Kepo

5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Freelancer

Home / Kepo / Lifestyle / 5 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Freelancer

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Freelancer

Salah satu pekerjaan part time yang paling cocok untuk anak kulihan adalah dengan menjadi freelancer. Freelancer saat ini mulai banyak digeluti oleh semua kalangan. Karena kamu hanya perlu mempromosikan jasa atau keahlianmu di aplikasi media sosial atau bisa langsung menawarkan ke klien.

Dengan menjadi freelancer juga bisa membantu kamu untuk cepat mendapatkan kerja setelah lulus kuliah. Karena kamu sudah memiliki portofolio. Eits, tapi sebelum menjadi seorang freelancer, kamu harus perhatikan hal-hal berikut ini ya!

Mau Jadi Freelancer? Coba Perhatikan Hal Ini Dulu!

Berikut hal-hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum menjadi freelancer.

1. Gaji yang Didapatkan Tidak Pasti

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Freelancer

Gaji yang Didapatkan Tidak Pasti

Hal yang harus diperhatikan sebelum menjadi freelancer pertama adalah gaji yang didapatkan tidak selalu pasti. Hal ini disebabkan karena seorang freelancer tidak terikat dengan apapun. Sehingga penghasilannya tidak akan tentu.

Mungkin kamu akan mendapatkan hasil yang besar jika ada banyak kerjaan atau permintaan. Namun kalau permintaannya sedikit, maka kamu juga harus siap jika penghasilannya sedikit. Makanya gak heran kalau seorang freelancer banyak yang punya kerjaan sampingan.

2. Waktu Kerja Lebih Fleksibel

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Freelancer

Waktu Kerja Lebih Fleksibel

Hal yang harus diperhatikan sebelum menjadi freelancer berikutnya adalah waktu kerja lebih fleksibel. Yups, salah satu alasan kenapa banyak yang mengambil profesi fleksibel karena kamu bisa bekerja kapan pun dan di mana pun, tanpa terikat dengan waktu orang kantoran.

Akan tetapi kekurangannya ketika kamu menunda pekerjaan, bisa aja kamu bekerja di malam hari hingga subuh. Nah, hal tersebutlah yang perlahan-lahan akan menjadi kebiasaan sepele namun berbahaya untuk kesehatan.

3. Hati-hati dalam Memilih Klien

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Freelancer

Hati-hati dalam Memilih Klien

Hal yang harus diperhatikan sebelum menjadi freelancer selanjutnya adalah hati-hati dalam memilih klien. Kenapa harus berhati-hati? Karena banyak freelancer yang terjebak dengan klien penipu, dimana mereka meminta kamu bekerja terlebih dahulu namun tidak dibayar.

Nah, biasanya hal tersebut terjadi karena freelancer tidak melakukan tanda tangan di atas kertas. Sehingga sangat rentan terjadi penipuan klien.

Oleh sebab itu, kamu harus pintar-pintar dalam memilih klien dengan mengikuti tips mengindari lowongan pekerjaan bermodus penipuan. Dengan begitu, kamu tidak perlu khawatir terjebak dengan modus tersebut.

4. Konsisten Bekerja untuk Dapat Penghasilan

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Freelancer

Konsisten Bekerja untuk Dapat Penghasilan

Hal berikutnya adalah kamu harus konsisten dalam bekerja untuk tetap mendapatkan penghasilan. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, kalau menjadi seorang freelancer maka penghasilan yang dapatkan tidak tentu.

Jika kamu mendapatkan banyak permintaan baru lah penghasilan kamu akan banyak, begitupun sebaliknya. Oleh sebab itu, kamu harus konsisten untuk mengerjakannya. Jika kamu malas-malasan, maka akan membuat klien enggan menggunakan jasamu lagi.

Baca Juga: 10+ Cara Menghasilkan Uang dari YouTube Secara Cepat

5. Tingkatkan Kreativitas

Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Freelancer

Tingkatkan Kreativitas

Hal yang terakhir adalah kamu harus meningkatkan kreativitas. Kenapa demikian? Karena setiap tahunnya jumlah pencari kerja akan terus bertambah, hal tersebut tentu akan mempengaruhi pertahanan kamu dalam mendapatkan pekerjaan.

Jika kamu kalah kreatif dengan pekerja lainnya maka kamu tidak akan mendapatkan proyek tersebut. Oleh sebab itu, kamu harus terus meningkatkan kreativitas. Hal ini juga berlaku ketika kamu membuat CV serta portofolio untuk menawarkan jasamu. Jangan sampai membuat klien engga memilihmu ya!

So, itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin memutuskan menjadi seorang freelancer. Menurut kamu apa lagi sih hal yang harus diperhatikan untuk menjadi seorang freelancer? Kalau ada tulis ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top