Tech-Fun!

5 Cara Hacker Mencuri Identitas di Media Sosial

Cara Hacker Mencuri Identitas di Media Sosial

Seperti yang kita ketahui, kalau salah satu informasi yang paling sering dicuri hacker adalah identitas kita. Jika hacker berhasil mendapatkan informasi tersebut, maka akan kemungkinan besar akses kita terhadap akun finansial diblokir sehingga merugikan kita sendiri.

Hal ini sering terjadi, bahkan yang melakukannya pun merupakan hacker paling cantik. Makanya kita disarankan untuk mencari tau mengenai tips menghindari terkena serangan hacker, agar akun penting kita tidak curi, terutama akun media sosial.

Oleh sebab itu, kita harus tau nih gimana sih cara hacker mencuri identitas di media sosial berikut ini!

Hati-Hati! Ini Cara Hacker Mencuri Identitas di Media Sosial

Buat kamu yang belum tau bagaimana cara kerja hacker, mungkin berikut ini bisa menjelaskan sedikit cara hacker mendapatkan informasi melalui media sosial. Jadi, simak baik-baik ya!

1. Mengambil Informasi yang Terdapat di Profil

Cara Hacker Mencuri Identitas di Media Sosial

Mengambil Informasi yang Terdapat di Profil

Cara hacker mencuri informasi di media sosial yang pertama adalah dengan cara mengambil informasi yang terdapat pada profil. Seperti yang kita ketahui, kalau hampir semua media sosial menyertakan data informasi pribadi untuk ditampilkan di profil.

Nah, dengan mudahnya hacker tidak perlu meretas pun ia bisa mengetahui dan menduganya. Bahkan hacker gadungan pun bisa loh mencoba meretas media sosial kamu hanya dengan mengetahui informasi yang tertera pada kolom informasi profil.

2. Menyusup Menggunakan Aplikasi atau Situs Lain

Cara Hacker Mencuri Identitas di Media Sosial

Menyusup Menggunakan Aplikasi atau Situs Lain

Cara hacker mencuri informasi melalui media sosial yang kedua adalah dengan menyusup menggunakan aplikasi atau situs lain. Mungkin banyak yang gak sadar kalau aplikasi atau situs yang tidak resmi itu sangat berbahaya sekali. Apalagi kalau kamu sampai login melalui aplikasi atau situs tersebut.

Jika kamu sudah pernah login, akan memudahkan para hacker untuk meretas akun media sosial kamu gaes. Sebagai contoh, kamu menggunakan aplikasi stalker Instagram untuk mencoba cari tau informasi akun orang lain. Padahal bisa saja aplikasi tersebut dirancang untuk meretas akun kita sendiri.

3. Mengirimkan Link Phising

Cara Hacker Mencuri Identitas di Media Sosial

Mengirimkan Link Phising

Cara hacker mencuri informasi lewat media sosial yang ketiga adalah dengan mengirimkan link phising. Maksud dari phising ini adalah metode yang biasa digunakan beberapa organisasi hacker atau individu hacker untuk mendapatkan password akun target dengan menyerupai situs tertentu.

Banyak orang terjebak dengan link phising yang dikirimkan di aplikasi chatting maupun di email. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui email phising berbahaya, supaya tidak terjebak ke dalam perangkat hacker.

4. Melalui Lokasi yang Dibagikan

Cara Hacker Mencuri Identitas di Media Sosial

Melalui Lokasi yang Dibagikan

Cara hacker mencuri informasi di media sosial yang keempat adalah dengan melalui lokasi yang dibagikan. Mungkin banyak yang gak sadar kalau membagikan lokasi di media sosial bisa saja menjadi peluang untuk hacker meretas akun media sosial kamu.

Makanya gak heran kalau alasan aplikasi maps berbahaya, jika GPS-nya kamu hidupkan terus menerus, karena bisa saja langsung otomatis terhubung media sosial milik kamu. Oleh sebab itu, cobalah gunakan lokasi yang dibagikan dengan berhati-hati gaes.

5. Mengambil Informasi Melalui Akun Pengikut

Cara Hacker Mencuri Identitas di Media Sosial

Mengambil Informasi Melalui Akun Pengikut

Cara hacker mencuri informasi melalui media sosial yang terakhir adalah dengan mengambil informasi melalui akun pengikut. Ngaku deh! Pasti banyak dari kita yang pengen banget mengetahui orang yang melihat maupun simpan foto kita di Instagram.

Nah, hacker yang sudah profesional bisa aja loh menyusup dan memantau melalui akun pengikut media sosial kamu gaes. Jadi, dengan begitu hacker akan lebih mudah meretas bahkan mengetahui informasi tentang kamu gaes. Jadi, hati-hati ya dalam bermain media sosial.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan gimana sih cara hacker mencuri identitas di media sosial. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai cara hacker mencuri identitas di media sosial ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau gimana sih cara hacker mencuri identitas di media sosial. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai cara hacker mencuri identitas di media sosial ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top