Kepo

5 Hal Buruk yang Terjadi Jika Tidur dengan Lampu Menyala

Home / Kepo / Lifestyle / 5 Hal Buruk yang Terjadi Jika Tidur dengan Lampu Menyala

Hal Buruk yang Terjadi Jika Tidur dengan Lampu Menyala

Sejauh ini ternyata banyak orang yang mengalami keluhan mengenai tidurnya. Contohnya seperti tidur mengigau, tidur sambil berjalan dan lain sebagaianya. Dengan gejala penyakut seperti itu akan membuat seseorang tidak bisa tidur dengan nyenyak.

Makanya salah satu penelitian mengatakan, tips untuk bisa tidur dengan nyenyak adalah dengan tidur mematikan lampu tidur. Kenapa harus dengan lampu dimatikan? Karena, tidur dengan lampu menyala, Kamu akan mengalami hal buruk berikut ini!

Suka Tidur dengan Lampu Menyala? Kenali Hal Buruknya Berikut Ini!

Nah, manfaat mematikan lampu saat tidur itu untuk menghindari hal-hal buruk berikut ini gaes.

1. Obesitas

Hal Buruk yang Terjadi Jika Tidur dengan Lampu Menyala

Obesitas

Hal buruk yang pertama adalah bisa menyebabkan obesitas. Fakta ini dipublikasikan oleh National Institute of Health yang di mana perempuan tidur dengan lampu dan TV yang menyala akan terjadi 17% mengalami peningkatan berat badan.

Selain itu, faktor lainnya tidur dengan lampu menyala bisa mempengaruhi seseorang untuk makan di waktu malam. Hal tersebut sama bahayanya dengan keseringan minum soda, sehingga menyebabkan obesitas.

2. Depresi

Hal Buruk yang Terjadi Jika Tidur dengan Lampu Menyala

Depresi

Berikutnya hal buruk yang akan terjadi bisa menyebabkan depresi. Seperti yang Kita ketahui, kebiasaan yang membuat orang depresi karena tidur dengan lampu menyala. Hal ini disebabkan karena cahaya di malam hari bisa meningkatkan perubahan fisiologis.

3. Meningkatkan Tekanan Darah

Hal Buruk yang Terjadi Jika Tidur dengan Lampu Menyala

Meningkatkan Tekanan Darah

Selanjutnya bisa meningkatkan tekanan darah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika tidur dengan lampu menyala akan mempengaruhi orang untuk makan malam.

Nah, gula darah bisa naik jika makan makanan di malam hari. Selain itu, akan terjadi penurunan melatonin yang menyebabkan tekanan darah meningkat secara signifikan.

4. Siklus Tidur Menjadi Tidak Teratur

Hal Buruk yang Terjadi Jika Tidur dengan Lampu Menyala

Siklus Tidur Menjadi Tidak Teratur

Hal buruk yang akan terjadi saat tidur dengan lampu menyala selanjutnya adalah membuat siklus tidur menjadi tidak teratur. Jika Kamu termasuk seseorang yang susah tidur di malam hari, mungkin bisa hindari menyalakan lampu saat tidur.

Hal ini disebabkan karena cahaya menekan produksi melatonin yang di mana Kamu akan kesulitan untuk bangun di pagi hari sehingga dampaknya akan menurunkan kesehatan dan siklus tidurmu.

5. Hormon Tidak Seimbang

Hal Buruk yang Terjadi Jika Tidur dengan Lampu Menyala

Hormon Tidak Seimbang

Terakhir adalah membuat hormon tidak seimbang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tidur dengan lampu menyala bisa menghasilkan hormon kelenjar pineal yang disebut melatonin.

Hormon ini memicu anggota vital tubuh lainnya  untuk tetap aktif. Makanya nggak heran jika tekanan darah naik, reproduksi terganggu, menyebabkan tubuh menjadi gemuk dan lain sebagainya. Karena memang hormonnya sedang tidak seimbang.

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang Kamu sudah tau kan hal yang akan terjadi jika tidur dengan lampu menyala. Oh iya, jangan lupa ya untuk share artikel ini ke teman-teman Kamu lainnya.

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top