Tips

10 Cara Paling Ampuh Cegah Virus Masuk Smartphone Kamu

10 Cara Paling Ampuh Cegah Virus Masuk Smartphone Kamu 6

Musuh utama dari smartphone adalah virus. Virus memang sesuatu hal yang paling menyebalkan. Pasalnya jika smartphone sudah terkena virus, smartphone kamu mungkin smartphone menjadi lambat atau suka mati sendiri.

Wah, sangat bahaya sekali virus itu. Untuk itu kamu harus memperhatikan agar smartphone tidak masuk virus. TipsPintar.com akan memberitahu kamu cara untuk mencegah virus masuk ke smartphone.

BACA
10 Tanda Smartphone Kamu Terinfeksi Virus atau Malware

Berikut Cara Mencegah Virus Masuk ke Smartphone

Sangat penting melindungi smartphone dari serangan virus. Maka dari itu, kamu harus simak baik-baik artikel ini.

1. Unduh Aplikasi di Tempat Terpercaya

Unduh di Tempat Terpercaya

Unduh di Tempat Terpercaya

Cara pertama adalah mengunduh aplikasi di tempat terpercaya. Jika kamu mengunduh aplikasi dari situs luar, maka smartphone kamu bisa saja terkena virus. Situs luar tidak akan menjamin bahwa aplikasi tersebut tidak terdapat virus.

Pasalnya, aplikasi yang berada di situs luar tidak menjamin aman dari virus. Sedangkan jika kamu mengunduh aplikasi dari tempat terpercaya, seperti Google Play Store atau App Store itu sudah dipastikan aman dari virus.

Baca Juga: 7 Hal Fatal Akibat Download Aplikasi Android di Luar Play Store

2. Hindari Aplikasi yang Mencurigakan

Aplikasi Berbahaya

Aplikasi Berbahaya

Cara selanjutnya adalah hindari aplikasi yang mencurigakan. Aplikasi yang mencurigakan pasti memiliki virus yang berbahaya. Aplikasi ini biasanya ter-install secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan kamu sendiri.

Untuk itu, kamu harus menghapus dari aplikasi yang mencurigakan agar smartphone aman dari virus yang mencoba menyerang atau mengambil data penting yang ada si smartphone kamu.

Baca Juga: 6 Ciri Smartphone Android yang Terjangkit Virus

3. Memanfaatkan Fitur Keamanan Perangkat

Keamanan Perangkat

Keamanan Perangkat

Cara selanjutnya adalah memanfaatkan fitur keamanan dari smartphone kamu. Ketika kamu meng-install aplikasi yang mencurigakan, maka fitur ini akan memperingatkan bahwa aplikasi tersebut berbahaya atau memiliki virus di dalamnya.

Ketika sedang meng-install aplikasi lalu muncul sebuah peringatan bahwa aplikasi tersebut memiliki sebuah virus yang akan merusak smartphone kamu. Untuk itu, kamu harus sangat mengaktifkan fitur ini di smartphone.

Baca Juga: 10 Aplikasi Password Manager Terbaik di Android

4. Hindari Aplikasi yang Memutuhkan Akses Pribadi

Akses Data Pribadi

Akses Data Pribadi

Cara selanjutnya adalah hindari aplikasi yang membutuhkan akses pribadi. Jika kamu pernah meng-install aplikasi pasti akan meminta perizinan seperti membutuhkan akses pribadia agar aplikasi tersebut bisa di-install.

Dengan memberikan izin untuk mengakses data pribadi, virus akan dengan mudah masuk ke dalam smartphone dan akan mengambil data penting kamu. Jadi ketika ada aplikasi yang memubutuhkan izin akses pribadi, sebaiknya kamu tolak yah.

5. Mengecek Nama Pengembang dari Aplikasi

Nama Pengembang Aplikasi

Nama Pengembang Aplikasi

Cara selanjutnya adalah mengecek dari nama pengembang aplikasi. Setiap aplikasi pasti memiliki nama pengembangnya atau nama pembuat dari aplikasi tersebut. Jika kamu men-download tapi tidak ada nama pengembangnya, sebaiknya jangan kamu lanjutkan.

