Tech-Fun!

5 Tips Menghindari Terkena Serangan Hacker

Tips Menghindari Terkena Serangan Hacker

Seperti yang kita ketahui kalau sekarang ini sudah banyak situs yang digunakan untuk belajar hacking. Jadi, siapapun bisa dengan mudah menjadi hacker, walaupun bukan lulusan IT. Bahkan salah satu hacker wanita tercantik dan hacker terganteng di dunia, belajar hacking melalui internet secara otodidak.

Adapun tujuan mereka belajar hacking pun bermacam-macam. Ada yang ingin mendapatkan infomasi penting. Salah satu informasi yang paling sering sering dicuri hacker adalah nomor akun finansial serta passwordnya. Karena, dengan nomor tersebut, hacker bisa membobolnya.

Oleh sebab itu, kamu harus mengikuti tips menghindari terkena serangan hacker berikut ini! Supaya kamu tidak merasa dirugikan gaes.

Wajib Diterapkan! Ini Tips Menghindari Terkena Serangan Hacker

Walaupun ada jenis hacker yang hanya ingin mengetahui sampai tingkat mana sistem keamanan yang kamu gunakan, tetap saja kamu harus mencegahnya. Makanya ikuti tips menghindari terkena serangan hacker berikut ini!

1. Jangan Menggunakan Password yang Mudah Ditebak

Tips Menghindari Terkena Serangan Hacker

Jangan Menggunakan Password yang Mudah Ditebak

Tips menghindari terkena serangan hacker yang pertama adalah jangan menggunakan password yang mudah ditebak. Yups, ini yang paling sering dilakukan kebanyakan orang. Biasanya mereka menggunakan password yang mudah ditebak dengan menggunakan tanggal lahir atau yang ada hubungannya dengan angka kesukaan.

Perlu kamu ketahui gaes, untuk membuat password yang kuat itu jangan sampai mudah ditebak ya. Kalau kamu bingung dalam membuat password, coba deh dengan mencari tau tips membuat password yang aman. Supaya terhindar dari serangan hacker.

2. Atur Software Update di Smartphone dan PC Menjadi Otomatis

Tips Menghindari Terkena Serangan Hacker

Atur Software Update di Smartphone dan PC Menjadi Otomatis

Tips menghindari serangan hacker yang kedua adalah dengan mengatur software update di smartphone dan PC menjadi otomatis. Seperti yang kita ketahui pengembang sistem operasi akan terus menerus mengembangkan softwarenya. Hal ini bertujuan untuk memperkuat sistem keamanannya.

Dengan begitu, nggak akan ada celah untuk hacker membobol sistem keamanan. Nah, makanya gaes kalau kamu sudah mematikan update Windows, Android maupun iOS mending segara diatur menjadi otomatis ya. Tujuannya agar software kamu lebih up to date.

3. Jangan Membuka Email Spam

Tips Menghindari Terkena Serangan Hacker

Jangan Membuka Email Spam

Tips menghindari terkena serangan hacker yang ketiga adalah jangan membuka email spam. Perlu kamu ketahui nih gaes, kalau ternyata hacker bisa aja loh menyerang kamu melalui email. Bahkan hacker asal Indonesia pun sering melakukan ini loh. Biasanya email penyerangan ini berbentuk spam.

BACA
Indonesia Termasuk! Ini Negara Paling Toxic di Dunia Game

Oleh sebab itu, jika kamu mendapatkan email spam yang berupa link phising mending jangan dibuka atau diklik gaes. Oh iya, email spam tersebut juga bisa aja loh langsung menginstal malware maupun virus yang membahayakan sistem PC maupun smartphone kamu gaes.

4. Gunakan Gadget yang Memiliki Keamanan Paling Tinggi

Tips Menghindari Terkena Serangan Hacker

Gunakan Gadget yang Memiliki Keamanan Paling Tinggi

Tips menghindari serangan hacker yang keempat adalah dengan menggunakan gadget yang memiliki keamanan paling tinggi. Tidak bisa dipungkiri ya gaes, kalau semakin lama seri gadget yang digunakan maka akan semakin rentan juga keamanan sistemnya. Karena, perkembangan teknologi semakin pesat, sudah pasti sistem keamanan akan dikembangkan.

Makanya, untuk menghindari terjadinya penyerangan oleh hacker, kamu harus menggunakan gadget terbaru atau yang sudah memiliki sistem keamanan yang tinggi. Misalnya kamu bisa menggunakan smartphone paling aman dari serangan hacker. Jadi, kamu nggak perlu khawatir akan disadap atau dicuri informasinya.

5. Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

Tips Menghindari Terkena Serangan Hacker

Menggunakan VPN (Virtual Private Network)

Tips menghindari terkena serangan hacker yang terakhir adalah dengan menggunakan Virtual Private Network atau yang sering kita kenal aplikasi VPN. Mengapa harus menggunakan VPN? Karena, ketika kamu mengkoneksikan gadget kamu dengan WiFi umum, maka hacker akan lebih mudah mencuri informasi melalui WiFi tersebut.

Oleh sebab itu, kamu memerlukan aplikasi VPN agar titik WiFi publik diganti dan koneksi kamu dienkripsi oleh VPN. Sehingga para hacker handal maupun hacker gadungan nggak bisa membacanya gaes. Jadi, nggak ada salahnya juga kok kalau kamu menggunakan aplikasi VPN di Android, iPhone maupun PC.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan gimana sih tips menghindari terkena serangan hacker dengan mudah. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai tips menghindari terkena serangan hacker ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau gimana sih tips menghindari terkena serangan hacker. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai tips menghindari terkena serangan hacker ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top