Games

22 Tips Agar Menang Main Mobile Legends untuk Pemula

22 Tips Agar Menang Main Mobile Legends untuk Pemula 7

Mobile Legends merupakan permainan yang sedang terkenal saat ini dengan tipe permainan strategi  5 vs 5 dan konsep peta 3 jalur utama, seperti jalur atas (top lane), jalur tengah (middle lane) dan jalur bawah (bottom lane).

Bagi kamu yang baru pertama kali main Mobile Legends alias pemula dan masih bingung apa saja hal-hal yang harus diperhatikan. Tenang aja, kali ini TipsPintar.com mempunyai beberapa tips penting agar kamu bisa selalu menang main Mobile Legends, apalagi jika kamu adalah seorang pemula.

Berikut Tips Main Mobile Legends untuk Pemula

Pemain pemula biasanya akan menjadi beban bagi timnya dan bisa saja menjadi penyebab kekalahan dalam tim tersebut. Nah, buat kamu yang baru bermain alias pemula jangan sampe menjadi beban dalam tim kamu ya.

1. Pastikan Koneksi Internet Kamu Stabil

Koneksi Internet Stabil

Koneksi Internet Stabil

Hal pertama yang kamu harus perhatikan adalah koneksi internet. Nah, sebelum bermain pastikan kamu koneksi internet kamu stabil, jika tidak kamu akan mengelami nge-lag atau tidak masuk kedalam game dan lebih parah Mobile Legends keluar sendiri.

Jika koneksi internet kamu belum stabil, disarankan kamu berpindah tempat ke tempat yang lebih terbuka agar koneksi internet kamu stabil agar Mobile Legends tidak lag.

Baca Juga: Cara Memperkuat Sinyal 4G agar Tidak Turun ke 3G

2. Cukup Kuasai Satu Hero

Kuasai Hero

Kuasai Hero

Untuk kamu yang baru bermain Mobile Legends, sebaiknya kuasai satu hero terlebih dahulu. Karena dengan menguasai satu hero telebih dahulu, kamu akan mengetahui kelemahan dan kelebihan dari hero tersebut.

Sehingga ketika kamu melawan dengan hero yang sudah kamu kuasai, kamu akan mengetahui kelemahan dari hero tersebut dan kamu akan mudah membunuh hero yang pernah kamu kuasai sebelumnya.

Jika kamu sudah handal kamu bisa mendapatkan savage loh dengan membunuh semua musuh. Jadi, kuasai hero tersebut sampai benar-benar menguasainya ya.

Baca Juga: 10 Hero Mobile Legends yang Cocok Digunakan Pemula

3. Menggunakan Skin

Menggunakan Skin

Menggunakan Skin

Jika kamu memiliki diamond, disarankan untuk membeli skin hero. Karena akan memberikan penambahan dalam emblem loh. Itu akan membuat hero tersebut semakin lebih powerfull dalam serangan maupun daya tahan.

Selain untuk menambahkan kekuatan, skin tersebut bisa menjadi gaya loh agar berbeda dengan hero orang lain dan dapat membuat musuh sedikit lebih takut ketika bertemu dengan pemain yang menggunakan skin.

Baca Juga: Cara Top Up Mobile Legends Murah Potong Pulsa

4. Gunakan Item yang Terbaik

22 Tips Agar Menang Main Mobile Legends untuk Pemula 8

Item Mobile Legends

Selain hero yang sudah kuat, ga afdol rasanya jika tidak ditambahkan dengan item-item terbaiknya yang akan membuat hero semakin lebih kuat.

Bagi kamu yang masih bingung dengan item-item terbaiknya. Sebaiknya kamu gunakan yang sudah direkomendasikan oleh Mobile Legends sendiri.

Untuk Rekomendasi Item Pilihan, Silahkan baca ini ya:

Ketika kamu sudah mengetahui fungsi-fungsi dari setiap item. Maka kamu bisa mengubah rekomendasi item yang diberikan. Disini kamu harus memperhatikan setiap hero, bahwa setiap hero memiliki item-item terbaik yang berbeda dari yang lainnya.

