Lifestyle

Waspada! 6 Jenis Kanker Paling Mematikan di Indonesia

Kanker paling mematikan di Indonesia

Belum lama Indonesia berduka atas meninggalnya Pak Sutopo selaku ketua BNPB Indonesia, meninggal dunia akibat menderita kanker paru-paru. Nah, kamu tau nggak gaes, ternyata kanker merupakan salah satu kematian tertinggi ke 3 di Indonesia.

Menurut Departemen Kesehatan Republik Indonesia penyebab kematian akibat kanker ini disebabkan karena pola makan yang tidak sehat. Apalagi kalau kamu mengkomsumsi makanan yang bisa menyebabkan kanker seperti alkohol, lebih baik dikurangi ya gaes.

Oh iya, kalau kamu sudah merasakan gejala kanker juga harus segera diperiksa jangan sampai sudah di stadium akhir, kamu baru memeriksanya. Karena, kanker merupakan penyakit langka yang sulit untuk disembuhkan. Apalagi kalau sudah mengidap kanker paling mematikan di Indonesia berikut ini!

Banyak yang Meninggal! Ini 6 Kanker Paling Mematikan di Indonesia

Jangan lupa ya gaes, untuk menjaga kesehatan dan rutin periksa kesehatan. Jangan sampai kamu terkena kanker paling mematikan di Indonesia berikut ini!

1. Kanker Paru-Paru

Kanker paling mematikan di Indonesia

Kanker Paru-Paru

Kanker paling mematikan di Indonesia yang pertama adalah kanker paru-paru. Kabarnya kanker ini merupakan kanker peringkat pertama yang menelan kematian paling banyak di Indonesia, khususnya laki-laki yang merupakan perokok aktif.

Kanker ini awalnya bermula di pari-paru kemudian menyebar ke bagian tubuh lainnya. Oh iya, penderita kanker paru-paru juga bukan hanya perokok aktif aja, tapi juga bisa menyerang perokok pasif, yang setiap harinya menghirup asap rokok.

2. Kanker Payudara

Kanker paling mematikan di Indonesia

Kanker Payudara

Kanker kedua yang paling mematikan di Indonesia adalah Kanker Payudara. Kanker ini memang sering menyerang umur yang sudah menopause namun tidak menutup kemungkinan wanita muda mengidap penyakit kanker payudara loh gaes.

Kanker ini akan menyerang wanita yang memiliki garis keturunan yang mengidap kanker ini, wanita gemuk maupun wanita yang selalu mengkomsumsi alkohol. Jika kamu mengidap kanker payudara staidum 1 pun masih bisa dapat hidup hingga 5 tahun dan ada kemungkinan bisa disembuhkan juga.

3. Kanker Usus (Kolorektal)

Kanker paling mematikan di Indonesia

Kanker Usus (Kolorektal)

Kanker paling mematikan di Indonesia yang ketiga adalah Kanker Usus atau Kolorektal. Kanker ini lebih banyak mengintai untuk orang-orang yang sudah berumur gaes. Tapi, tidak menutup kemungkinan kanker ini merupakan keturunana, orang yang mengkomsumsi alkohol, perokok aktif dan pengidap obesitas.

Banyak orang yang belum mengetahui gejala kanker ini, makanya jarang ada orang yang melakukan tes screening. Oh iya, kabarnya orang yang mengidap kanker usus akan bertahan hidup tidak lama loh gaes. Hii serem ya!

4. Kanker Hati

Kanker paling mematikan di Indonesia

Kanker Hati

Kanker keempat yang paling mematikan di Indonesia adalah Kanker Hati. Sama halnya dengan kanker yang sebelumnya, kanker hati ini lebih mudah menyerang untuk orang yang memiliki usia sudah tua atau sekitar 67 tahun ke atas.

BACA
Daftar Paket Nelpon Murah Tri Terbaru 2018

Penyebab kankeer hati pun biasanya merupakan keturunan, mengkomsumsi alkohol, terkena infeksi kronis dari penyakit Hepatitis B dan C. Kanker hati juga ada kaitannya loh dengan penyakit liver, obesitas dan kelebihan lemak. Karena, di dalam hati terdapat berbagai macam sel sehingga kanker bahkan tumor lebih mudah menyerang bagian tubuh ini.

5. Kanker Serviks

Kanker paling mematikan di Indonesia

Kanker Serviks

Kanker paling mematikan di Indonesia yang kelima adalah Kanker Serviks. Kanker ini memang menyerang wanita karena kanker ini berasal dari virus Human Papillomavirus. Awalnya kanker serviks ini akan mendapati kutil di kelamin wanita, kemudian akan timbul beberapa gejala lainnya.

Kanker ini sebenarnya masih bisa dicegah jika kamu melakukan tes Pap Smear untuk mengetahui adanya perubahan pada sel leher rahim. Jika kamu tidak tes dan ternyata mengidap kanker hingga stadium lanjut maka kesempatan bertahan hidup akan mengecil.

Banyak yang juga mengatakan kalau memakan kulit ayam dan bagian lainnya bagi wanita akan lebih terkena kanker ini. Makanya banyak yang menyebutkan bagian tubuh ayam tersebut tidak boleh dimakan jika tidak ingin kena kanker.

6. Kanker Prostat

Kanker paling mematikan di Indonesia

Kanker Prostat

Teakhir kanker yang paling mematikan di Indonesia adalah Kanker Prostat. Pria akan lebih retan terkena kanker prostat pada usia 50 tahun. Kanker ini nggak hanya menyerang orang Indonesia aja tapi Asia bahkan Afrika juga. Kabarnya pria yang sering makan daging merah juga akan rentan terkena kanker ini.

Apalagi kalau jarang sekali makan buah-buahan dan sayuran, resiko terkena kanke Prostat lebih besar. Padahal sayuran termasuk makanan pencegah kanker loh. Oh iya, pria yang terkena kanker ini akan sulit untuk bertahan hidup loh apalagi kalau sudah di stadium akhir, makanya kamu juga harus rutin tes kesehatan ya gaes.

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja kanker paling mematikan di Indonesia. Oh iya, jangan lupa ya untuk share artikel daftar kanker paling mematikan di Indonesia ini.

Supaya teman kamu bisa mencegah terkenanya kanker paling mematikan di Indonesia ini. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai kanker paling mematikan di Indonesia ini, bisa langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top