Lifestyle

Bikin Malu! Ini Cara Menghilangkan Kebiasaan Tidur Mangap

cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap

Tidur merupakan salah satu aktifitas untuk mengistirahatkan badan dari kegiatan sehari-hari agar esok harinya mempunyai energi yang cukup. Banyak orang yang memiliki kebiasaan tidur yang unik. Salah satunya adalah dengan mematikan lampu saat tidur.

Selain itu, ada juga yang terbiasa tidur mangap atau mulut terbuka. Memang tidak bisa dipungkiri, kalau tidur dengan mulut yang mangap sangat memalukan ketika kita tertidur di tempat lain atau ketika orang lain melihat kita tidur sambil mangap.

Tapi, kamu tenang aja! Sekarang kamu tinggal ikuti cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap berikut ini agar gak malu-maluin saat tidur di tempat umum!

Cara Menghilangkan Kebiasaan Tidur Mangap Biar Nggak Bikin Malu!

Salah satu masalah orang saat tidur adalah insomnia atau tidak bisa tidur cepat. Oleh sebab itu, terciptalah aplikasi untuk mengatasi insomnia. Sayangnya, zaman yang serba canggih ini belum tersedia aplikasi untuk menghilangkan tidur mangap.

Tapi tenang, kamu bisa kok mengikuti cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap berikut ini gaes!

1. Cobalah dengan Menaikkan Kepala

cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap

Cobalah dengan Menaikkan Kepala

Cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap yang pertama adalah dengan mencoba menaikkan kepala. Maksudnya adalah coba kamu gunakan beberapa bantal untuk kepala kamu agar posisi kepala lebih tinggi dibandingkan badan.

Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya hidung tersumbat. Karena, jika hidung tersumbat maka saluran pernapasan akan menjadi terbuka. Oleh sebab itu, untuk mencegahnya adalah dengan menaikkan kepala saat akan tidur.

2. Rutin Melatih Pernapasan

cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap

Rutin Melatih Pernapasan

Cara kedua untuk menghilangkan kebiasaan tidur mangap adalah dengan rutin melatih pernapasan. Mungkin hal ini berguna jika kamu terlalu sering menggunakan mulut sebagai alat utama untuk bernafas. Nah, kamu bisa mencoba melatih pernafasan melalui hidung gaes.

Soalnya kalau kamu terus menerus bernafas lewat mulut, maka kamu tidak bisa menghilangkan kebiasaan tidur mangap. Nah, untuk melatihnya cobalah dengan menutup mulut dan bernafas secara teratur melalui hidung.

3. Olahraga yang Teratur

cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap

Olahraga yang Teratur

Cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap yang ketiga adalah dengan olahraga yang teratur. Nah, ini juga menjadi salah satu cara paling efektif untuk menghilangkan kebiasaan tidur mangap. Selain melatih pernafasan, dengan berolahraga kamu juga bisa melatih hidung sebagai alat untuk bernafas.

BACA
RIP English! 10 Kesalahan Penulisan Bahasa Inggris yang Bikin Ngakak!

Dengan begitu, kamu akan terbiasa menggunakan hidung sebagai alat utama untuk bernafas dibandingkan mulut. Selain itu, olahraga rutin juga bisa mencegah kamu terkena kanker yang paling mematikan juga loh gaes. Seperti kanker, tumor dan lain sebagainya.

4. Cobalah dengan Tidur Posisi Miring

cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap

Cobalah dengan Tidur Posisi Miring

Cara keempat untuk menghilangkan kebiasaan tidur mangap adalah dengan mencoba tidur posisi miring atau tengkurep. Selain meninggikan kepala, kamu bisa coba dengan tidur miring. Karena, biasanya saat tidur terlentang, lebih sering membuat mulut menjadi terbuka.

Hal ini disebabkan karena area muka kamu lebih leluasa. Nah, cara menghindarinya cukup dengan tidur mirip agar kamu mendapatkan posisi tidur yang nyaman, sehinggan bernafas lebih teratur melalui hidung.

5. Kurangi Aktifitas yang Melelahkan

cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap

Kurangi Aktifitas yang Melelahkan

Cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap yang terakhir adalah dengan mengurangi aktifitas yang melelahkan. Hal yang wajar sih seseorang tidur mangap karena kelelahan seharian beraktifitas. Hal ini disebabkan karena pernafasan melalui hidung lebih terkuras.

Oleh sebab itu, tubuh akan bereaksi membuka mulut untuk bernafas saat akan tidur. Jadi, untuk menghilangkan kebiasaan tidur mangap, cobalah untuk istirahat yang secukupnya ya gaes dan jangan terlalu diporsir dalam  melakukan hal apapun sampai kelelahan.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap dengan jitu. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau gimana sih cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap dengan jitu. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai cara menghilangkan kebiasaan tidur mangap ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya ­čÖé

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top