Tech-Fun!

Awas Penipuan! Ini Cara Mengetahui Email Phising yang Berbahaya

Cara Mengetahui Email Phising

Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya, salah satu tips menghindari terkena serangan hacker adalah dengan membuka email mencurigakan seperti email phising. Nah, email phising ini biasanya berupa email tautan yang kerap kali digunakan untuk hacking Instagram orang lain.

Nah, biar media sosial maupun perangkat kamu tidak diretas oleh hacker, kamu harus tau nih ciri-ciri email phising. Karena, sampai saat ini masih banyak yang belum tau kayak gimana sih email phising itu. Jadi, langsung aja nih disimak cara mengetahui email phising berikut ini!

Berikut Cara Mengetahui Email Phising yang Berbahaya

Oh iya, email phising kayak gini paling sering dilakukan oleh hacker gadungan loh! Karena, tidak memerlukan skill coding. Sehingga, siapapun bisa membuatnya. Jadi, kamu harus berhati-hati dengan mengetahui ciri-ciri seperti berikut ini!

1. Email yang Berisikan untuk Meminta Informasi

Cara Mengetahui Email Phising

Email yang Berisikan untuk Meminta Informasi

Cara mengetahui email phising yang pertama adalah kamu harus tau kalau email yang berisikan tentang permintaan informasi itu bisa jadi email phising. Karena, seperti yang kita ketahui, kalau instansi resmi pasti hampir tidak pernah meminta informasi melalui email.

Salah satu contoh informasinya seperti meminta password, tanggal lahir, nama ibu, nomor kartu kredit, kata sandi rekening bank maupun nomor wajib pajak. Jadi, jangan sampai kamu login ketika dikirimkan lampiran tersebut. Karena, memang hal tersebut merupakan informasi yang paling sering dicuri hacker.

2. Email Resmi Selalu Menggunakan Nama

Cara Mengetahui Email Phising

Email Resmi Selalu Menggunakan Nama

Cara mengenali email phising yang kedua adalah kamu harus tau kalau email resmi selalu menggunakan nama ketika mengirimkan kamu email. Yups, jika kamu mendapati email yang tidak menggunakan nama lengkap kamu atau nama email, patut dicurigai nih gaes. Karena, biasanya email phising dikirimkan secara serentak.

Sehingga si hacker menggunakan nama umum seperti yang terdapat pada gambar. Padahal instusi resmi pasti akan menggunakan nama lengkap kamu. Sekalipun kamu pernah mengubah nama akun di Gmail gaes. Jadi, kalau ada email kayak gini abaikan aja deh!

3. Email Resmi Menggunakan Domain Email Sendiri

Cara Mengetahui Email Phising

Email Resmi Menggunakan Domain Email Sendiri

Cara mengetahui email phising yang ketiga adalah email resmi biasanya menggunakan domain email sendiri. Selain kamu harus memeriksa penggunaan nama, kamu juga harus teliti nih pengirim email menggunakan email resmi atau tidak.

Karena, instusi resmi pasti memiliki domain email resmi dan bukan menggunakan email gratisan seperti Gmail. Karena, untuk membuat akun Gmail, siapapun bisa membuatnya dengan mudah dan juga gratis. Sedangkan domain email resmi, harus berbayar. Jadi, lebih teliti lagi ya gaes jika mendapatkan email.

BACA
Cara Main Mobile Legends di PC atau Laptop (100% Works)

4. Isi Email Memaksa untuk Klik Suatu Situs

Cara Mengetahui Email Phising

Isi Email Memaksa untuk Klik Suatu Situs

Cara mengenali email phising yang keempat adalah isi email tersebut berisikan email yang memaksa untuk klik suatu situs. Jika kamu sudah cek poin sebelumnya, kemudian isi emailnya meminta kamu untuk klik atau membuka situs, lebih baik jangan dibuka gaes.

Karena, biasanya email yang menampilkan hyperlink atau tautan ini berisikan situs palsu dan bisa saja perangkat kamu langsung mendownload file yang sudah dimasukkan ke dalam situs tersebut. Jangan sampai kamu download file yang berisikan virus yang bisa mencuri data ya.

Karena, kalau sudah terinfeksi akan sulita banget gaes untuk dicegah. Walaupun kamu sudah menggunakan aplikasi antivirus terbaik sekalipun, tetap saja kamu perlu berhati-hati ketika mendapatkan email phising seperti ini.

5. Email Resmi Tidak Pernah Melampirkan File Mencurigakan

Cara Mengetahui Email Phising

Email Resmi Tidak Pernah Melampirkan File Mencurigakan

Cara mengetahui email phising yang terakhir adalah email resmi biasanya tidak pernah melampirkan file yang mencurigakan. Jika kamu sudah melihat tanda-tanda sebelumnya sama dan terdapat lampiran file, kamu jangan sampai download maupun ekstrak file tersebut.

Karena, bisanya file tersebut berisikan salah satu jenis virus komputer yang berbahaya dan tentunya bisa mencuri informasi yang terdapat di PC maupun smartphone kamu gaes. Apalagi kalau format awalnya berbeda dengan format ketika kamu sudah mengekstraknya. Jadi, lebih teliti lagi ya gaes ketika mendapatkan email seperti ini.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih cara mengetahui email phising yang berbahaya. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai cara mengetahui email phising yang berbahaya ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih cara mengetahui email phising yang berbahaya. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai cara mengetahui email phising yang berbahaya ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top