Baca Juga: Build Item yang Digunakan Indo Juara 1 Mobile Legends Insonesia

5. Jangan Egois Dalam Memilih Hero

Jangan Egois Dalam Memilih Hero

Jangan Egois Dalam Memilih Hero

Dalam memilih hero, usahakan jangan menggunakan tipe hero yang sama semua. Karena, jika memilih hero dengan tipe hero yang sama semua bisa membuat kalah.

Terlebih lagi jika bermain Solo Ranked yang diharuskan kamu untuk menang dalam game tersebut. Nah, untuk itu usahakan memilih hero yang seimbang dalam team yah.

Baca Juga: 10 Hero Paling Bagus Untuk Solo Ranked (Main Sendirian)

6. Pilihlah Arah Lane yang Tepat

22 Tips Agar Menang Main Mobile Legends untuk Pemula 9

Lane Mobile Legends

Saat permainan sudah dimulai pilih lane yang belum di tempati hero. Pembagian hero di lane biasanya atas 2, tengah 1, bawah 2. Untuk pembagian lane usahakan saling berdampingan hero melee (jarak dekat) dengan hero range (jarak jauh) kecuali di tengah, karena di tengah hanya 1 hero saja.

Untuk yang sudah biasa bermain pilih lane sudah menjadi hal yang biasa karena sudah tahu di lane mana yang dibutuhkan. Usahakan saat di lane jagalah tower,apabila berdua di lane darah sudah tipis semua sebaikya jangan balik ke base semua, 1 orang jaga di turret (usahakan jaga jarak dari musuh) supaya turret tidak cepat dihancurkan musuh.

Baca Juga: Cara Main Mobile Legends di PC atau Laptop (100% Works)

7. Perhatikan Teknik – Masing-masing Hero Punya Teknik yang Berbeda

22 Tips Agar Menang Main Mobile Legends untuk Pemula 10

Teknik Mobile Legends

Jaga jarak, tau gerak-gerik musuh dan hafal skill yang dimiliki hero musuh saat berhadapan di lane akan membuat kamu tahu kapan harus menyerang dan kapan harus menghindar/jaga jarak.

Jangan lupa, serang sesekali hero musuh untuk mengurangi darahnya agar dia tidak nyaman ketika satu lane dengan kamu dan dengan begitu kamu bisa farming di lane dengan tenang.

Baca Juga: 10 Hero Mobile Legends yang Paling Sering Menang

8. Jungling – Rajin Bunuh Monster di Hutan

22 Tips Agar Menang Main Mobile Legends untuk Pemula 11

Jungling Mobile Legends

Ketika kamu di lane tidak bisa farming dikarenakan hero musuh yang selalu mencoba menyerang kamu. Nah, kamu bisa farming di hutan dengan cara membunuh monster-monster hutan. Selain mendapatkan gold dari membunuh monster, kamu bisa mendapatkan buff juga loh dari monster tertentu.

Buff tersebut ada yang akan menambahkan damage ke kamu dan ada juga yang akan memberikan pengeurangan cooldown skill. Jadi, kamu farming di jungle tidak akan membuat level kamu tertinggal dari yang lainnya.

Baca Juga: 10 Hero Mobile Legends Paling Kuat Sejauh Ini

9. Selalu Perhatikan Mini Map

22 Tips Agar Menang Main Mobile Legends untuk Pemula 12

Memperhatian Map Mobile Legends

Bagi kamu pemain pemula, sebaiknya sering-sering melihat map. Karena ketika kamu melihat map, kamu akan mengetahui posisi teman atau musuh yang akan mau menyerang atau butuh pertolongan.

Jadi, ini akan membuat kamu terlihat seperti bukan pemain pemula. Jika pemain pemula kamu pasti akan mudah di bunuh dari belakang.

Baca Juga: Trik Mobile Legends Agar Tidak Lag

10. Gunakan Icon yang Ada di Map

Manfaatkan Icon di Map

Manfaatkan Icon di Map

Jika kamu ingin memberikan sebuah informasi atau ingin meminta bantuan tapi kamu males untuk mengetik, cukup gunakan icon yang ada di sebelah kanan atas.

BACA
Guide PUBG Mobile di Lingkaran Terakhir (Dijamin Chicken Dinner)

Di setiap icon tersebut memiliki informasi yang berbeda-beda loh. Seperti:

Icon Kapak Kuning (Attack) yang artinya kamu harus menyerang musuh atau untuk mendorong lane atau menghancurkan turret musuh. Tapi, kamu juga harus memperhatikan posisi dari musuh ya.

