Tech-Fun!

5 Permainan Tradisional Indonesia yang Ada di Android

Permainan Tradisional yang ada di Android

Salah satu hal yang biasa dilakukan ketika sedang ada waktu luang adalah dengan bermain bersama teman-teman. Apalagi kalau permainan yang dimainkan merupakan salah satu permainan tradisional, seperti lompat tali, bekel, batu 7 dan lain sebagaianya.

Namun, karena perbedaan waktu luang dengan teman-teman, membuat beberapa orang lebih memilih memainkan permainan melalui game di Android. Tapi, tenang aja gaes! Walaupun teman-teman kamu tidak bisa bergabung memainkan permainan tradisional, kamu bisa kok memainkannya melalui permainan tradisional yang ada di Android berikut ini!

Wajib Coba! Ini Permainan Tradisional yang Ada di Android

Walaupun banyak yang lebih suka memainkan game Mobile Legends maupun PUBG Mobile, kamu juga wajib coba permainan tradisional yang ada di Android berikut ini ya!

1. Balap Karung

Permainan Tradisional yang ada di Android

Permainan Balap Karung

Permainan tradisional yang ada di Android pertama adalah Balap Karung. Sebenarnya balap karung merupakan salah satu lomba tradisional yang sangat populer di Indonesia, permainan ini kerap kali dimainkan saat perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Cara permainanya pun adalah kamu harus berlari mengambil karung dan memasukkan kedua kaki ke dalam karung, kemudian melompat dengan menggunakan karung tersebut sampai ke garis finish.

Nah, pemain yang sampai ke garis finish terlebih dahulu, dinyatakan sebagai pemenangnya. Walaupun permainan ini lebih seru dimainkan secara langsung, tapi ternyata seru juga loh gaes di mainkan melalui game di Android.

2. Petak Umpet

Permainan Tradisional yang ada di Android

Permainan Petak Umpet

Permainan tradisional kedua yang ada di Android adalah Petak Umpet. Pasti kamu tau dong permainan yang satu ini? Yups, permainan Petak Umpet merupakan salah satu permainan mencari dan bersembunyi. Permainan ini biasanya dimainkan minimal 2 orang gaes.

Jadi, yang 1 sebagai penjaga dan yang lainnya sebagai orang yang bersembunyi. Permainan tradisional Indonesia ini juga sekarang sudah tersedia loh di Android. Oh iya, kamu juga bisa memainkannya secara bersamaan atau yang biasa kita sebut game multiplayer.

3. Congklak

Permainan Tradisional yang ada di Android

Permainan Congklak

Permainan tradisional yang ada di Android ketiga adalah Congklak. Congklak juga merupakan salah satu permainan tradisional Indonesia yang sangat populer. Permainan ini memang lebih sering dimainkan oleh anak perempuan gaes. Karena, tidak membutuhkan tenaga fisik jadi lebih digemari oleh anak perempuan dibandingkan anak laki-laki.

Permainan ini menggunakan cangkang kerang atau biji congklak kemudian ada papan yang sudah dilubangi. Permainan ini lebih mengasah otak, karena kamu harus mengatur strategi agar, biji congklak yang kamu kumpulkan terisi penuh lebih dulu dibandingkan lawan gaes. Oh iya, permainan ini sudah ada di Android, jadi kamu nggak perlu lagi deh beli peralatan permainan congklak ini.

4. Egrang

Permainan Tradisional yang ada di Android

Permainan Egrang

Permainan tradisional keempat yang ada di Android adalah Egrang. Buat kamu yang pernah memainkan Egrang namun kesulitan, coba deh dengan memainkannya melalui game aja, dijamin pasti kamu bisa deh! Hehehe. Oh iya, Egrang merupakan salah satu permainan yang sebenarnya merupakan salah satu tradisi upacara sunatan gaes.

Jadi, permainan Egrang ini kamu akan naik ke atas galah tinggi yang terdapat injakan. Setelah itu, kamu harus berjalan menggunakan galah tersebut seperti layaknya menggunakan sepatu biasanya. Kabarnya galah Egrang ini dibuat tinggi dengan maksud kalau kamu memiliki derajat yang tinggi.

5. Engklek

Permainan Tradisional yang ada di Android

Permainan Engklek

Permainan tradisional yang ada di Android terakhir adalah Engklek. Nah, kalau engklek atau yang biasa dikenal dengan taplak meja ini merupakan salah satu permainan yang berasal dari suku Sunda. Pasti, kamu tau dong kalau suku Sunda merupakan salah satu suku penghasil wanita tercantik.

Tidak hanya itu, suku Sunda juga menciptakan permainan tradisional yaitu Engklek. Permainan ini bisa kamu jumpai di berbagai pulau di Indonesia. Oh iya permainan sekarang sudah ada di Android loh dan cara memainkannya pun kamu tinggal melemparkan batu atau tanda dan melompat. Oh iya, jangan sampai kamu melompatnya mengenai garis ya gaes, nanti kamu kalah!

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih permainan tradisional yang ada di Android dan wajib kamu coba. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel daftar permainan tradisional yang ada di Android ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih daftar permainan tradisional yang ada di Android ini. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai daftar permainan tradisional yang ada di Android ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top