Kepo

5 Nama Penyakit Khas Orang Indonesia, Pasti Kamu Tau!

Home / Kepo / Lifestyle / 5 Nama Penyakit Khas Orang Indonesia, Pasti Kamu Tau!

Nama Penyakit Khas Orang Indonesia

Seperti yang Kita tau kelakuakn orang Indonesia kerap membuat orang bule menjadi heran. Kenapa? Karena, banyak hal yang dilakukan orang Indonesia dan tidak umum di dunia. Seperti makan harus dengan kerupuk dan sambal.

Dan banyak prilaku unik lainnya. Bahkan ada juga nama penyakit yang khas orang Indonesia, namun sebenarnya ada nama umumnya. Eits kecuali penyakit langka loh ya!

Hmm… kira-kira ada nama penyakit apa aja ya yang sering disebut orang Indonesia? Penasaran kan? Yuk disimak aja nih..

Nama Penyakit Khas Orang Indonesia, Siapa yang Sering Sebut Nama Ini?

Pasti Kamu dan keluargamu sering deh menyebut nama penyakit berikut ini.

1. Bintitan

Nama Penyakit Khas Orang Indonesia

Bintitan

Penyakit yang sering terjadi di area mata ini, lebih sering terjadi di kelopak mata bagian dalam maupun luar. Gejalanya pun adanya bengkak, mata merah, mata berair, mata terasa berat dan juga nyeri.

Salah satu mitos yang masih dipercaya dari zaman SD mengenai penyakit ini adalah karena suka mengintip orang mandi. Padahal penyakit ini disebabkan karena infeksi bakteri Staphylococcus.

2. Masuk Angin

Nama Penyakit Khas Orang Indonesia

Masuk Angin

Apapun penyakitnya pasti disebut masuk angin, yups itulah diagnosa orang tua sewaktu ada yang sakit. Padahal di dunia medis belum ada loh nama penyakit ini.

Kabarnya masuk angin karena tubuh Kita terlalu menyerap angin malam dan angin dari kipas angin atau terlalu lama di ruangan dingin. Gejala awalnya tubuh merasa tidak enak badan.

Kemudian akan muncul gejala seperti kembung, menggigil, lemas, demam, pegal, mual dan juga terlalu sering bersendawa. Nah, uniknya penyakit ini disembuhkan dengan metode kerokan atau kerik.

Padahal dalam dunia medis, penyakit ini hanya kondisi tubuh yang lemah atau terlalu kecapean. Makanya kalau Kamu sudah mulai muncul tanda tubuh kelelahan saat bekerja, lebih baik beristirahat.

3. Angin Duduk

Nama Penyakit Khas Orang Indonesia

Angin Duduk

Yups, penyakit ini hampir sama dengan masuk angin, bahkan gejala awalnya mirip dengan masuk angin. Nah, jika disertai dada terasa tertusuk atau nyeri hingga ke leher, punggung, lengan dan rahang maka orang Indonesia menyebutnya angin duduk.

Gejala lain dari angin duduk adalah adanya sesak napas, keringat dingin, mual dan pusing. Padahal di dalam dunia medis ini adalah penyakit “Angina Pectoris” yang di mana terjadinya penyempitan pembuluh darah jantung.

Penyakit ini adalah gejala awal dari penyakit jantung koroner. Jika tidak diobati dengan tepat maka bisa saja terjadi serangan jantung yang bisa menyebabkan kematian.

4. Bengek atau Mengi

Nama Penyakit Khas Orang Indonesia

Bengek atau Mengi

Selanjutnya ada bengek atau bisa disebut juga mengi. Penyakit ini merupakan kondisi di mana seseorang bernafas dengan mengeluarkan suara “ngik-ngik” atau seperti siualan. Penyakit ini terjadi karena terjadinya penyempitan jalur pernapasan.

Penyakit ini memiliki istilah medis yang beragam di antaranya Asma, Bronkitis, Pneumonia, Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK), Reaksi Anafilaktik dan juga kanker paru-paru.

Jika terjadi gejala lain seperti demam, sesak napas, batuk berdarah, nyeri di dada dan adanya perubahan warna kulit serta bibir kebiruan, maka Kamu harus segera berkonsultasi dengan dokter.

5. Cantengan

Nama Penyakit Khas Orang Indonesia

Cantengan

Berikutnya ada penyakit cantengan. Penyakit ini kerap terjadi di area kuku kaki dan kuku tangan. Penyakit cantengan ini disebabkan karena kuku yang tumbuh menekan kulit atau dalam medis disebut “Ingrown Nail“.

Sehingga area kulit tersebut mengalami bengkak dan sobek karena tertekan oleh kuku yang tumbuh. Walaupu sepele, penyakit ini bisa menyebabkan infeksi dan tumbuh jamur jika tidak ditangani dengan benar.

Oh iya penyebab cantengan biasanya karena Kamu memotong kuku terlalu pendek, menggunakan alas kaki yang sempit, tidak menjaga kebersihan kaki, kuku mengalami cedera, terinfeksi jamur, kuku tumbuh tidak beraturan. Makanya jangan sampai Kamu jarang mengganti kaos kaki ya!

So, bagaimana sobat pintar? Mana aja nih nama penyakit khas Indonesia yang sebelumnya belum Kamu dengar? Kalau ada tulis di kolom komentar ya.

Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-teman Kamu ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top