Media Sosial

Berapa Gaji YouTuber Pemula di Indonesia? Cek Di Sini!

Gaji YouTuber Pemula

Salah satu cara mendapatkan uang dari media sosial seperti YouTube adalah dengan membuat channel YouTube terlebih dahulu, kemudian kamu harus konsisten dalam membuat konten video di YouTube.

Seperti yang kita ketahui ya gaes, sebutan orang yang membuat konten video di YouTube adalah YouTuber. Nah, pasti kamu udah tau juga dong siapa aja YouTuber Indonesia yang memiliki penghasilan di atas 50 juta?

Yups! Salah satunya adalah Atta Halilintar dan Ria Ricis, kedua YouTuber ini bahkan telah mendapatkan Diamond Button dari YouTube karena telah mencapai lebih dari 10 juta subscriber.

Jadi, kebayang dong penghasilan kedua YouTuber tersebut berapa dari YouTube? Banyak banget! Oh iya, kamu juga bisa kok seperti mereka berdua dengan mengikuti tips cara menjadi YouTuber pemula dari nol hingga sukses.

Nah, buat kamu yang masih ragu-ragu menjadi YouTuber, coba deh kamu simak artikel berikut ini yang menjelaskan berapa gaji YouTuber pemula di Indonesia!

Berapa Gaji YouTuber Pemula di Indonesia? Cek Di Sini!

Sebelum kita membahas gaji YouTuber pemula di Indonesia, alangkah lebih baiknya lagi kamu harus tau dari mana gaji YouTuber.

Kemudian persyaratan untuk mendapatkan uangnya dan juga cara menghitungnya. Jadi, simak baik-baik artikel ini ya gaes.

Dari Mana Sih Gaji YouTuber Pemula di Indonesia?

Gaji YouTuber Pemula

Dari Mana Sih Gaji YouTuber Pemula di Indonesia?

Pasti kamu masih bingung kan dari mana sih gaji YouTuber pemula dapatkan. Yups, mereka mendapatkan gajinya sama kok dengan YouTuber Indonesia yang punya subscriber terbanyak saat ini.

Penghasilan YouTuber didapatkan dari iklan. Pastinya kamu pernah dong melihat iklan yang muncul di awal maupun tengah-tengah video? Nah, iklan tersebutlah yang menghasilkan para YouTuber uang.

Untuk bisa mendapatkan uang dari iklan YouTube ini, kamu harus mendaftarkan channel YouTube ke Google AdSense terlebih dahulu. Google AdSense ini bekerja sama dengan media yang mengiklankan di media internet.

Setelah kamu membuat channel YouTube, langsung aja daftarkan channel YouTube kamu ke Google AdSense, maka video YouTube kamu bisa dimonetisasi. Monetisasi ini media untuk mencari uang. Jadi, video YouTube yang telah dimonetisasi akan menampilkan iklan.

Oh iya, kamu juga bisa kok nggak memakai monetisasi pada video YouTube yang kamu inginkan. Eits, tapi video YouTube-nya nggak akan tampil iklan ya dan kamu tidak mendapatkan uang dari video YouTube tersebut.

Persyaratan Mendapatkan Uang dari YouTube

Gaji YouTuber Pemula

Persyaratan Mendapatkan Uang dari YouTube

Salah satu impian terbesar para YouTuber pemula adalah video YouTube-nya bisa dimonetisasi. Nah, buat kamu yang belum tau apa aja persyaratan agar video YouTube bisa dimontesasi bisa langsung cek berikut ini!

Kabarnya, syarat ini telah berubah pada bulan Februari 2019 yaitu dalam setahun channel YouTube kamu sudah harus mencapai 4.000 jam untuk waktu menontonnya. Selain itu, dalam 1 tahun channel YouTube sudah harus 1.000 subscriber.

Sepertinya YouTube ingin memperketat persyaratannya agar konten-konten negatif seperti spammer, plagiat maupun tindak kejahatan lainnya tidak cepat naik mengalahkan para kreator di platform ini.

Nah, kalau channel YouTube kamu sudah memenuhi kedua persyaratan tersebut, maka kamu bisa mengajukan permohonan kelayakan program monetisasi pada YouTube.

Bagaimana Cara Mengetahui Gaji YouTuber di Indonesia?

Gaji YouTuber Pemula

Bagaimana Cara Mengetahui Gaji YouTuber di Indonesia?

