Android

Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran, Sekali Klik Jadi!

Home / Android / Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran, Sekali Klik Jadi!

Cara membuat Kartu Ucapan Lebaran

Tak terasa, tidak lama lagi umat muslim akan menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri setelah sebulan penuh Kita menjalankan ibadah puasa.

Yaps, dalam momentum ini biasanya Kita akan memanfaatkan seluruh waktu untuk melakukan kegiatan silaturahmi, baik dengan mungunjungi setiap rumah kerabat, sanak, ataupun saudara, atau bisa juga dengan melakukan panggilan virtual melalui aplikasi video Call jika memang kondisi Kita tidak memungkinkan untuk bisa pergi bertamu.

Bukan hanya itu, biasanya Kita juga akan memberikan berbagai ucapan Hari Raya Idul Fitri kepada orang-orang terkasih baik melalui smartphone ataupun diucapkan secara langsung.

Untungnya saat ini Kita hidup di era kemajuan teknologi yang pesat, dimana saat ini Kita bisa loh membuat berbagai macam ucapan perayaan hari besar melalui sebuah aplikasi/situs tanpa perlu repot-repot membuka software editor foto.

Gimana caranya? Nah, pada kesempatan kali ini TipsPintar akan memberikan cara untuk membuat kartu ucapan lebaran dengan mudah dan instan.

Penasaran kan apa saja cara-caranya? Yuk, langsung aja simak ulasan yang satu ini dengan baik ya!

Cara Membuat Kartu Ucapan Lebaran dengan Canva

Nah, bagi Kamu yang penasaran dengan cara membuat kartu ucapan lebaran yang mudah, jawabannya adalah dengan mengandalkan aplikasi Canva.

NamaCanva
Rating4.4
Size75 MB
Link Download

Yaps, seperti yang Kamu ketahui kalau Canva ini adalah salah satu aplikasi desain instan yang dapat di install ke dalam smartphone Kamu.

Di dalam Canva ini Kamu tidak perlu repot-repot lagi membuat desain kartu ucapan lebaran dari awal, sebab di dalamnya sudah tersedia berbagai jenis template yang tinggal Kamu modifikasi ulang kembali.

Nah, berikut ini adalah cara untuk membuat kartu ucapan lebaran melalui aplikasi Canva:

  • Pertama, login ke dalam aplikasi Canva (Bisa melalui Account Google ataupun Facebook)
Login Canva

Login Canva

  • Kedua, jika sudah masuk ke dalam tampilan awal Canva, masuklah kebagian pencariannya.
Klik Menu Search di Canva

Klik Menu Search di Canva

  • Ketiga, ketik kata kunci “Eid Al-Fitr” di dalam kolom pencarian tersebut, setelah itu akan muncul berbagai template yang berkaitan dengan kata kunci pada pencarian tersebut.
Cari kata kunci

Cari kata kunci

  • Keempat, pilihlah satu template yang ingin Kamu gunakan dari berbagai macam pilihan template tersebut.
Pilih Template-nya

Pilih Template-nya

  • Kelima, jika Kamu sudah memilih template nya Kamu tinggal mengubah template tersebut, bisa dengan menambahkan teks, gambar, elemen, stiker, dan sebagainya.
Edit Template

Edit Template

  • Keenam, untuk menambahkan element, Kamu bisa klik icon “+” yang terletak di pojok kiri bawah.
Klik icon +

Klik icon +

  • Ketujuh, Kamu bisa search keyword “Eid Al-Fitr” untuk bisa mendapatkan berbagai elemen ataupun stiker yang sesuai.
Search Kata Kunci Elemen

Search Kata Kunci Elemen

  • Kedelapan, pilihlah stiker atau elemen yang ingin Kamu tambahkan ke desain kartu ucapan lebaran tersebut.
Pilih elemen

Pilih elemen

  • Kesembilan, apabila semua telah disesuaikan dan terasa sudah pas, Kamu bisa lanjut ketahap pengunduhan gambar dengan cara klik icon tanda panah yang mengarah ke atas kemudian pilih format penyimpanan yang ingin Kamu gunakan, bisa simpan ke JPG, PNG, PDF, dan sebagainya.
Unduh hasil

Unduh hasil

  • Kartu ucapan lebaran pun siap disebar.
Kartu ucapan lebaran siap

Kartu ucapan lebaran siap

Nah, itulah beberapa tahap untuk membuat kartu ucapan lebaran melalui aplikasi Canva.

Rekomendasi Aplikasi Pembuat Kartu Ucapan Lebaran

Jika sebelumnya Kamu sudah mengetahui cara membuat kartu ucapan lebaran melalui aplikasi Canva, sekarang TipsPintar akan memberikan opsi aplikasi lain yang dapat Kamu gunakan untuk membuat kartu ucapan lebaran dengan mudah hanya melalui smartphone.

Penasaran apa saja aplikasi nya? Langsung aja simak ulasan berikut ini!

1. Picsart

Picsart

Picsart

Selain dapat menyunting ataupun membuat kolase foto, Picsart juga dapat Kamu andalkan untuk membuat kartu ucapan lebaran yang menarik loh!

Tidak jauh beda dengan aplikasi Canva, dalam aplikasi ini telah tersedia ratusan template kartu ucapan dan juga emoji yang menarik untuk Kamu gunakan.

Untuk cara membuatnya pun tidak jauh beda seperti membuat kartu ucapan lebaran melalui aplikasi Canva, cukup login dengan menggunakan account Google, maka Kamu tinggal membuat desain kartu ucapan lebarannya.

