Tech-Fun!

WASPADA! Ini 5 Informasi yang Paling Sering Dicuri Hacker

Informasi yang Paling Sering Dicuri Hacker

Seperti yang kita ketahui ya kalau salah satu jenis hacker yang ada di dunia ini ada yang baik dan juga ada yang jahat. Hacker yang jahat ini biasanya disebut Black Hat karena meretas sesuatu untuk kepentingannya sendiri dan merugikan orang yang diretas. Kalau sudah bisa meretas biasanya memang hacker handal bukan lagi hacker gadungan.

Untuk itu kamu harus waspada dengan informasi yang ada disimpan digital, walaupun kamu menggunakan smartphone paling aman dari serangan hacker pun bisa saja informasi kamu diretas dan disalahgunakan. Nah, kamu juga harus tau nih informasi yang paling sering dicuri hacker berikut ini!

WASPADA! Ini 5 Informasi yang Paling Sering Dicuri Hacker

Salah satu yang membuat orang ingin menjadi hacker adalah untuk bisa mendapatkan beberapa informasi orang lain, adapun informasi yang ingin didapatkan seperti berikut ini!

1. Nomor Identitas

Informasi yang Paling Sering Dicuri Hacker

Nomor Identitas

Informasi yang paling sering dicuri hacker yang pertama adalah Nomor Identitas. Yups, kalau di Indonesia, nomor identitas ini merupakan Nomor Induk Kependudukan atau NIK yang biasanya terdapat di KTP atau Kartu Keluarga. KTP ini diperlukan bukan hanya berfungsi untuk membuka HP yang terkunci aja, tapi bisa juga digunakan untuk membuat dokumen penting.

Salah satunya kamu bisa membuat akun bank, membayar pajak, melamar pekerjaan, maupun registrasi kartu telepon. Informasi ini sering dicuri hacker untuk mendapatkan informasi penting lainnya seperti tempat tinggal kamu, maupun data diri lengkap kamu dan bisa saja disalahgunakan.

2. Nomor Akun Finansial

Informasi yang Paling Sering Dicuri Hacker

Nomor Akun Finansial

Informasi yang sering dicuri hacker yang kedua adalah nomor akun finansial. Di zaman serba digital ini nggak heran, kalau semuanya sudah dilakukan menggunakan teknologi terbaru, tidak terkecuali di bidang finansial atau keuangan. Nah, nomor akun finansial yang sering dibobol organisasi hacker antara lain nomor rekening, kartu debit, kredit dan lain sebagainya.

Jika mereka sudah mendapatkan nomor akun finansial milik kamu, bisa saja mereka menyalahgunakannya untuk kepentingan pribadi seperti berbelanja di salah satu situs belanja online. Kemudian kamu mendapatkan tagihan yang cukup besar, padahal kamu tidak merasa membeli apapun.

3. PIN Akun Bank

Informasi yang Paling Sering Dicuri Hacker

PIN Akun Bank

Informasi yang paling sering dicuri hacker yang ketiga adalah PIN akun bank. Yups, masih ada hubungannya dengan point sebelumnya nih! Pernah mendengar salah satu berita hacker wanita cantik di dunia yang bisa membobol rekening bank salah satu orang terkaya di negaranya? Yups, itu benar adanya loh gaes.

Karena, jika seorang hacker sudah mendapatkan salah satu nomor akun finansial kamu, bisa saja mereka mencoba menduga-duga dengan cara mencoba beberapa password untuk PIN akun bank kamu. Dengan begitu, mereka bisa langsung mengambil semua uang yang ada di tabungan kamu!

4. Nomor Paspor

Informasi yang Paling Sering Dicuri Hacker

Nomor Paspor

Informasi yang sering dicuri hacker yang keempat adalah Nomor Paspor. Sama seperti nomor induk kependudukan yang ada di KTP. Jika kamu pernah membuat paspor secara online maupun offline, waspada yaa kalau data paspor milik kamu dicuri oleh hacker. Karena, di paspor informasi kamu terdata dengan jelas.

Nah, bisa aja informasi yang terdapat di paspor tersebut malah disalahgunakan oleh si hacker. Seperti contohnya hacker memanupulasi foto atau data yang ada di paspor, jika mereka melakukan perbuatan jahat, kamu yang akan disalahkan. Apalagi paspor ini berhubungan langsung dengan perjalanan internasional. Jadi, tetap waspada ya gaes!

5. Tempat dan Tanggal Lahir

Informasi yang Paling Sering Dicuri Hacker

Tempat dan Tanggal Lahir

Informasi yang paling sering dicuri hacker yang terakhir adalah informasi mengenai tempat dan tanggal lahir. Pasti kalian tau dong salah satu tips membuat password itu tidak disarankan menggunakan tempat dan tanggal lahir? Yups, pada kenyataannya banyak yang menggunakan tempat dan tanggal lahir untuk membuat password loh.

Nah, informasi yang sering digali oleh hacker adalah informasi mengenai tempat dan tanggal lahir kamu. Karena, dengan infomasi tersebut mereka bisa mencoba menebak password yang kamu gunakan untuk akun penting kamu termasuk akun aplikasi media sosial yang kamu miliki.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih informasi yang paling sering dicuri hacker. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel mengenai informasi yang paling sering dicuri hacker ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih informasi yang paling sering dicuri hacker. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai informasi yang paling sering dicuri hacker ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top