Lifestyle

7 Tips Cepat Agar Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri

tips mendapatkan beasiswa luar negeri

Salah satu jurusan kuliah yang paling menjanjikan pekerjaanya adalah kedokteran. Mengapa kedokteran? Karena, dokter merupakan salah satu profesi yang paling besar gajinya di Indonesia.

Tidak hanya itu, untuk dokter merupakan salah satu pekerjaan yang tidak akan tergantikan oleh teknologi apapun, khususnya dokter spesialist dan dokter bedah. Karena, jika dokter dalam bentuk robot yang mirip manusia akan lebih rentan kesalahannya.

Oleh sebab itu, banyak orang yang ingin menjadi dokter. Sayangnya biaya kuliah menjadi dokter relatif sangat mahal apalagi kuliahnya di luar negeri. Makanya banyak orang yang mencoba ikutan beasiswa luar negeri, agar bisa dibiayai penuh oleh penyelenggara.

Nah, pas banget nih gaes! Berikut ini kita bakalan bahas tips mendapatkan beasiswa luar negeri agar kamu bisa cepat mendapatkan pekerjaan jika menyandang status lulusan luar negeri.

Mau Kuliah di Luar? Coba Ikuti Tips Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri Berikut Ini!

Jika kamu ingin kuliah sambil bekerja di luar negeri juga bisa kok gaes. Apalagi kalau kamu mencoba part time anak kuliahan seperti menulis dan mengedit video. Dijamin kebutuhan kamu di luar negeri aman.

1. Memiliki Niat yang Kuat

tips mendapatkan beasiswa luar negeri

Memiliki Niat yang Kuat

Tips mendapatkan beasiswa luar negeri yang pertama adalah memiliki niat yang kuat. Karena, modal utam orang ingin sukses adalah memiliki niat yang kuat, tekat serta keyakinan penuh dalam dirinya.

Jika kamu merasa pesimis, maka kamu akan lebih cepat down sebelum melakukan tes beasiswa luar negeri. Oleh sebab itu, persiapkan diri kamu dan niat untuk meraih cita-cita kuliah di luar negeri. Apalagi kalau kamu ingin kuliah di kampus khusus gamers.

2. Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

tips mendapatkan beasiswa luar negeri

Tingkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Tips kedua mendapatkan beasiswa di luar negeri adalah dengan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Namanya juga mau kuliah di luar negeri, sudah pasti bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Nah, dengan meningkatkan bahasa Inggris kamu, maka kamu akan lebih optimis lagi untuk mendapatkan beasiswa.

Apalagi untuk mendapatkan beasiswa luar negeri kamu memiliki nilai TOEFL yang cukup. Jadi, jangan malas ya untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Jika kamu ingin lebih pintar bahasa Inggris, bisa menggunakan situs dan aplikasi belajar bahasa Inggris.

3. Tentukan Universitas yang Diminati

tips mendapatkan beasiswa luar negeri

Tentukan Universitas yang Diminati

Tips mendapatkan beasiswa luar negeri yang ketiga adalah dengan menentukan universitas yang diminati. Nah, pada bagian ini kamu harus benar-benar menimbang pilihan universitas yang kamu impinkan. Jangan sampai kamu salah jurusan saat memilih universitas.

Karena, dengan menentukan universitas pilihan kamu bisa mencari tau proses serta metode pembelajaran di universitas tersebut. Nggak cuma itu aja, kamu harus mencari tau budaya dari negara asal universitas tersebut.

Baca Juga: WOW! 5 Kampus di Indonesia ini Punya Jurusan Khusus Gamers

4. Pilih Negara yang Jumlah Peminatnya Sedikit

tips mendapatkan beasiswa luar negeri

Pilih Negara yang Jumlah Peminatnya Sedikit

Tips keempat mendapatkan beasiswa di luar negeri adalah pilih negera yang jumlah peminatnya paling sedikit. Mungkin ini bisa menjadi salah satu alternatif ketika kamu sudah menentukan pilihan universitas yang ingin dituju. Coba deh kamu pilih juga universitas yang di mana peminatnya sedikit.

Karena, semakin sedikit peminatnya maka akan semakin mudah dan banyak peluang untuk kamu mendapatkan beasiswa tersebut. Hal ini disebabkan karena saingan kamu dalam mendapatkan beasiswa lebih besar dibandingkan yang jumlah peminatnya paling banyak.

5. Buatlah Motivation yang Berbeda dari yang Lain

tips mendapatkan beasiswa luar negeri

Buatlah Motivation yang Berbeda dari yang Lain

Tips mendapatkan beasiswa luar negeri yang kelima adalah dengan membuat motivation yang berbeda dari yang lain. Seperti yang kita ketahui, untuk mendapatkan beasiswa kamu akan diperintahkan untuk membuat essay yang berisi motivation letter gitu.

Isi dari essay yang akan buat contohnya mengapa kamu memilih universitas atau negara tersebut dan memberikan beasiswanya kepada kamu. Nah, ini bagian yang memang sangat sulit, akan tetapi kamu harus jujur dalam membuatnya.

Karena, ini juga sebagai motivasi kamu dalam menyelesaikan pendidikan di luar negeri. Cobalah untuk membuat motivation letter yang berbeda dari yang lainnya agar hasil essay yang kamu buat terlihat menarik.

6. Segera Lengkapi Persyaratan

tips mendapatkan beasiswa luar negeri

Segera Lengkapi Persyaratan

Tips keenam untuk mendapatkan beasiswa luar negeri adalah kamu harus segera melengkapi persyaratan. Nah, ini juga penting banget gaes! Jika kamu sudah mengetahui ada kesempatan tes beasiswa luar negeri, kamu harus segera mempersiapkannya sebelum masa pendaftaran.

Karena, ketika kamu melengkapinya saat masa pendaftaran akan terkesan buru-buru. Dampak buruknya ada dokumen yang belum selesai diproses. Oleh sebab itu, kamu harus segera mempersiapkan persyaratannya dari jauh-jauh hari.

7. Belajar dengan Giat

tips mendapatkan beasiswa luar negeri

Belajar dengan Giat

Tips mendapatkan beasiswa luar negeri yang terakhir adalah kamu harus lebih giat lagi dalam belajar. Yups, ini bagian terpenting gaes, karena untuk tes beasiswa luar negeri itu sangat tidak mudah, kamu harus bersaing dengan orang pintar lainnya yang ada di Indonesia.

Jadi, jangan malas dalam belajar ya gaes. Karena, dengan belajar kamu bisa meningkatkan pengetahuan. Selain itu, kamu harus mengurangi dalam bermain media sosial agar tujuan kamu mendapatkan beasiswa luar negeri tercapai!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih tips mendapatkan beasiswa luar negeri. Nah, kamu juga jangan lupa ya untuk share tips mendapatkan beasiswa luar negeri ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga mendapatkan beasiswa ketika mencoba tips mendapatkan beasiswa luar negeri ini. Oh iya, kalau kamu punya point lainnya selain yang ada di tips mendapatkan beasiswa luar negeri di atas, bisa langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top