Lifestyle

5 Permainan Tradisional yang Bisa Menggantikan Game Smartphone

Permainan Tradisional

Bermain game di smartphone memang sangat seru, apalagi kalau sedang ada waktu luang. Tapi, taukah kamu kalau game yang ada di Android itu menyebabkan kamu menjadi anti sosial. Karena, kamu terus terpaku dengan smartphone dan tidak memperdulikan sekitar.

Kalau sudah begini, bakalan timbul penyakit langka deh akibat kamu keseringan terpapar radiasi dari smartphone. Oleh sebab itu, kamu harus mengurangi penggunaan smartphone untuk bermain game ya gaes.

Nah, pas banget ni gaes! Berikut ini beberapa permainan tradisional di Indonesia yang dulu sangat populer banget dan bisa dijadikan sebagai pengganti kamu dalam bermain game di smartphone.

Jangan Main Smartphone Terus! Coba Main Permainan Tradisional Berikut Ini

Permainan tradisional ini lebih seru kok dibandingkan game Mobile Legends dan PUBG Mobile. Nah, coba langsung simak aja ada permainan tradisional apa saja yang bisa kamu mainkan.

1. Petak Umpet

Permainan Tradisional

Permainan Petak Umpet

Permainan tradisional yang bisa menggantikan game smartphone pertama adalah Petak Umpet. Permainan ini cukup terkenal loh gaes di Indonesia. Oh iya, permainan ini harus dimainkan minimal 3 orang anak.  Salah satu anak yang kalah dalam gambreng harus menjaga tembok dan menutup mata.

Setelah itu, ia harus menghitung sesuai perjanjian. Pemain lainnya harus bersembunyi selama penjaga sedang menghitung. Berikutnya, penjaga harus mencari orang yang merdeka untuk didaftarkan di atas tembok tempat berjaga.

Penjaga harus mencari semua pemain yang belum ketahuan sedang mengumpat. Jika sudah terkumpul semua penjaga bisa bebas dan pemain yang terkena duluan harus menjaga.

Perlu kamu ketahui juga nih ada mitos anak SD yang masih dipercaya, kalau katanya sih permainan ini jangan dimainkan saat magrib. Kabarnya yang mengumpat bisa diculik oleh makhluk halus.

2. Taplak Gunung atau Engklek

Permainan Tradisional

Permainan Taplak Gunung atau Engklek

Permainan tradisional kedua yang bisa menggantikan game smartphone adalah Taplak Gunung atau Engklek. Permainan ini bisa kamu temukan hampir di seluruh wilayah Indonesia dan paling sering dimainkan di Sumatera dan juga Sulawesi.

Permainan ini dimainkan minimal 2 anak dan maksimalnya pun tidak terhitung. Sebelum memulai permainan ini, anak-anak akan menggambar beberapa petak di atas tanah.

Cara memainkannya pun kamu harus melompat dengan 1 kaki. Kemudian kamu harus memiliki koin atau pecahan genting untuk dimasukkan ke dalam petak dan tentu aturannya tidak boleh mengenai garis.

Jika ada peserta yang berhasil menyelasaikan 1 putaran maka ia berhak memilih salah satu petak dengan melemparkan pecahan genting untuk dijadikan sawah. Sawah ini tidak boleh dilompati oleh pemain lain.

Permainan ini melatih kesabaran, ketelitian dan juga kedisplinan. Dibandingkan kamu main game perang yang bisa membuat kamu menjadi teroris, lebih baik kamu main permainan ini aja gaes.

3. Gobak Sodor

Permainan Tradisional

Permainan Gobak Sodor

Permainan tradisional yang bisa menggantikan game smartphone ketiga adalah Gobak Sodor. Mungkin kalau di Jakarta disebutknya Galaksin atau Galah Asin. Permainan ini merupakan permainan 2 kelompok yang masing-masing memiliki minimal 3 anggota.

BACA
Cara Memegang Smartphone Bisa Ungkap Kepribadian? Benar Ga Ya?

Katanya sih Gobak Sodor ini artinye Tombak yang Bergerak Bebas. Nah, jika salah satu kelompok kalah dalam suit, maka ia harus menjaga pertahananya dengan menginjak garis yang sudah ditandai. Kemudian pemain yang merdeka harus masuk ke dalam benteng lawan atau petak penjaga.

Selanjutnya tugas penjaga harus mengenai tubuh pemain. Jika terkena maka kelompok pemain mati dan gantian untuk berjaga. Akan tetapi, jika penjaga melewati batas garis maka sentuhannya dianggap tidak sah. Permainan ini lebih seru loh gaes dibandingkan game adventure yang ada di Android.

4. Lompat Tali

Permainan Tradisional

Permainan Lompat Tali

Permainan tradisional keempat yang bisa menggantikan game smartphone adalah Lompat Tali. Permainan yang harus dimainkan minimal 4 orang anak perempuan ini memang sangat seru sekali dibandingkan main game masakkan ya gaes.

Nah, permainan ini ada 2 orang anak yang jaga atau memegang tali. Pemain yang tidak berjaga harus bisa melewati tali tersebut tanpa menyentuh talinya. Jika menyentuh maka pemain tersebut harus bertukar posisi dengan si penjaga tali.

Tinggi tali pun mulai dari level bawah atau di atas tangan hingga setinggi tangan yang dikepalkan di atas. Nah, kalau setinggi itu kamu harus melompatnya, boleh tidak atau menyentuh tali. Akan tetapi, kalau gagal melompatinya kamu harus berjaga.

5. Bola Bekel

Permainan Tradisional

Permainan Bola Bekel

Permainan tradisional yang bisa menggantikan game smartphone terakhir adalah Bola Bekel. Permainan ini dulunya sangat terkenal banget loh di kalangan anak perempuan. Permainan ini memang kelihatannya cukup mudah, akan tetapi kalau sudah dimainkan akan sangat susah, karena kamu membutuhkan konsentrasi.

Seperti saat main game tebak-tebakkan. Oh iya, permainan ini menggunakan bola karet atau yang biasa disebut bola bekel. Kemudian ada juga 10-12 biji bekel. Nah, permainannya pun kamu harus melambungkan bola dan juga bijinya.

Kemudian kamu harus mengambil satu persatu mengambil biji bekel sewaktu kamu melambungkan bola bekel. Jika kamu melepaskan bola bekel, maka kamu kalah dan bergantian dengan pemain yang lain.

So, bagaimana sobat pintar? Kamu lebih suka permainan tradisional yang mana nih, untuk menggantikan game smartphone? Oh iya, jangan lupa untuk share daftar permainan tradisional ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka tidak terus menerus bermain game smartphone. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran lainnya, mengenai daftar permainan tradisional untuk menggantikan game smartphone, bisa langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top