Tips

Cara Membuat Vlog Lewat HP dengan Mudah Dijamin Keren

Cara Membuat Vlog Lewat HP

Pasti kamu mau tau kan cara membuat vlog lewat HP? Yups, sebelum kita membahas hal tersebut. Perlu kamu ketahui nih, kalau salah satu cara menghasilkan uang dari YouTube secara cepat adalah dengan memberikan konten yang berkualitas dan juga mengikuti trend yang sedang happening di media sosial YouTube.

Salah satu konten yang sering banget menjadi trending adalah Vlog. Vlog adalah singkatan dari Video-Blogging. Untuk melakukan vlog ini disebut Vlogging dan orang yang melakukan vlogging selain disebut YouTuber bisa juga disebut Vlogger.

Cara Membuat Vlog Lewat HP

Vlogger

Vlog merupakan suatu kegiatan blogging yang menggunakan video sebagai medianya. Biasanya dengan video ini terdapat teks, audio dan juga keterangan gambar.

Vlog YouTube yang paling laku adalah vlog traveling atau sekedar video kegiatan sehari-hari aja. Untuk membuat vlog ini juga nggak asal-asalan loh gaes, kamu harus menyiapkan beberapa hal untuk membuat vlog.

Apalagi kalau kamu membuatnya menggunakan HP. Tapi tenang, kali ini kita bakalan bahas bagaimana sih cara membuat vlog HP agar seperti YouTuber paling sukses di Indonesia. Jadi, kamu simak baik-baik ya!

Mau Tau Cara Membuat Vlog Lewat HP? Ikuti Langkah Berikut Ini!

Cara berikut ini merupakan salah satu langkah-langkah yang diikuti oleh para YouTuber dengan penghasilan di atas 50 juta loh gaes.

Jadi, buat kamu yang ingin menjadi YouTuber dari nol hingga sukses dan ingin mencoba membuat konten vlog di YouTube, bisa coba ikuti langkah-langkah berikut ini ya!

1. Tentukan Konsep Video

Cara Membuat Vlog Lewat HP

Tentukan Konsep Video

Cara membuat vlog lewat HP yang pertama adalah dengan menentukan konsepnya terlebih dahulu. Jadi, kamu harus pikirkan terlebih dahulu video apa aja sih yang nantinya bakalan masuk ke dalam video kamu tersebut.

Jangan sampai saat kamu merekam video vlog malah bingung video apa aja yang bakalan direkam. Jadi, dengan begitu video vlog kamu nantinya bakalan terkonsep dan terlihat lebih keren dari vlog orang lain.

Oh iya, biasanya saat kamu sudah membuat konsep tersebut, nantinya bakalan muncul ide-ide baru saat sedang merekam video vlog loh! Jadi, bisa kamu gabungkan nantinya saat pengeditan.

2. Gunakan Kamera HP yang Bagus

Cara Membuat Vlog Lewat HP

Gunakan Kamera HP yang Bagus

Cara membuat vlog lewat HP kedua adalah dengan menggunakan kamera HP yang bagus. Kan konsepnya kamu ingin membuat vlog hanya menggunakan HP yaa, jadi sebisa mungkin pilih HP yang kameranya terbaik.

Saat ini sudah banyak kok HP dengan kamera terbaik. Jadi, perhatikan kualitas kamera depan dan belakang HP yang kamu gunakan. Jangan sampai kamu menggunakan kamera HP yang kualitasnya rendah.

Karena, kamera HP yang kualitasnya rendah ini akan membuat video yang kamu rekam menjadi buram. Jika dirasa kamera kamu buram, kamu bisa membersihkan kamera HP terlebih dahulu.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan aplikasi kamera terbaik di Android. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk mengambil video yang jernih. Karena, terdapat fitur untuk mengatur pencahayaan saat mengambil video.

3. Rekam Video Secara Horizontal

Cara Membuat Vlog Lewat HP

Rekam Video Secara Horizontal

Cara membuat vlog lewat HP yang ketiga adalah dengan merekam video secara horizontal atau landscape. Salah satu cara dapat uang dari YouTube adalah dengan membuat konten yang menarik.

Nah, ini ada hubungannya dengan kamu membuat konten vlog. Jika kamu merekam video vlog dengan mode vertikal atau portrait sepertinya akan kurang disukai oleh orang lain.

Kecuali kalau kamu membuat konten video untuk tutorial mengenai trik smartphone, mungkin mode vertikal akan sangat disukai oleh orang lain.

Berbeda jika kamu membuat konten video vlog dengan mode horizontal atau landscape, ini akan terlihat lebih pas atau lebih nyaman ditonton di YouTube.

Kalau berkiblat dari pembuatan film, seperti sangat jarang sekali film yang merekam video dengan mode vertikal atau portrait ya gaes.

