Media Sosial

Tips Menghindari Link Phising/HOAX di WhatsApp

Home / Media Sosial / Tips Menghindari Link Phising/HOAX di WhatsApp

Tips Menghindari Link HOAX di WhatsApp

Salah satu cara hacker mencuri identitas adalah dengan menyebarkan pesan di aplikasi chatting seperti WhatsApp. Nah, biasanya pesan tersebut berisikan pesan promosi yang menggiurkan berupa link. Jika penerima terjebak maka hacker dengan mudah mendapatkan informasi, sehingga bisa dengan mudah diretas.

Nah, link tersebut bisa disebut juga dengan link phising. Makanya gak heran kalau banyak yang terjebak. Oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati dan kamu harus melindungi data pribadi dari hacker. Untuk caranya, kamu bisa ikuti tips berikut ini!

Sering Dapat Link Phising/HOAX di WhatsApp? Ini Tips Agar Tidak Tertipu!

Buat kamu yang menggunakan aplikasi chatting seperti WhatsApp. Jangan lupa untuk ikuti tips berikut ini agar terhindar dari penipuan link HOAX!

1. Perhatikan Domain dan Situs yang Digunakan

Tips Menghindari Link HOAX di WhatsApp

Perhatikan Domain dan Situs yang Digunakan

Tips yang pertama perhatikan domain dan situs yang digunakan. Nah, biasanya situs yang asli menggunakan https://, situs ini memiliki keamanan terbaik. Berbeda dengan situs yang tidak menggunakan ‘s‘, biasanya situs tersebut tidak aman.

Selain itu, biasanya situs yang tepercaya dan aman juga menggunakan domain ‘.com‘, ‘.co.id‘, dan lain sebagainya. Berbeda dengan situs phising, biasanya mereka menggunakan akhiran domain yang aneh. Jadi, hati-hati ketika mendapatkan link dengan domain dan situs yang aneh ya!

2. Tanyakan Sumbernya

Tips Menghindari Link HOAX di WhatsApp

Tanyakan Sumbernya

Selanjutnya adalah kamu bisa menanyakan langsung ke sumber yang mengirim. Yups, jika kamu mendapatkan pesan berupa broadcast yang berisikan link, sebelum kamu klik lebih baik kamu tanyakan terlebih dahulu keamanan dari link yang dibagikan tersebut.

Jika pengirim tersebut bilang itu benaran maka kamu bisa mencobanya. Namun, jika pengirim tidak bisa menjelaskan link tersebut bisa jadi link tersebut adalah HOAX atau phising.

3. Riset Kepastikan Link Tersebut

Tips Menghindari Link HOAX di WhatsApp

Riset Kepastikan Link Tersebut

Berikutnya kamu bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan link tersebut. Yups, jika kamu kurang yakin, kamu bisa bertanya dulu di Google. Biasanya link phising tidak akan tersedia di Google, tapi jika ada bisa jadi link tersebut benar.

Oh iya, sebelumnya kamu perhatikan dulu dan riset baik-baik ya! Karena bisa saja pemilik link membuat testimoni sendiri di internet maupun di media sosial. Jadi, kamu tetap harus berhati-hati ya!

4. Perhatikan Data yang Harus Diisi

Tips Menghindari Link HOAX di WhatsApp

Perhatikan Data yang Harus Diisi

Tips selanjutnya perhatikan data yang harus kamu isi. Yups, kalau link yang kamu kunjungi meminta data pribadi seperti nama lengkap, tanggal lahir, NIK, nomor rekening bahkan PIN akun bank, lebih baik jangan kamu isi.

Kenapa? Karena data tersebut merupakan informasi yang paling sering dicuri oleh hacker. Nah, biasanya hacker ini menggunakan taktik pengiriman chat promo via WhatsApp. Jika pengguna mengisinya, maka hacker dengan mudah mendapatkan informasi tersebut.

5. Hubungi Customer Service Tepercaya

Tips Menghindari Link HOAX di WhatsApp

Hubungi Customer Service Tepercaya

Terakhir adalah kamu bisa menghubungi customer service tepercaya. Yups, biasanya pesan phising ini membawa nama-nama terkenal seperti McDonald’s, yang dimana link tersebut berisikan promo yang menggiurkan.

Sehingga akan membuat penerima pesan menjadi tertarik. Jika penerima mengisi data, maka hacker akan dengan mudah mendapatkan informasi pribadi yang diinginkan. Oleh sebab itu, kamu perlu mengonfirmasikannya langsung ke customer service yang tepercaya, agar kamu tidak terkena serangan hacker atau penipuan.

So, itulah beberapa tips supaya kamu terhindar dari link HOAX -di WhatsApp. Oh iya, jangan lupa juga ya untuk share artikel ini ke teman-teman kamu ya 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top