Tech-Fun!

Cara Jadi Reseller Online Shop dengan Modal Kecil

Cara Jadi Reseller

Salah satu part time yang cocok untuk anak kuliahan selain berjualan online shop, bisa juga sebagai reseller. Apalagi menjadi reseller tidak membutuhkan modal yang cukup banyak. Selain itu, kebiasaan masyarakat Indonesia yang suka belanja online bisa menjadi peluang besar untuk kamu menjadi reseller.

Dan yang paling penting, menjadi reseller tidak akan mengganggu waktu kuliaah. Reselller merupakan orang yang menjual kembali produk dari supplier dengan selisih harga yang besar dari harga suppliernya.

Jika sebelumnya kita sudah membahas cara jualan online dan banyak juga yang menjadi reseller dan kamu harus bersaing. Mending kamu baca artikel cara jadi reseller berikut ini deh gaes!

Mau Jadi Reseller Sukses? Coba Ikuti Cara Jadi Reseller Berikut Ini!

Oh iya, kamu jangan lupa juga ya untuk membaca artikel tips jualan online di media sosial. Karena, dengan mengikuti tips tersebut, dijamin kamu akan sukses juga menjadi reseller online shop di media sosial!

1. Siapkan Uang Tabungan

Cara Jadi Reseller

Siapkan Uang Tabungan

Cara jadi reseller yang pertama adalah dengan menyiapkan uang tabungan kamu. Yups, seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau sistem reseller adalah menjual kembali produk dari supplier yang dipilih.

Oleh sebab itu, kamu diwajibkan untuk menyetok produk yang akan dijual. Jadi, dengan begitu kamu harus memiliki uang atau modal yang cukup untuk bisa menyetok produk yang akan dijual.

Tapi, tenang aja supplier tidak memaksa kamu untuk membeli semua produknya. Jadi, kamu bisa membeli beberapa produk terlebih dahulu. Oh iya, biasanya kalau reseller menyetok produk dengan jumlah yang cukup besar, maka supplier akan memberikan diskon juga.

Jadi, pastikan kamu sudah menyiapkan uang tabungan yang digunakan sebagai modal awal ya gaes.

2. Pilih Produk yang Akan Dijual

Cara Jadi Reseller

Pilih Produk yang Akan Dijual

Cara kedua menjadi reseller adalah dengan memilih produk yang akan dijual. Nah, ini juga penting banget! Kamu harus membaca target pasar terlebih dahulu sebelum menjadi reseller, dengan begitu kamu bisa menentukan produk apa sih yang akan dijual.

Oh iya, pastikan juga produk yang kamu jual merupakan produk yang berkualitas ya gaes. Nah, kamu bisa memilih produk dengan brand yang populer, supaya lebih mudah ketika memasarkannya.

3. Cari Supplier yang Tepat

Cara Jadi Reseller

Cari Supplier yang Tepat

Cara jadi reseller online shop yang ketiga adalah dengan mencari supplier yang tepat. Point ini sangat penting banget loh gaes! Karena, sudah banyak orang atau pembeli yang tertipu dengan modus penipuan jualan online gitu, tidak kecuali para reseller.

Karena, sistemnya kamu harus menyetok barang, maka kamu akan membeli beberapa produk dari supplier. Jadi, sebelum memilih supplier, pastikan kamu sudah mencari tahu latar belakang si supplier tersebut.

Hal ini bertujuan agar terhindar dari penipuan. Selain itu, untuk memandingkan beberapa supplier yang terbaik. Jadi, perhatikan juga ya dalam memilih supplier gaes.

4. Tentukan Harga Produk

Cara Jadi Reseller

Tentukan Harga Produk

Cara keempat untuk menjadi reseller online adalah dengan menentukan harga yang akan dijual. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau sistem penjualan reseller adalah si reseller menyantumkan selisih harga yang lebih dari harga supplier.

Oh iya, biasanya beberapa supplier juga ada yang menentukan harga untuk reseller agar kamu bisa bersaing dengan reseller lainnya. Oleh sebab itu, kamu harus mencari tau kisaran harga dari produk yang akan kamu jual tersebit gaes.

5. Tentukan Sistem Pelayanan

Cara Jadi Reseller

Tentukan Sistem Pelayanan

Cara menjadi reseller online shop yang kelima adalah kamu harus menentukan sistem pelayanan. Nggak hanya sistem pelayanan aja sih gaes, kamu juga harus menentukan sistem metode pembayaran untuk pembeli.

Nah, untuk menentukan sistem pelayanan ini bisa berupa jam pemesanan, format pembelian, aplikasi chatting untuk melakukan pembelian. kemudian bisa juga cara pengirimannya menggunakan apa saja dan lain sebagaianya.

Sedangkan untuk metode pembayaran, kamu bisa memilih metode pembayaran yang mudah kamu akses. Contohnya transfer uang melalui bank, transfer pulsa, transfer uang melalui minimarket dan lain sebagainya.