NamaPiscart
Rating4.2
Size40 MB
Link Download

2. Kartu Muslim Pro

Kartu Muslim Pro

Kartu Muslim Pro

Aplikasi kedua yang bisa Kamu andalkan untuk membuat kartu ucapan lebaran dengan mudah adalah Kartu Muslim Pro.

Yaps, dengan aplikasi ini Kamu dapat membuat kartu ucapan lebaran yang menarik dari berbagai macam template nuasa Islami yang telah disediakan.

Aplikasi ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur untuk membuat kalimat salam Islam serta fitur menarik lainnya yang dapat mempercantik kartu ucapan lebaran Kamu.

NamaPiscart
Rating4.1
Size27 MB
Link Download

3. Kartu Ucapan Idul Fitri

Kartu Ucapan Idul Fitri

Kartu Ucapan Idul Fitri

Di urutan selanjutnya, ada aplikasi Kartu Ucapan Idul Fitri yang dapat Kamu andalkan untuk membuat berbagai desain kartu ucapan lebaran yang menarik.

Sekilas aplikasi ini mirip dengan situs Twibbonize dimana Kamu dapat membuat desain kartu ucapan seperti membuat desain twibbon.

Kamu tidak perlu khawatir, sebab di dalam aplikasi ini telah tersedia banyak template yang dapat Kamu pilih untuk dijadikan sebagai desain dari kartu ucapan lebaran Kamu.

NamaKartu Ucapan Idul Fitri
Rating4.4
Size22 MB
Link Download

4. Creative Card (Kartu Kreatif)

Kartu Kreatif

Kartu Kreatif

Seperti namanya, aplikasi Kartu Kreatif ini dapat membantu Kamu untuk membuat kartu ucapan lebaran digital yang unik dan juga kreatif. Tersedia banyak template yang dapat Kamu pilih untuk diedit kembali mulai dari latar, isi teks, serta tata letak kartu ucapan tersebut.

Selain itu, dengan aplikasi ini Kamu juga bisa membuat desain kartu ucapan lainnya loh! Seperti ucapan hari raya Idul Adha, Natal, Ulang Tahun, hari Ayah ataupun Ibu.

NamaCreative Card
Rating4.6
Size21 MB
Link Download

5. Adobe Express

Adobe Express

Adobe Express

Adobe Express merupakan salah satu aplikasi edit foto terbaik yang menyediakan banyak template desain untuk Kamu gunakan. Nah, aplikasi ini dapat Kamu andalkan untuk membuat kartu ucapan lebaran yang keren, unik, dan kekinian.

Untuk menggunakannya itu Kamu cukup login menggunakan akun Google yang Kamu punya. Setelah itu, Kamu tinggal pilih template mana yang cocok untuk digunakan ke dalam desain kartu ucapan lebaran Kamu.

NamaAdobe Express
Rating4.5
Size59 MB
Link Download

6. KineMaster

KineMaster

KineMaster

Mungkin selama ini Kamu mengenal aplikasi KineMaster adalah sebuah aplikasi khusus untuk mengedit video.

Akan tetapi, aplikasi ini sebenarnya bisa juga loh untuk Kamu andalkan sebagai pembuat kartu ucapan yang keren dan juga menarik. Jika kebanyakan kartu ucapan lebaran itu berupa gambar atau tulisan, dengan aplikasi ini Kamu bisa membuat versi video nya.

Aplikasi ini memungkinkan Kamu untuk bisa membuat sebuah tampilan kartu ucapan lebaran yang bergerak dengan cepat dan juga mudah.

NamaKineMaster
Rating4.5
Size65 MB
Link Download

7. TouchNote: Gift&Cards

Touch Note

Touch Note

Terakhir, Kamu bisa gunakan aplikasi TouchNote: Gift&Card. 

Sebagai salah satu aplikasi edit foto terbaik, aplikasi ini dapat membantu Kamu dalam membuat kartu ucapan lebaran dengan cepat dan juga mudah.

Dengan aplikasi ini, Kamu juga bisa mengatur sampul kartu bahkan bisa memberikan tanda tangan Kamu sendiri.

Untuk penggunaannya juga tidak jauh beda dengan aplikasi edit foto lainnya, Kamu cukup login terlebih dahulu dengan menggunakan Account Google Kamu, kemudian lanjut ke tahap pembuatan desain.

NamaTouchNote
Rating4.3
Size64 MB
Link Download

Kesimpulan

Nah, itulah beberapa cara serta kumpulan aplikasi untuk membuat kartu ucapan lebaran digital dengan mudah tanpa harus repot-repot buka aplikasi desain di komputer.

Kesimpulannya, Kamu tetap bisa memeriahkan momen lebaran ini meskipun masih ada jarak diantara Kita.

Cukup dengan membuat kreasi kartu ucapan lebaran, Kamu tinggal share ke seluruh sanak ataupun saudara yang ingin dituju.

Kira-kira dari semua aplikasi tersebut, ada yang menarik perhatian Kamu gak nih? Atau mungkin ada beberapa yang sudah pernah Kamu coba gunakan?

So, semoga informasi ini bisa menjadi manfaat ya bagi Kamu, dan jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-teman, kerabat, sanak, ataupun saudara, supaya mereka juga bisa ikut membuat kreasi kartu ucapan lebarannya masing-masing.

Oh iya, jika Kamu punya kritik ataupun saran tentang pembahasan menarik selanjutnya, Kamu bisa langsung tulis di kolom komentar ini ya!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top