Tech-Fun!

Ada yang Cantik Banget! 6 Robot Tercanggih yang Mirip Manusia

Robot Tercanggih yang Mirip Manusia

Robot merupakan salah satu alat mekanik yang memiliki fungsi tertentu. Biasanya fungsi dari robot adalah untuk meringankan beban pekerjaan manusia. Makanya saat ini sudah banyak sekali mesin yang bisa berfungsi untuk mempermudah kerjaan manusia. Salah satu contohnya robot untuk membuat makanan.

Walaupun di film maupun game robot, fungsi robot hanya untuk berperang tapi saat ini sudah banyak ahli mekanik yang membuat robot agar bisa hidup berdampingan dengan manusia. Bahkan robot tersebut dibuat sedemikian rupa agar terlihat seperti manusia.

Tidak hanya terlihat seperti manusia, robot tersebut juga bisa berbicara dan berprilaku layaknya manusia. Nah, berikut ini ada beberapa robot tercanggih yang mirip manusia. Bahkan saking miripnya ada yang seperti wanita cantik!

Disangka Hidup! Ini 6 Robot Tercanggih yang Mirip Manusia

Walaupun di game perang robot, karakter robot hanya digunakan sebagai alat perang. Tapi robot canggih yang mirip manusia berikut ini ada yang bisa diajak untuk berbincang loh gaes.

1. Sophia

Robot Tercanggih yang Mirip Manusia

Robot Sophia

Robot tercanggih yang mirip manusia pertama adalah Sophia. Shopia merupakan robot buatan David Hanson dan dibuat mirip dengan artis legendaris yaitu Audrey Hepburn. Seperti yang kita ketahui Sophia merupakan salah satu robot yang bisa melakukan debat dengan mudah.

David Hanson menciptakan robot Sophia hingga mirip manusia ini bertujuan agar manusia bisa hidup berdampingan dengan robot. Selain itu, robot Sophia telah menerima status kewarganegaraan dari kerjaan Arab Saudi. Menariknya lagi, negara Arab Saudi merupakan negara pertama yang memberikan status kewarganegaraan kepada robot.

2. Geminoid DK

Robot Tercanggih yang Mirip Manusia

Robot Geminoid DK

Robot canggh yang mirip manusia kedua adalah Geminoid DK. Robot ini merupakan ciptaan dari kolobarasi perusahaan asal Jepang dan Universitas Osaka yaitu Profesor Ishiguro (Lagi-lagi). Robot ini diklaim sebagai robot yang mirip banget dengan manusia.

Oh iya gaes, robot ini mirip sekali dengan profesor asal negara Denmark yaitu Professor Henrik Scharfe dari Universitas Aalborg. Robot ini memiliki tingkah laku yang mirip sekali dengan manusia. Jadi, robot ini bukan hanya fisiknya aja ya yang mirip manusia gaes.

3. Jia Jia

Robot Tercanggih yang Mirip Manusia

Robot Jia Jia

Robot tercanggih yang mirip manusia ketiga adalah Jia Jia. Robot ini berasal dari negeri Tiongkok dan jika dilihat mirip dengan wanita cantik. Robot Jia Jia juga terkenal dengan sebutan “Robot Goddess” yang memiliki arti sebagai robot dewi yang cantik dan ramah.

Robot ini bisa melontarkan kata pujian kepada manusia loh. Bahkan saking miripnya dengan manusia, robot ini bisa menghembuskan nafas. Oh iya, robot Jia Jia ini diciptakan oleh Tim Insiyur Robotika dari University of Science and Technology of China. Selain itu, robot ini diklaim bisa bekerja di restoran, hotel maupun asisten rumah tangga.

BACA
Indonesia Makin Canggih! Ini Fitur Canggih dari CCTV e-Tilang

Baca Juga: 10 Teknologi yang Mustahil Ada di Kehidupan Nyata!

4. Asuna

Robot Tercanggih yang Mirip Manusia

Robot Asuna

Robot canggih yang mirip dengan manusia keempat adalah Asuna. Asuna merupakan salah satu robot buatan negara Jepang loh gaes. Robot ini juga kabarnya memiliki sistem kecerdasan buatan sekitar 5 hingga 10 tahun ke depan walaupun belum dibekali teknologi AI.

Robot Asuna diciptakan oleh ahli robotik Jepang dari Universitas Osaka Jepang yaitu Hiroshi Ishiguro. Robot ini juga sempat dipamerkan di Tokyo Designers Week. Menariknya, robot Asuna memiliki tekstur kulit seperti manusia dan mimik wajah yang sangat mirip manusia ketika sedang berbicara loh gaes.

5. Erica

Robot Tercanggih yang Mirip Manusia

Robot Erica

Robot tercanggih yang mirip manusia selanjutnya adalah Erica. Sama seperti robot Asuna, Erica dibuat oleh negara Jepang dan dirancang oleh Professor Ishiguro. Keunikan dari robot Erica selain mirip wanita cantik, ia memiliki kemampuan dengan berbicara bahasa tubuh atau bahasa isyarat.

Selain itu, robot erica memiliki prilaku seperti manusia yaitu berkedip, memiringkan kepala, meluapkan emosi, adanya gerakan bibir yang sangat mirip manusia ketika sedang berbicara bahasa tubuh. Oh iya, robot ini merupakan salah satu hasil kolaborasi antara Kyoto University dan Japan Science and Technology Agency.

6. Han

Robot Tercanggih yang Mirip Manusia

Robot Han

Robot canggih yang diklaim mirip manusia berikutnya adalah Han. Han merupakan robot yang diciptakan oleh Hanson Robotics. Robot Han juga memiliki kompenen Frubber loh gaes. Oh iya, robot Han juga dipamerkan di ajang Global Sources Electronics Fair – Hongkong pada tahun 2015 lalu.

Keunikan dari robot ini kamu bisa berinterkasi dengannya seperti manusia pada umumnya. Selain itu, robot ini bisa mengindentifikasi ekpersi dengan menggerakkan bola mata dan melakukan percakapan.

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ternyata ada robot tercanggih yang mirip manusia. Nah, jangan lupa ya untuk share artikel robot tercanggih yang mirip manusia ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya kamu juga tau, ternyata ada robot tercanggih yang mirip manusia loh. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai artikel robot tercanggih yang mirip manusia ini, bisa langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top