Jika kamu sudah menentukan sistem pelayanan dan juga metode pembayaran, maka kamu akan lebih mudah saat berjualan gaes. Karena, sistem yang sudah kamu tentukan jelas dan pembeli merasa pelayanan kamu baik dan memuaskan.

BACA
Cara Melihat Wajah Orang yang Telah Mencuri HP Kamu

6. Pelajari Cara Kerja Kompetitor

Cara Jadi Reseller

Pelajari Cara Kerja Kompetitor

Cara keenam menjadi reseller online shop adalah dengan mempelajari cara kerja kompetitor. Yups, seperti yang kita ketahui ya gaes kalau menjadi reseller itu banyak yang minat atau menekuninya. Oleh sebab itu kamu akan memiliki kompetitor atau saingan.

Nah, semakin banyak kompetitor maka akan semakin sulit kamu bersaingannya, begitupun sebaliknya. Jadi, dengan begitu kamu harus mencatat siapa aja nih kompetitor kamu.

Kemudian lihat apa keunggulan dan juga kekurangan dari kompetitor tersebut. Jika ada kekurangan cobalah kamu untuk menerapkan dan mencari solusi dari kekurangan tersebut. Jika ada kelebihannya, kamu bisa amati, lalu tiru dan juga lupa untuk dimodifikasi ya gaes.

7. Tawarkan Produk ke Orang Terdekat

Cara Jadi Reseller

Tawarkan Produk ke Orang Terdekat

Cara jadi reseller yang ketujuh adalah dengan menawarkan produk ke orang terdekat terlebih dahulu. Nah, karena kamu baru merintis usaha sebagai reseller, pasti kamu membutuhkan testimoni kan sebagai barang bukti kalau kamu merupakan reseller terpercaya.

Oleh sebab itu, cobalah untuk menawarkan ke orang-orang terdekat seperti saudara, sahabat, teman kuliah maupun kerja. Kemudian minta mereka untuk memberikan testimoni dari produk yang kamu jual.

Lebih untung lagi, kalau orang terdekat tersebut membantu mempromosikannya ke orang terdekat mereka juga atau di aplikasi media sosial yang mereka miliki secara gratis.

8. Promosikan Produk di Media Sosial

Cara Jadi Reseller

Manfaatkan Aplikasi Belanja Online

Cara kedelapan untuk menjadi reseller online shop adalah dengan mempromosikan produk yang kamu jual di media sosial seperti Instagram. Kenapa demikian? Karena, saat ini media sosial merupakan wadah untuk membantu kamu memperkenalkan produk yang akan dijual.

Apalagi saat ini sudah banyak orang yang mendapatkan uang dari media sosial hanya dengan berjualan online shop aja loh gaes. Jadi, jangan sampai kamu menyia-nyiakan kekuatan dari media sosial ya gaes.

Oh iya, kamu juga bisa membuat akun jualan sendiri, agar tidak tercampur dengan akun pribadi. Jadi, nanti kamu tinggal coba cara mendapatkan followers Instagram dengan cepat aja deh gaes.

9. Manfaatkan Aplikasi Belanja Online

Cara Jadi Reseller

Promosikan Produk di Media Sosial

Cara jadi reseller online shop selanjutnya adalah dengan memanfaatkan aplikasi belanja online. Sama seperti point sebelumnya, selain mempromosikan produk kamu di media sosial, kamu juga harus memanfaatkan beberapa aplikasi atau situs belanja online.

Karena, dengan adanya akun di aplikasi belanja online ini, akan meningkatkan kepercayaan dan rasa aman untuk calon pembeli. Selain itu, dengan menggunakan aplikasi atau situs tersebut terdapat chat room langsung dan metode pembayaran yang aman.

Keunggulan lainnya jika menggunakan aplikasi atau situs belanja online adalah terdapat banyak promo, diskon bahkan cashback yang bisa membuat calon pembeli tergiur.

10. Adakan Promo atau Giveaway

Cara Jadi Reseller

Adakan Promo atau Giveaway

Cara menjadi reseller online shop yang berikutnya adalah dengan mengadakan promo atau giveaway. Oh iya, cra ini bisa kamu lakukan ketika produk yang kamu jual memang sudah menghasilkan keuntungan yang lumayan besar ya gaes.

Kenapa harus ada giveaway atau promo? Karena, dengan adanya promo dan giveaway ini sebagai bentuk rewards kamu terhadap pelanggan setia dari produk yang kamu jual.

Kemudian promo dan giveaway ini, bisa meningkatkan minat calon pembeli untuk membeli produk kamu. Jika kamu ingin mengadakan giveaway, pastikan kamu memberikan hadiah yang menarik namun dilengkapi dengan tantangan juga, supaya lebih berasa effort dari pelanggan kamu gaes.

So, bagaimana sobat pintar? Mudah banget kan cara jadi reseller online shop saat ini. Oh iya, jangan lupa bagikan artikel cara jadi reseller online shop ini ke sobat pintar yang lainnya ya.

Supaya mereka yang mau jadi reseller juga tau bagaimana sih cara jadi reseller yang sukses. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai artikel cara jadi reseller online shop ini, langsung aja ya gaes tulis di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top