Lifestyle

Sering Disepelekan! Ini 5 Penyebab Menjadi Mudah Lupa

Penyebab Menjadi Mudah Lupa

Lupa merupakan salah satu proses dimana seseorang sedang kehilangan ingatan jangka pendek maupun jangka panjangnya. Walaupun lupa merupakan salah satu reaksi yang wajar di setiap manusia tapi tetap saja bisa merugikan untuk diri sendiri maupun orang lain.

Terlebih lagi kalau sudah lupa dengan password media sosial yang digunakannya seperti lupa password Facebook, lupa password laptop dan lain sebagainya. Pasti bakalan “kelabakan” deh ketika lupa password tersebut. Makanya nggak heran kalau sampai ada aplikasi password manager, khusus untuk orang yang mudah lupa.

Walaupun sudah ada aplikasi tersebut, tetap saja yang nama pelupa bisa merugikan. Oleh sebab itu, kamu harus tau nih penyebab kenapa bisa menjadi mudah lupa. Jadi, langsung aja disimak nih, penyebab menjadi mudah lupa berikut ini!

Sering Banget Disepelekan! Ini Penyebab Menjadi Mudah Lupa

Walaupun kamu sedang ingin melupakan mantan, tapi tetap saja kamu harus tau nih penyebab orang menjadi mudah lupa berikut ini.

1. Kurang Istirahat

Penyebab Menjadi Mudah Lupa

Kurang Istirahat

Penyebab menjadi mudah lupa yang pertama adalah kamu kurang istirahat atau tidur. Beberapa peneliti telah melakukan uji coba terhadap orang yang kurang tidur. Hasilnya beberapa dari mereka seperti kehilangan daya memorinya. Sehingga, mereka akan sulit mengingat apa yang terjadi.

Mungkin hal ini disebabkan karean gelombang otak yang tidak teratur. Sehingga memori yang terkumpul tidak maksimal alias tidak tersimpan. Makanya buat kamu mengidap insomnia, coba deh menggunakan aplikasi untuk mengatasi insomnia. Tujuannya biar kamu gak mudah lupa gaes.

2. Berlebihan dalam Mengkomsumsi Obat

Penyebab Menjadi Mudah Lupa

Berlebihan dalam Mengkomsumsi Obat

Penyebab orang menjadi mudah lupa yang kedua adalah terlalu berlebihan dalam mengkomsumsi obat. Yups, seperti yang kita ketahui, kalau saat ini sudah banyak obat tidur untuk membuat seseorang menjadi mudah tidur ketika mereka dalam keadaan cemas seperti saat mengalami sindrom patah hati.

Tapi, taukah kamu kalau salah satu efek samping dari menggunakan obat berlebihan itu bisa mengurangi daya ingat dan membuat penggunanya cepat lupa. Nggak cuma itu aja, mengkomsumsi obat terlalu sering bisa membuat ginjal kamu terkena penyakit.

Salah satu contohnya adalah terkena batu ginjal. Makanya banyak yang menghindari keseringan minum obat dan banyak juga yang mengalihkannya dengan makan makanan yang sehat untuk ginjal seperti teh, daging dan lain sebagainya.

3. Terlalu Banyak Mengkomsumsi Alkohol

Penyebab Menjadi Mudah Lupa

Terlalu Banyak Mengkomsumsi Alkohol

Penyebab menjadi mudah lupa yang ketiga adalah terlalu banyak mengkomsumsi alkohol. Ternyata bukan hanya obat-obatan aja sih yang bikin kamu cepat pikun tapi minuman beralkohol pun juga demikian. Mengapa demikian? Karena, menurut beberapa penelitian, alkohol bisa mengganggu otak untuk berkembang dan membentuk memori baru.

BACA
Cara Mengganti Tema LINE Tanpa Theme Changer

Oleh sebab itu, jika kamu termasuk pemabuk berat maka akan banyak kemungkinan daya memorinya ikut berkurang. Oh iya, berhenti minum alkohol nggak cuma bikin mengatasi daya ingat aja loh! Tapi bisa juga untuk mengatasi kebiasaan tidur mengigau.

4. Stres Berat

Penyebab Menjadi Mudah Lupa

Stres Berat

Penyebab orang menjadi mudah lupa yang keempat adalah kamu sedang dalam keadaan stres berat. Karena, menurut beberapa jurnal penelitian stres bukan hanya membuat seseorang mengalami kelelahan tubuh saat bekerja aja. Tapi, bisa juga mengurangi daya ingat seseorang.

Hal ini disebabkan karena stres mempengaruhi 2 area otak yang tugasnya untuk menjaga kemampuan memori. Makanya, nggak heran kalau orang stres, suka lupa sesuatu. Kalau sudah begini sih, mending buru-buru deh kamu atasi stres berat tersebut, sebelum terlambat.

5. Mengalami Trauma di Kepala

Penyebab Menjadi Mudah Lupa

Mengalami Trauma di Kepala

Penyebab menjadi mudah lupa yang terakhir adalah pernah mengalami trauma di kepala. Seperti yang kita ketahui, kalau orang yang mudah lupa bukan karena sedang mengalami gangguan mental, bisa saja sebelumnya sempat mengalami gangguan fisik seperti kecelakaan atau menggunakan sesuatu di kepala yang menyebabkan kepala mengalami kegagalan dalam fungsinya.

Contohnya seperti mengikat rambut dengan kencang. Seperti yang kita ketahui kalau salah satu dampak keseringan mengikat rambut dengan kencang bisa membuat area kepala mengalami trauma. Nah, efek sampingnya bisa membuat seseorang menjadi mudah lupa. Makanya gaes, rawat dan jaga kepalamu dengan baik ya! Karena, itu aset kamu loh.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih penyebab menjadi mudah lupa yang sering disepelekan orang-orang. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai penyebab menjadi mudah lupa ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih penyebab menjadi mudah lupa yang sering disepelekan orang-orang. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai penyebab menjadi mudah lupa ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top