Kepo

CATAT, Ini Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Efektif!

Home / Kepo / Lifestyle / CATAT, Ini Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Efektif!

Cara Menurunkan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi berbahaya yang dapat menyerang siapa saja. Penyakit ini memang jarang menimbulkan gejalan, namun dapat meningkatkan risiko penyakit turunan seperti jantung, stroke, hingga kematian. Maka dari itu, penting untuk cegah kondisi darah tinggi ini sebelum terlambat.

Nah, kali ini TipsPintar akan berikan informasi terkait cara menurunkan darah tinggi dengan cepat dan efektif. Kira-kira apa saja cara-caranya? Pastikan Kamu simak penjelasan ini sampai habis ya!

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Cepat

Kondisi darah tinggi memang gak boleh dianggap remeh, perlu pencegahan sesegera mungkin sebelum kondisi makin memburuk. Berikut Kami telah merangkum beberapa tips untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang dapat Kamu coba.

1. Menjaga Pola Makan

Menjaga Pola Makan

Menjaga Pola Makan

Langkah pertama yang dapat Kamu lakukan untuk menurunkan darah tinggi adalah dengan menjaga pola makan.

Yap, buat Kamu yang merasakan gejala tekanan darah tinggi dalam tubuh Kamu, hindari makanan-makanan yang dapat memicu kondisi tersebut jadi semakin parah, seperti menghindari makanan asin secara berlebih, makanan berlemak, gula, dan makanan penyebab darah tinggi lainnya.

2. Rutin Olahraga

Rutin Olahraga

Rutin Olahraga

Selain menjaga pola makan, menjaga tubuh agar tetap bugar dengan melakukan olahraga juga penting dalam mencegah resiko darah tinggi.

Olahraga yang disarankan untuk mengurangi resiko tekanan darah tinggi antara lain, adalah jogging ringan, bersepeda, berenang, dan juga yoga. Kamu bisa mengulangi aktivitas tersebut selama 3 hingga 5 kali dalam seminggu.

Jika Kamu sudah lama atau jarang berolahraga, coba untuk melakukan macam-macam pergerakan tersebut secara bertahap di rumah saja dengan mengandalkan bantuan dari aplikasi olahraga yang dapat diinstall pada smartphone Kamu. Hal tersebut guna mencegah terjadinya cedera.

3. Kontrol Stres

Kontrol Stress

Kontrol Stress

Saat Kamu sedang berada dalam kondisi stres maka otomatis tekanan darah mu juga akan ikut meningkat. Maka, kontrol diri sangat diperlukan dalam mengatasi permasalahan kesehatan tersebut. Cobalah untuk melakukan hal-hal positif yang dapat meredakan stres, seperti dengan streaming film, mendengarkan musik, meditasi, atau yoga.

4. Terapkan Diet DASH

Diet DASH

Diet DASH

Diet DASH menjadi salah satu cara lain untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang bisa Kamu coba. Diet ini sendiri berfokus pada pengurangan garam, gula, dan juga lemak dengan meningkatkan asupan buah, sayur, serta karbohidrat lain pengganti nasi seperti gandum.

Berikut ini jumlah sajian dari setiap makanan pada program diet DASH yang bisa Kamu coba:

  • Biji-bijian (6-8 sajian): Pilihan biji-bijian utuh seperti roti gandum, sereal, pasta gandum, beras cokelat, atau pun oatmel
  • Sayuran (4-5 sajian): Sayuran mengandung kalori dan lemak yang rendah, jadi bagus untuk menjaga tekanan darah.
  • Buah (4-5 sajian): satu sajian buah bisa terdiri dari satu buah apel dan jeruk atau sekitar 150 gram jus buah.
  • Yogurt tanpa lemak: Satu cup yogurt tanpa lemak bisa di konsumsi setiap hari.
  • Kacang-kacangan (5 sajian perminggu).

Diet DASH bukan hanya sekadar diet untuk menurunkan tekanan darah, tetapi juga merupakan pendekatan makanan sehat yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung secara keseluruhan. Adopsi pola makan seperti ini juga dapat membantu dalam manajemen berbagai kondisi kesehatan lainnya, seperti diabetes dan penyakit jantung.

5. Berhenti Merokok

Tidak Merokok

Tidak Merokok

Kebiasaan merokok bukan hanya menyebabkan permasalahan kesehatan yang serius bagi paru-paru, tapi juga berdampak pada tekanan darah penggunanya.

Yap, rokok sendiri dapat meningkatkan jumlah kolestrol jahat dan lemak dalam darah, hal tersebutlah yang dapat membuat tekanan darah pada tubuh perokok aktif meningkat.

Kandungan nikotin pada rokok juga dapat menyempitkan pembuluh darah sehingga jantung berdetak lebih cepat.

6. Tidak Mengonsumsi Alkohol

Kurangin Alkohol

Kurangin Alkohol

Cara lain untuk menurunkan darah tinggi, adalah dengan tidak mengomsumsi alkohol atau mulai berhenti jika Kamu termasuk orang yang suka mengonsumsinya.

Alkohol sendiri dikaitkan erat pada kondisi terkanan darah. Bahkan, dari riset yang sudah dilakukan, mengonsumsi alkohol terus menerus selama beberapa hari dapat meningkatkan tekanan darah secara berkelanjutan dan berisiko tinggi menjadi hipertensi kronis.

7. Konsumsi Makanan Kaya Potasium

Makanan Kaya Potasium

Makanan Kaya Potasium

Kalium merupakan mineral penting yang membantu tubuh Kamu untuk membuang natrium sekaligus mengurangi resiko tekanan darah. Nah, untuk mendapatkan keseimbangan kalium dan natrium yang lebih baik dalam makanan, fokuslah untuk makan lebih sedikit makanan olahan dan lebih banyak makanan segar serta utuh.

Berikut ini, beberapa makanan menurunkan darah tinggi yang kaya akan kalium:

  • Sayuran, terutama sayuran berdaun hijau, tomat, kentang, dan ubi jalar.
  • Buah, termasuk melon, pisang, alpukat, jeruk, dan aprikot.
  • Susu dan yogurt.
  • Tuna dan salmon
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Kacang polong

Mengonsumsi buah dan sayuran segar yang kaya akan potasium juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

8. Mengurangi Konsumsi Kafein

Kurangi Kafein

Kurangi Kafein

Jika Kamu termasuk orang yang menyukai kopi, maka Kamu harus mengetahui fakta berikut ini! Yap, kandungan cafein dalam sebuah kopi dinilai mampu memicu reaksi tekanan darah meningkat.

Namun belum banyak bukti yang menunjukkan bahwa meminum kafein secara teratur dapat menyebabkan peningkatan yang bertahan lama. Faktanya, orang yang minum kopi atau teh berkafein cenderung memiliki risiko penyakit jantung lebih rendah, termasuk tekanan darah tinggi, dibandingkan mereka yang tidak meminumnya.

Kafein juga dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah jangka pendek. Namun, bagi banyak orang, hal itu tidak menyebabkan peningkatan yang bertahan lama.

Nah, itulah beberapa cara menurunkan darah tinggi yang dapat Kamu coba. Namun, ada baiknya Kamu konsultasi dengan dokter jika merasa mengidap kondisi masalah kesehatan yang satu ini.

Kira-kira bahas apalagi, nih? Coba tulis di kolom komentar ini ya!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top