Banyak orang yang penasaran banget berapa sih gaji YouTuber pemula di Indonesia. Padahal kita bisa mengira-ngira penghasilan YouTuber pemula di Indonesia dengan menggunakan situs Socialblade loh gaes.

Socialblade merupakan salah satu situs untuk menganalisa akun media sosial orang lain. Media sosial yang bisa kamu analisa melalui Socialblade antara lain YouTube, Instagram, Facebook, Twitter, Twitch, Dailymotion dan Mixer.

Nah, dengan menggunakan situs tersebut kamu bisa mengetahui pertumbuhan followers Instagram maupun pertumbuhan subscriber di YouTube. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui perkiraan pendapatan gaji YouTuber menggunakan situs ini.

Perkiraan gaji YouTuber pemula di Indonesia ini bisa berupa perbulan dan juga per-tahunnya loh gaes. Nggak cuma itu aja, kamu juga bisa mengetahui pertumbuhan total viewers channel YouTube orang lain.

Berapa Sih Sebenarnya Gaji YouTuber Pemula di Indonesia?

Gaji YouTuber Pemula

Berapa Sih Sebenarnya Gaji YouTuber Pemula di Indonesia?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mengetahui gaji YouTuber pemula di Indonesia maupun seluruh dunia, kamu bisa melihatnya menggunakan situs Socialblade.

Nah, berikut ini cara mengetahui gaji YouTuber pemula menggunakan situs Socialblade:

  • Pertama, kamu buka browser > Kemudian kunjungi situs ‘Socialblade.com‘. Seperti contoh gambar berikut ini!
Gaji YouTuber Pemula

Kunjungi Situs ‘Socialblade.com’

  • Kedua, setelah itu kamu pilih sosial media ‘YouTube‘ dan masukkan nama channel YouTube yang ingin kamu ketahui gajinya. Sebagai contoh berikut ini menggunakan channel ‘Tips Pintar‘. Jika sudah dimasukan nama channel YouTube-nya, langsung aja kamu tekan ‘Enter‘ pada keyboard atau klik iconSearch‘ yang ada disampingnya.
Gaji YouTuber Pemula

Memasukan Nama Channel YouTube

  • Ketiga, berikutnya akan ada beberapa daftar nama channel yang kamu masukan tadi. Jika ada yang benar, kamu langsung aja klik tombol ‘SELECT CHANNEL‘ yang berada di samping nama channel YouTube-nya.
Gaji YouTuber Pemula

Klik Tombol ‘SELECT CHANNEL’

  • Selanjutnya akan tampil deh analisa dari channel YouTube yang kamu masukan tadi. Pada halaman tersebut tertera perkiraan gaji yang didapatkan perbulan dan pertahunnya. Contohnya seperti gambar berikut ini!
Gaji YouTuber Pemula

Hasil Analisa Channel YouTube di Socialblade

Eits, penghasilan tersebut cuma estimasi per-CPM (Cost per Mille) ya gaes. Nominal estimasi CPM-nya pun masih dalam bentuk dollar. Jadi, buat kamu yang ingin tau berapa rupiah gaji yang didapatkan dari YouTuber pemula di Indonesia, langsung simak berikut ini aja!

BACA
Cara Membuat Stiker LINE Sendiri dari Foto di Galeri Smartphone

Bagaimana Cara Menghitung Gaji YouTuber Pemula?

Gaji YouTuber Pemula

Bagaimana Cara Menghitung Gaji YouTuber Pemula?

Seperti yang sudah kita ketahui, kalau analisa dari Socialblade tersebut bentuknya masih dalam estimasi CPM dan nominalnya pun masih dalam bentuk dollar.

Jadi, kamu harus mengubahnya terlebih dahulu ke dalam bentuk rupiah untuk mengetahui gaji yang didapatkan dari seorang YouTuber pemula.

Oh iya, perlu kamu ketahui juga nih! Kalau sistem pembayaran dari YouTube itu disebut BPS (Biaya Per Seribu) atau CPM (Cost Per Mille). Jadi, untuk setiap tayangan iklan yang ada pada video YouTube kamu ditayangkan sebanyak 1.000 kali setiap 1 videonya.

Misalkan video YouTube kamu ditonton sebanyak 1 juta maka akan dibagi dengan 1.000 kali penayangan iklan. Kemudian, dikalikan dengan CPM yang ditetapkan dari si pengiklan.

