Kepo

7 Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang dan Penyebabnya!

Home / Kepo / Lifestyle / 7 Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang dan Penyebabnya!

Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang

Salah satu tanda tubuh kelelahan dalam bekerja, kamu mengalami nyeri dan sakit pada sendi, otot maupun tulang pada salah satu anggota tubuh. Contohnya seperti nyeri tulang tangan, nyeri tulang kaki dan nyeri tulang belakang.

Umumnya nyeri tulang belakang ini terjadi karena kamu terlalu lama duduk, postur tubuh ketika duduk membungkuk, kurang minum air dan lain sebagainya. Nah, makanya nih kali ini kami akan membahas gimana cara mengatasi nyeri tulang belakang beserta penyebabnya!

Penyebab Tulang Belakang Terasa Nyeri dan Sakit

Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang

Penyebab Tulang Belakang Terasa Nyeri dan Sakit

Sebelum membahas gimana sih cara menyembuhkan tulang belakang terasa nyeri, kamu perlu tau dulu nih apa aja yang menyebabkan tulang belakang kamu terasa sakit dan nyeri.

Karena dengan begitu kamu bisa terhindar rasa sakitnya kambuh kembali. Karena rasa sakit di tulang belakang bisa membuat kamu kurang nyaman. Apalagi jika kamu abaikan tanpa penanganan dimana bisa menjadi masalah serius.

  1. Kelelahan beraktivitas.
  2. Terlalu banyak mengangkat beban.
  3. Terlalu banyak tidur atau jarang beraktivitas.
  4. Terlalu lama duduk.
  5. Obesitas atau kelebihan berat badan.
  6. Stres yang berlebihan.
  7. Cedera otot tulang belakang.
  8. Patah tulang.
  9. Tidur dalam posisi yang tidak benar.
  10. Gangguan postur tubu (Lordosis, Kifosis dan Skoliosis).
  11. Faktor usia.
  12. Osteoporosis.
  13. Osteoarthritis.
  14. Kanker tulang, dll.

Ini Cara Mengobati Nyeri Tulang Belakang!

Setelah mengetahui apa aja yang menjadi fakto tulang belakang terasa sakit, maka kamu harus segera mengobatinya dengan mengikuti cara-cara berikut ini!

1. Segera Beristirahat

Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang

Segera Beristirahat

Cara mengatasi nyeri tulang belakang yang pertama adalah segera beristirahat. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kalau tulang belakang kamu sakit bisa jadi karena kamu terlalu kelelahan dan kebanyakan mengangkat beban.

Oleh sebab itu, untuk meredakan rasa sakitnya kamu bisa beristirahat secukupnya hingga rasa nyerinya berkurang. Hindari begadang atau tidur larut malam. Jika kamu sulit tidur cepat, kamu bisa melakukan meditasi untuk mengatasi susah tidur.

2. Kompres dengan Air Dingin

Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang

Kompres dengan Air Dingin

Cara mengatasi nyeri tulang belakang berikutnya adalah dengan mengompres menggunakan air dingin. Sama seperti cara mengatasi nyeri pada tulang kaki, ketika tulang belakang kamu terasa nyeri kamu bisa kompres terlebih dahulu.

Kompres menggunakan air dingin yang dibalut dengan handuk bersih selama 15 menit. Kompres ini mampu meredakan peradangan yang terjadi pada tulang belakang kamu.

3. Pijat dengan Obat Gosok

Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang

Pijat dengan Obat Gosok

Cara mengatasi nyeri tulang belakang selanjutnya adalah dengan pijat menggunakan obat gosok. Tulang belakang terasa sakit kemungkinan karena kamu kelelahan atau terbentur benda.

Nah, untuk mengatasinya kamu bisa memberikan pijatan lembut menggunakan obat gosok. Cara ini juga efektif untuk mengatasi nyeri otot di paha loh gaes!

4. Minum Obat Pereda Nyeri

Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang

Minum Obat Pereda Nyeri

Cara meredakan rasa nyeri tulang belakang berikutnya adalah dengan minum obat pereda nyeri. Sama seperti cara mengatasi sendi di bahu, ketika kamu merasakan tulang belakang nyeri kamu bisa minum obat pereda nyeri.

Obat pereda nyeri seperti paracetamol, naproxen dan ibuprofen ini dijual bebas di apotik maupun di aplikasi online shop. Karena memang obat ini bisa kamu beli tanpa harus menggunakan resep dokter.

5. Olahraga Ringan

Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang

Olahraga Ringan

Cara meredakan rasa nyeri tulang belakang selanjutnya adalah dengan berolahraga ringan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kalau penyebab tulang belakang sakit kerana kamu jarang bergerak atau kebanyakan tidur.

Oleh sebab itu, kamu disarankan untuk berolahraga. Salah satu olahraga yang bisa menyembuhkan rasa nyeri tulang belakang adalah yoga. Nah, kamu bisa memanfaatkan aplikasi yoga, jika belum tau gerakannya.

6. Lakukan Fisioterapi

Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang

Lakukan Fisioterapi

Cara menyembuhkan nyeri tulang belakang berikutnya adalah dengan melakukan fisioterapi. Fisioterapi ini merupakan salah satu tindakan rehabilitas yang berguna untuk memulihkan fisik yang mengalami cedera.

Selain itu, fisioterapi ini berguna untuk mencegah dan menghindari risiko fisik mengalami cacat. Fisioterapi ini hanya boleh dilakukan oleh ahlinya. Jadi kalau masih terasa sakit lebih baik diterapi saja ya gaes!

7. Tindakan Medis

Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang

Tindakan Medis

Cara menyembuhkan nyeri tulang belakang terakhir adalah dengan melakukan tindakan medis. Jika kamu sudah melakukan terapi fisik atau fisioterapi namun tidak kunjung sembuh, lebih baik kamu segera melakukan tindakan medis.

Karena bisa ada kemungkinan terjadinya kelainan atau masalah serius pada tulang belakang kamu. Jadi jangan ditunda untuk berobat ke rumah sakit atau klinik. Oh iya, kamu juga bisa berkonsultasi online melalui aplikasi tanya jawab dokter.

So, itulah beberapa cara mengatasi nyeri tulang belakang yang bisa kamu lakukan. Nah, kamu sudah pernah coba cara mengatasi sakit tulang belakang yang mana aja nih gaes? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top