Icon Orang Berlari (Run) yang artinya kamu harus lari atau kabur dari posisi kamu berada. Kemungkinan teman kamu merasakan keberadaan musuh yang hendak ingin menyerang kamu atau yang bersembunyi di rumput.

Icon Petunjuk Arah 3 (Gather) yang artinya kamu harus ikut secara bersamaan untuk menyerang musuh atau memanggil bantuan untuk menyerang musuh secara bersamaan.

Baca Juga: Cara Bermain Mobile Legends dengan 2 Akun atau Lebih

11. Usahakan Bunuh Turtle di Awal Permainan

Bunuh Turtle

Bunuh Turtle

Hal yang perlu diperhatikan ketika di awal permainan adalah membunuh Turtle. Dengan membunuh turtle satu team kamu akan mendapatkan gold dan xp.

Tapi, jika kamu tidak sanggup silahkan ajak teman kamu untuk membunuh turtle. Karena, turtle memiliki darah yang cukup banyak dan serangan yang lumayan sakit.

Baca Juga: Inilah Jam Terbaik Main Mobile Legends  (Agar Lawannya Mudah)

12. Manfaatkan Lord

Bunuh Lord

Bunuh Lord

Jika kamu ingin menyelesaikan permainan dengan mudah, silahkan minta bantuan Lord. Tapi untuk meminta bantuan lord kamu harus membunuhnya terlebih dahulu.

Namun, untuk membunuhnya kamu harus meminta bantuan oleh teman-teman kamu loh. Soalnya lord memiliki darah dan serangan yang lebih besar ketimbang turtle.

Baca Juga: 15 Hero Mobile Legends yang Bisa Bunuh Lord Sendirian

13. Selalu Utamakan Turret

22 Tips Agar Menang Main Mobile Legends untuk Pemula 13

Turret Mobile Legends

Untuk memenangkan permainan, kamu harus menghancurkan turret utama yang berada di dalam area musuh. Sebelum menghancurkan turret utama, kamu harus menghancurkan turret lainnya yang berada di setiap lane-nya.

Tapi sebelum ingin menyerang turret, kamu arus memperhatikan lingkaran yang berada di sekitar turret. Ketika warna lingkaran merah kamu harus mundur atau keluar dari lingkaran merah tersebut. Karena jika lingkaran merah, maka kamu akan di serang oleh turret.

Untuk menyerang turret, kamu harus bersamaan dengan para minion dan biarakan para minion masuk terlebih dahulu ke dalam lingkaran turret. Dengan itu maka lingkaran akan berwarna hijau dan artinya kamu bisa menyerang turret tanpa di serang balik oleh turret musuh.

Baca Juga: Daftar Harga Hero Mobile Legends 2017

14. Jangan Menyerang Sendirian

22 Tips Agar Menang Main Mobile Legends untuk Pemula 14

Jangan Bermain Sendiri

Untuk kamu pemain pemula disarankan untuk bermain bersama teman-teman kamu. Bermain bersama teman mungkin akan disarankan hero dan item terbaik untuk kamu yang pemula.

Selain itu, kamu akan diarahkan ketika ingin menyerang musuh bersamaan ataupun sendiri. Jadi, bagi kamu yang baru pertama kali bermain Mobile Legends disarankan untuk bermain bersama teman-teman kamu.

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Player Noob di Mobile Legends

15. Lakukan Serangan Kombinasi dengan Teman

Serangan Kombinasi

Serangan Kombinasi

Setiap hero pastinya memiliki skill yang dapat di andalkan. Bisa untuk membunuh musuh atau bisa juga untuk lari dari musuh maupun untuk membantu teman.

Namun, apakah kamu tahu bahwa skill kamu bisa di kombinasikan oleh skill teman? Nyatanya ada loh skill yang bisa kamu kombinasikan dengan teman.

Skill yang kamu kombinasikan dengan teman dapat dengan mudah membunuh musuh loh. Jadi, usahkaan cari teman yang sekiranya bisa kamu ajak untuk melakukan serangan kombinasi.

