. Kolaborasi

DANA vs Jenius

Kolaborasi – Image by Jenius

Terakhir dari segi kolaborasi, yups seperti yang kita ketahui kalau DANA kerap melakukan kolaborasi dengan platform lain. Salah satunya dengan aplikasi online shop yaitu Bukalapak.

Dimana kolaborasi ini pengguna bisa mendapatkan promo menarik jika melakukan pembayaran menggunakan DANA. Sedangkan Jenius, sangat jarang sekali melakukan kolaborasi. Meski begitu, Jenius juga berkolaborasi dengan BNI.

So, itu lah beberapa perbandingan antara DANA vs Jenius. Nah, menurut kamu ada lagi gak sih, perbedaan antara Jenius vs DANA? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini  ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top