Rumusnya!

  • Pendapatan = CPM x (Total Viewers / 1.000)
  • Gaji = Pendapatan x Nilai 1 dollar dalam rupiah saat ini

Nah, berikut ini penjelasan pendapatan gaji YouTuber pemula di Indonesia dalam bentuk rupiah. Sebagai contoh, kita coba hitung estimasi gaji YouTuber pemula di Indonesia yaitu ‘Khairunnisa Adlina‘ ya gaes. Yaudah, langsung aja disimak!

Gaji YouTuber Pemula

Estimasi Penghasilan Channel YouTube Khairunnisa Adlina

Setelah dilihat dari Socialblade, YouTuber ini mendapatkan estimasi gaji/bulan sekitar $265 – $4.2k dan gaji/tahun sekitar $3.2k – $50.8k. Nilai yang cukup besar untuk seorang YouTuber pemula loh ini.

“Lantas, dari mana nilai $265 – $4.2k (Perbulan) dan $3.2k – $50.8k (Pertahun) tersebut?”

Nah, untuk mengetahui CPM yang didapatkan, kamu tinggal sorot aja icon ‘?’ atau tanda tanya di sampingnya. Jika sudah disorot maka akan muncul estimasi CPM yang didapatkan dari channel YouTube tersebut. Contohnya seperti gambar berikut ini!

Gaji YouTuber Pemula

Estimasi CPM Channel YouTube Khairunnisa Adlina

Misalkan untuk 1 video dari channel YouTube Khairunnisa Adlina mendapatkan 1 juta viewer. Kemudian untuk nilai CPM-nya, kita ambil nilai terendahnya yaitu $265. Maka hasilnya seperti ini:

Cara Menghitungnya!

  • Pendapatan = $265 x (1.000.000 / 1.000)
  • Pendapatan = $265 x 1.000
  • Pendapatan = $265.000

Hasil tersebut merupakan estimasi pendapatan minimal yang diterima oleh channel YouTube Khairunnisa Adlina. Pendapatan tersebut masih dalam bentuk dollar.

Nah, untuk menghitungnya menjadi rupiah kamu tinggal kalikan saja dengan nilai mata uang rupiah dalam 1 dollar saat ini. Misalnya nilai rupiah dalam dollar saat ini Rp14.264,- jadi minimal gaji yang didapatkan channel YouTube Khairunnisa Adlina adalah:

Gaji yang Didapatkan!

  • Gaji = Pendapatan x Nilai Mata Uang Rupiah dalam 1 Dollar (Rp14.264,-/1 Dollar)
  • Gaji = $265.000 x Rp14.256,-
  • Gaji = Rp3.779.960,-

Jadi, perkiraan minimal gaji yang didapatkan dari YouTuber Khairunnisa Adlina sekitar Rp3.779.960,-. Oh iya, nilai tersebut bisa berubah-ubah ya dan tergantung juga dengan total viewers yang didapatkan dalam 1 video.

Selain itu, nilai pendapatan yang didapatkan juga bisa berubah sesuai nilai tukar uang dollar ke rupiah juga ya gaes.

Kesimpulan!

Seperti yang sudah dijelaskan gaji YouTuber pemula yang bisa didapatkan bisa mencapai Rp.3779.960,- nilai yang lebih besar didapatkan dari upah  minimum regional (UMR) saat ini.

Gaji tersebut masih terhitung minimumnya loh gaes, belum maksimumnya. Wah, kalau sebesar ini gaji yang didapatkan dari YouTube, apakah kamu tertarik menjadi YouTuber?

Kalau kamu tertarik untuk menjadi YouTuber, jangan lupa untuk membaca artikel trik menambah viewers YouTube dengan cepat. Karena, gaji yang kamu dapatkan dari YouTube juga tergantung dengan total viewers video YouTube.

Tips & Trik YouTube Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan gaji YouTuber pemula di Indonesia. Apakah kamu berminat juga ingin menjadi YouTuber? Kalau iya, coba dong tulis di kolom komentar.

Oh iya, jangan lupa juga untuk sharing ke temen-temen kamu artikel tentang gaji YouTuber pemula di Indonesia ini ya. Siapa tau temen-temen kamu juga tergiur untuk menjadi YouTuber yang sukses.

Nah, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai artikel tentang gaji YouTuber pemula di Indonesia ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top