Baca Juga: 10 Hero Combo Terbaik di Mobile Legends

16. Mengisi Lane yang Ditinggal oleh Teman

Mengisi Lane yang Kosong

Mengisi Lane yang Kosong

Jika kamu melihat di map, terdapat lane yang kosong atau ditinggal oleh teman kamu. Disarankan untuk mengisi lane tersebut. Jika tidak musuh dengan mudah menghancurkan turret kamu.

Maka dari itu, kamu harus memperhatikan map yah. Ga mau kan turret kesayangan kamu hilang alias hancur begitu saja, seperti gebetan kamu hilang begitu saja tanpa ada kabar hehe.

17. Usahakan Mendapatkan Last Hit (Serangan Terakhir)

Lakukan Last Hit

Lakukan Last Hit

Tips yang belum diketahui oleh banyak orang adalah mendapatkan last hit. Efek dari mendapatkan last hit adalah kamu akan mendapatkan gold atau xp lebih banyak dari teman kamu.

Untuk itu usahakan mendapatkan last hit ya agar lebih cepat item kamu jadi ketimbang dengan teman kamu yang jarang atau hampir tidak melakukan last hit.

Baca Juga: 6 Hero Assasin Terkuat di Mobile Legends Beserta Combo-nya

18. Gunakan Emblem yang Tepat

Gunakan Emblem yang Tepat

Gunakan Emblem yang Tepat

Peran emblem sangat berpengaruh dalam setiap hero, termasuk untuk meningkatkan serangan dasar, daya tahan maupun menambahkan darah.

Tapi, kamu harus memperhatikan bahwa setiap emblem memliki sebuah tipe yang hanya cocok dengan tipe-tipe hero tertentu saja. Jadi pastikan emblem kamu sesuai dengan tipe hero yang kamu gunakan yah.

Baca Juga: 10 Hero Paling Gak Berguna di Mobile Legends

19. Gunakan Spell yang Tepat

Gunakan Spell yang Tepat

Gunakan Spell yang Tepat

Kegunaan spell dalam setiap hero pastinya sangat berpengaruh di dalam setiap pertandingan. Spell sendiri pun banyak jenis-jenisnya misal, spell untuk menambahkan kecepatan serangan dll.

Pastikan spell yang kamu pilih cocok dengan hero yang kamu gunakan yah. Karena, sangat berpengaruh ketika dalam menyerang maupun bertahan dari serangan.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Skin Hero Gratis Mobile Legends

20. Upgrade Emblem

Upgrade Emblem

Upgrade Emblem

Dengan meng-upgrade emblem, pastinya akan lebih menigkatkan serangan dasar, daha tahan maupun darah lebih besar dari yang tidak di upgrade.

Namun, meng-upgrade emblem harus membutuhkan battle point loh. Jadi untuk itu kamu harus sering-sering bermain yah dan diusahakan menang agar bisa mendapatkan battle point yang cukup banyak.

Baca Juga: 7 Tips Mendapatkan Battle Point Mobile Legends dengan Cepat

21. Memperhatikan Perkembangan Game

Memperhatikan Pemberitahuan

Memperhatikan Pemberitahuan

Mungkin kamu mendapatkan pesan yang berupa pemberitahuan update, tapi jangan kamu abaikan begitu saja. Karena, dalam pemberitahuan tersebut sangatalah penting.

Dalam pemberitahuan tersebut bisasanya berisi, kemunculan hero baru bahkan kekuatan atau efek dari skill setiap hero. Nah, jadi jangan kaget ketika hero yang biasa kamu gunakan sudah tidak begitu lagi powerfull dalam melakukan serangan.

Baca Juga: 5 Squad Mobile Legends Terbaik di Dunia

22. Menyaksikan Live Streaming

Live Streaming

Live Streaming

Jika kamu mempunyai kuota atau sedang menggunakan wi-fi, coba kamu menyaksikan live streaming baik itu dari mobile legends maupun live streaming youtube.

Karena, dapat menambahkan trik-trik dari orang lain loh. Banyak pemain internasional maupun dari indonesia seperti saints indo yang bisa kamu jadikan refrensi untuk bermain hero lain.

Baca Juga: Cara Live Streaming Youtube Tanpa Buffer Meskipun Kuota Sekarat

Nah, itu dia Tips Bermain Mobile Legends Pemula dari kita. Jika kamu memiliki pendapat atau saran selain diatas tadi, silahkan berikan di kolom komentar ya.

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top