Pasti akan terdapat virus yang sangat berbahaya ketika kamu men-download-nya. Sama halnya dengan aplikasi yang memiliki nama pengembangnya. Kamu harus tetap mengeceknya, apa nama pengembang tersebut terkenal atau tidak.

6. Berhati-hati Ketika Memindahkan Data dari Smartphone atau Laptop

Transfer Data

Transfer Data

Cara selanjutnya adalah berhati-hati ketika memindahkan data smartphone maupun laptop. Ketika sedang melakukan transfer data, kamu harus berhati-hati. Mungkin saja data yang akan ditransfer terdapat virusnya.

Jika data tersebut terdapat virus, maka virus dengan mudah masuk ke perangkat kamu. Untuk itu, kamu harus memperhatikan benar bahwa data yang akan dipindahkan aman dari virus yang berbahaya.

Baca Juga: 10 Tips Penting Agar Smartphone Tidak Terinfeksi Virus

7. Waspada Ketika Membuka Situs

Iklan di Smartphone

Iklan di Smartphone

Cara selanjutnya adalah waspada ketika membuka situs. Mungkin kamu suka membuka situs untuk bahan refrensi atau yang lainnya. Namun, ketika kamu membuka situs. Kamu harus tetap waspada kepada situs tersebut.

Pasalnya ada saja virus yang ada di setiap situs, terlebih lagi jika muncul iklan aneh atau berbahaya yang mungkin virus sudah mulai masuk ke dalam smartphone kamu, Untuk itu, jangan membuka situs yang aneh-aneh ya sobat pintar.

Baca Juga: Cara Ampuh Blokir Semua Iklan di Android (Tanpa Root)

8. Hati-hati dalam menggunakan WiFi Gratis

WiFi Gratis

WiFi Gratis

Cara selanjutnya adalah hati-hati dalam menggunakan WiFi yang gratis. Memang ketika sedang tidak memiliki paket internet tapi ingin tetap berinternetan, paling pas menggunakan WiFi terlebih lagi jika itu gratis.

Namun, kamu harus tetap mewaspadai  ketika sedang menggunakan WiFi ini. Pasalnya smartphone kamu mungkin terkena virus secara langsung. Jadi jangan senang terlebih dahulu ketika menggunakan WiFi secara gratis.

Baca Juga: 6 Hal Bahaya Akibat Menggunakan WiFi Gratis Sembarangan

9. Gunakan Antivirus Terbaik

Gunakan Antivirus

Gunakan Antivirus

Cara selanjutnya adalah menggunakan antivirus terbaik. Jika smartphone kamu sudah terdapat virus, kamu bisa membersihkanya dengan antivirus. Selain itu, antivirus juga akan melindungi smartphone dari virus.

Dengan adanya antivirus, smartphone kamu akan aman dan ketika sedang membuka situs atau meng-install aplikasi yang dikiranya terdapat virus. Maka antivirus secara otomati memberikan pemberirahuan kemana smartphone bahwa terdapat virus.

Antivirus Gratis atau Berbayar Ukuran File Link
AMC Security Gratis 11MB Download
AVG Gratis 18MB Download
Avast Gratis 17MB Download
Bitdefender Gratis 5,5MB Download
Malwarebytes Gratis 30MB Download

10. Update OS Smartphone

Upgrade OS Smartphone

Upgrade OS Smartphone

Cara terakhir adalah update OS smartphone. Setiap smartphone pasti memiliki OS yang dapat melindungi dari data serangan virus jahat yang mencoba menyerang smartphone kamu.

Jika kamu meng-update OS smartphone. Pastinya OS tersebut memiliki pertahanan yang lebih maksimal ketimbang OS sebelumnya. Namun, kamu harus perhatikan spesifikasi smartphone kamu ketika ingin meng-update OS.

Nah, itu dia 10 Cara Paling Ampuh Cegah Virus Masuk Smartphone Kamu. Jika kamu memiliki saran atau pendapat lain. Silahkan berikan di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak yang tahu.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top