Lifestyle

Mau Buka Online Shop? Ini Tantangan Pedagang Olshop

Tantangan Pedagang Olshop

Mungkin selama ini banyak yang berpikir untuk membuka usaha melalui aplikasi online shop lebih mudah dibandingkan membuka offline store. Karena, melalui online shop, semua orang bisa dengan mudah mengaksesnya dan lebih mudah menerima barangnya dibandingkan harus datang ke offline store.

Padahal untuk jualan online bagi pemula juga tidak terlalu mudah loh! Kamu harus melewati prosesnya dan juga tantangannya. Nah, makanya berikut ini kita bakalan bahas, beberapa tantangan pedagang olshop jika ingin usaha onlinenya laku keras. Jadi, langsung simak aja yuk!

Ini Tantangan Pedagang Olshop Jika Ingin Memulai Usaha!

Oh iya, tantangan pedagang online shop berikut ini juga berlaku loh jika kamu julan di situs belanja online, seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain sebagainya. Jadi, kamu harus siap-siap ya untuk melewati proses dan tantangannya!

1. Menentukan Pasar dari Produk

Tantangan Pedagang Olshop

Menentukan Pasar dari Produk

Tantangan pedagang olshop yang pertama adalah menentukan pasar dari produk yang akan dijual. Maksudnya di sini adalah kamu harus menentukan target dari online shop milik kamu. Jadi, kamu harus memikirkannya dengan matang. Supaya saat mulai dijual target tersebut tepat sasaran gaes.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan kualitas dari produk, harga dan lain sebagaianya. Selain itu, jika kamu ingin adanya reseller online shop, kamu pun harus memikirkannya dengan matang, harga berapa yang sesuai untuk reseller dari online shop kamu agar bisa sama-sama menguntungkan.

2. Membuat Branding yang Berbeda

Tantangan Pedagang Olshop

Membuat Branding yang Berbeda

Tantangan pedagang online shop yang kedua adalah membuat branding yang berbeda. Dengan adanya branding ini maka online shop kamu akan mudah dikenali oleh orang banyak bukan hanya pelanggan setiamu saja tapi juga calon pelanggan. Nah, branding yang unik atau berbeda dari yang lain ini biasanya memiliki daya tarik tersendiri.

Karena, di zaman era digital ini sesuatu yang unik dan berbeda dari yang lain akan mudah digemari. Makanya nggak heran kalau beberapa orang lebih suka belanja di online shop. Apalagi salah satu alasan belanja online begitu digemari, yaa karena barang yang tersedia merupakan barang istimewa yang tentunya belum tentu ada di offline store.

3. Punya Customer Care yang Responsif

Tantangan Pedagang Olshop

Punya Customer Care yang Responsif

Tantangan pedagang olshop yang ketiga adalah punya customer care yang responsif. Yups, ini juga menjadi salah satu tantangan terbesar dari pedagang olshop. Karena, seperti yang kita ketahui ya kalau pembeli merupakan raja, baik pembeli setia maupun calon pembeli. Oleh sebab itu, sudah seharusnya kita memberikan pelayanan yang terbaik.

BACA
Bahaya! Gula Darah Kamu Bisa Naik Jika Makan Makanan ini di Malam Hari

Salah satunya dengan merespon lebih cepat, kemudian memberikan produk yang berkualitas dan juga proses pengecekkan yang bagus. Sehingga, pembeli akan menjadi pelanggan setia kamu gaes. Apalagi kalau customer yang kamu miliki sangat responsif, sudah pasti kamu akan terhindar dari predikat modus penipuan online shop deh!

4. Membuat Calon Pembeli Menjadi Pelanggan Setia

Tantangan Pedagang Olshop

Membuat Calon Pembeli Menjadi Pelanggan Setia

Tantangan pedagang online shop yang keempat adalah membuat calon pembeli menjadi pelanggan setia. Nah, ini juga menjadi tantangan terbesar dari seorang pedagang online shop! Karena, pasti lebih banyak yang memilih memiliki online shop dengan pelanggan setia daripada memiliki offline store dengan modal yang besar.

Karena, dengan adanya pelanggan setia, online shop kamu akan tetap mendapatkan permintaan. Selain itu, pelanggan setia pasti akan merekomendasikan produk kamu kepada orang lain, karena dirinya juga merasa puas belanja di online shop kamu. Apalagi salah satu tips belanja online shop pun kamu harus melihat apakah pelanggan sebelumnya merasa puas atau tidak belanja di online shop kamu kamu.

5. Bersaing untuk Melakukan Promo

Tantangan Pedagang Olshop

Bersaing untuk Melakukan Promo

Tantangan pedagang olshop yang terakhir adalah bersaing untuk melakukan promo. Yups, seperti yang kita ketahui ya gaes untuk menarik perhatian calon pelanggan, kita harus memberikan layanan yang terbaik. Salah satunya dengan mengadakan promo atau giveaway.

Nah, untuk melakukan promo ini pastikan kamu sudah memikirkannya dengan matang. Jangan sampai kamu membuat promo malah merugikan online shop kamu loh! Oh iya, cara ini juga merupakan salah satu tips jualan online shop agar cepat laku. Soalnya online shop kamu akan dianggap sebagai online shop yang terpercaya.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih tantangan pedagang olshop saat ini. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel mengenai tantangan pedagang olshop ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih tantangan pedagang olshop saat ini. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai tantangan pedagang olshop ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top