Intermezzo

Film Kartun Islami yang Wajib Ditonton Selama Ramadhan

Home / Intermezzo / Film Kartun Islami yang Wajib Ditonton Selama Ramadhan

Film Kartun Islami yang Wajib Ditonton Selama Ramadhan

Menonton film menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan. Banyak orang yang rela pergi ke bioskop untuk menonton film terbaru di bioskop dan banyak juga yang hanya streaming film di dalam rumah.

Nah, karena bulan Ramadhan sudah tiba, alangkah baiknya kalau waktu yang tersedia kita gunakan untuk melakukan hal-hal yang berguna ya gaes! Misalnya, mengisi waktu dengan menonton film sejarah Islam yang akan membuat Kamu menjadi tau, apa yang terjadi di masa lalu.

Kali ini TipsPintar akan merekomendasikan film kartun Islam yang bisa Kamu tonton untuk mengisi waktu luang Kamu selama Ramadhan. Apa aja sih? Langsung aja yuk disimak sampai habis!

Rekomendasi Kartun Islam yang Wajib Ditonton Saat Ramadhan

Berikut rekomendasi kartun Islam yang bisa Kamu tonton untuk mengisi waktu luang Kamu. Disimak sampai habis ya!

1. Nussa & Rara

Film Kartun Islami yang Wajib Ditonton Selama Ramadhan

Nussa & Rara

Selain bermain game edukasi Islam, menonton kartun bernuansa Islam juga bisa menambah pengetahuan loh gaes. Nah, kartun pertama yang wajib Kamu tonton saat bulan Ramadhan adalah Nussa & Rara.

Nussa & Rara merupakan kartun karya anak bangsa yang bertema nuansa Islam. Sejak pertama kali tayang di YouTube, kartun Nussa berhasil menempati posisi trending nomor 2 dalam beberapa minggu. Animasi ini dinilai edukatif karena sangat mengkedepankan nilai-nilai keislaman.

Baca Juga : Nisa & Musa: The Adventure of Ramadhan, Game Petualangan untuk Menyebarkan Kebaikan!

2. Ali & Sumaya

Film Kartun Islami yang Wajib Ditonton Selama Ramadhan

Ali & Sumaya

Kartun Islam selanjutnya adalah Ali & Sumaya yang diproduksi oleh Imanimation Studios. Sama seperti series kartun lainnya. Ali & Sumaya menceritakan tentang kakak-adik yang selalu mencari tau tentang ilmu di dalam agamanya.

Dari situlah Kamu bisa belajar bersama dengan Ali & Sumaya dan mencari tau tentang ilmu-ilmu dalam agama Islam.

Baca Juga : 20 Film Animasi Anak Terbaik yang Wajib Ditonton!

3. Alif Alya

Film Kartun Islami yang Wajib Ditonton Selama Ramadhan

Alif Alya

Alif Alya merupakan salah satu kartun hasil kerjasama Alif Alya Indonesia, Indonesia Animasi Teknologi, dan HHK Animation Academy. Seri kartun ini berpusat pada tokoh bernama Alif dan Alya dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Di setiap kisahnya, Alif Alya lebih menonjolkan masalah akhlak atau perilaku. Alif Alya mengajak Anak-anak yang menonton kartun ini untuk mengikuti apa yang dicontohkan oleh karakter utama.

Seperti tolong menolong, mengawali kegiatan dengan berdoa dan juga menghormati orangtua. Selain itu, Alif dan Alya juga menyediakan banyak lagu anak-anak yang sudah hampir tidak terdengar lagi di Indonesia.

Baca Juga : Wajib Nonton! Ini 5 Kartun yang Bisa Mengasah Otak Anak-anak

4. Syamil dan Dodo

Film Kartun Islami yang Wajib Ditonton Selama Ramadhan

Syamil dan Dodo

Seri kartun Syamil dan Dodo awalnya bertujuan untuk menemani anak-anak pada bulan Ramadhan. Animasi ini juga berhasil mendapatkan penghargaan dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) sebagai tontonan paling  berkualitas.

Animasi ini menceritakan tentang persahabatan dua anak yaitu Dodo yang digambarkan sebagai anak dengan kepala botak dan ceria namun sering sekali bersikap jahil. Sedangkan karakter Syamil digambarkan sebagai anak yang pintar dan patuh.

Animasi ini mengajarkan pada anak-anak untuk menjaga persaudaraan sesama muslim. Setiap anak juga diharapkan mampu menangkap setiap pesan dalam film setelah selesai menyaksikan Syamil dan Dodo.

Baca Juga : 10 Game Islami yang Cocok Dimainkan di Bulan Ramadhan

5. Omar dan Hana

Film Kartun Islami yang Wajib Ditonton Selama Ramadhan

Omar dan Hana

Seri kartun islam yang satu ini berasal dari Negeri Jiran. Dengan kualitas yang tidak kalah edukatif untuk anak. Meski karakter utamanya adalah Omar dan Hana, namun peran orangtua mereka di seri kartun ini juga tak kalah penting. Sebab orangtua Omar dan Hana terlihat sangat memperhatikan tumbuh kembang sang anak dan menanamkan ajaran Islam.

Mulai dari mengajari mengaji, salat, hingga doa sehari-hari. Agar mudah dihafal, terdapat lagu-lagu sederhana yang diperdengarkan pada setiap episodenya. Kartun ini sangat cocok untuk di tonton oleh anak-anak maupun orangtua.

Baca Juga : Gamers Wajib Nonton! Ini 7 Film yang Diangkat dari Game

6. Adit Sopo Jarwo

Film Kartun Islami yang Wajib Ditonton Selama Ramadhan

Adit Sopo Jarwo

Nah, kalian pasti udah gak asing ya gaes sama kartun yang satu ini. Film ini merupakan salah satu film petualangan yang menceritakan tentang keseharian Adit dan teman-temannya ketika sedang mencoba hal-hal baru.

Meskipun tema dari kartun ini cukup umum, tapi Adit Sopo Jarwo juga tidak lupa untuk menyisipkan nilai keislaman pada kartunnya. Sehingga kita bisa belajar sedikit demi sedikit dari karakter Pak Udstad yang selalu memberi nasihat kepada Sopo Jarwo dan pemain lainnya.

Baca Juga : WIBU Wajib Nonton! Ini 8 Film yang Diadaptasi dari Anime

7. Upin & Ipin

Film Kartun Islami yang Wajib Ditonton Selama Ramadhan

Upin & Ipin

Sama seperti Omar dan Hana, seri kartun Upin dan Ipin juga berasal dari Malaysia. Animasi Upin & Ipin ini merupakan salah satu animasi yang sangat terkenal di Indonesia.

Stasiun TV di Indonesia pun masih menayangkan Upin Ipin hingga sekarang. Upin & Ipini rilis perdana pada 2007 dan berpusat pada anak kembar yang bernama Upin dan Ipin. Karakter dari Upin & Ipin digambarkan seperti anak-anak pada umumnya, yang aktif dan suka bermain. Namun mereka juga antusias untuk belajar dan menghormati orangtua.

Beberapa episodenya pun mengajarkan nilai-nilai keislaman seperti sholat, puasa, mengaji, hingga sedekah. Selain itu, dihadirkan pula lagu-lagu  untuk membantu menghafal huruf hijaiyah atau doa sehari-hari.

Baca Juga : 10 Film Dokumenter Terbaik di 2019 (Wajib Nonton!)

Nah itu dia gaes beberapa film kartun yang wajib Kamu tonton selama bulan Ramadhan. Bagaimana menurut Kamu? Jangan lupa share artikel ini ke teman Kamu ya!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top