4. Gunakan Tripod atau Tongsis

Cara Membuat Vlog Lewat HP

Gunakan Tripod atau Tongsis

Cara yang keempat untuk membuat vlog lewat HP adalah dengan menggunakan tripod atau tongsis. Alat ini penting banget loh gaes, karena bisa mengurangi terjadinya rekaman video yang terlihat goyang.

Jadi, dengan menggunakan tripod atau tongsis maka rekaman video akan terlihat lebih stabil. Selain itu, untuk mengurangi terjadinya rasa pegal atau kram saat kamu merekamnya menggunakan HP.

Oh iya, tripod ini juga berfungsi untuk kamu yang membuat vlog sendirian loh. Jadi, daripada menyusahkan orang lain untuk diminta tolong merekam video kamu sendiri, lebih baik kamu memasang tripod dan menggunakan timer untuk merekamnya.

BACA
50+ Wallpaper WhatsApp Lucu dan Terlengkap 2018

Jadi, hasil rekamnya akan lebih baik dibandingkan minta tolong orang lain untuk merekamnya. Karena, kamu bisa mengulanginya jika dirasa hasil rekaman videonya kurang bagus.

Oh iya, trik ini juga pernah dibahas loh di artikel trik mengambil foto di malam hari. Karena, bisa mengurangi terjadinya pengambilan foto yang buram akibat guncangan dari tangan.

Buat kamu yang belum memiliki tripod atau tongsis khusus untuk HP bisa langsung membelinya di online shop seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya.

5. Gunakan HP Lain untuk Merekam Audio

Cara Membuat Vlog Lewat HP

Gunakan HP Lain untuk Merekam Audio

Cara membuat vlog lewat HP yang kelima adalah dengan menyiapkan 2 HP. Jika salah satu HP digunakan untuk merekam, satunya lagi digunakan untuk menggunakan audio atau sebagai mikrofon.

Jika kamu hanya mengandalkan 1 HP yang sekaligus untuk merekam video, maka biasanya hasilnya kurang bagus. Oleh sebab itu, kamu bisa gunakan 1 HP lagi untuk dijadikan mikrofon agar suara yang didapatkan lebih bersih.

Perlu diingat ya! Kan kamu membuat vlog jadi nggak cuma kualitas video aja yang harus diperhatikan, kualitas audio juga wajib. Karena, biasanya video vlog, seseorang memberikan penjelasan secara langsung pada video.

Nah, supaya hasil audionya lebih jernih lagi, kamu bisa menggunakan aplikasi rekaman suara. Jadi, dengan begitu hasil audionya seperti konten ASMR (Autonomous Sensory Meridian Response).

6. Gunakan Pencahayaan yang Alami

Cara Membuat Vlog Lewat HP

Gunakan Pencahayaan yang Alami

Cara membuat vlog yang keenam adalah dengan menggunakan pencahayaan yang alami. Yups, untuk membuat video vlog dengan kualitas yang bagus, jangan sampai kamu merekamnya dalam keadaan gelap.

Kecuali kalau konten vlog kamu memang konten mistis. Eits, tapi konten mistis juga membutuhkan pencahayaan loh berupa inframerah atau infrared, agar sekelilingnya terlihat di dalam rekaman.

Nah, kalau kamu lebih baik gunakan pencahayaan yang alami aja ya! Karena, kalau menggunakan flash pada HP biasanya rekaman video yang diambil akan kurang bagus.

Jika tidak ada pencahayaan alami, kamu bisa gunakan flash tambahan. Tapi, bukan flash dari HP ya! Nah, flash tambahan ini kamu bisa atur tempatnya sesuai dengan yang kamu inginkan, agar hasil videonya bagus.

Buat kamu yang belum memiliki flash atau lighting khusus untuk HP bisa langsung membelinya di online shop seperti Shopee, Lazada, Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya.

7. Lakukan Pengeditan Menggunakan Aplikasi Edit Video

Cara Membuat Vlog Lewat HP

Lakukan Pengeditan Menggunakan Aplikasi Edit Video

Cara membuat vlog lewat HP yang terakhir adalah dengan melakukan pengeditan menggunakan aplikasi edit video di HP. Ini salah satu hal yang paling penting banget! Karena, untuk membuat konten yang menarik, kamu harus mengeditnya terlebih dahulu.

Karena, dengan mengedit video tersebut kamu bisa memotong bagian video yang tidak diinginkan. Selain itu, kamu juga menambahkan musik pada video agar terlihat lebih hidup.

Perlu diingat nih, karena vlog direkamnya tidak terus menerus, dengan menggunakan aplikasi edit video para YouTuber tersebut kamu bisa menggabungkan video tersebut dengan mudah.

Jangan lupa juga untuk menambahkan teks jika ada keterangan yang ingin kamu perjelas lagi pada video. Oh iya, kamu nggak cuma bisa edit vlog menggunakan aplikasi di Android aja sih, bisa juga kamu gunakan software edit video di PC.

Buat kamu yang menggunakan perangkat iPhone juga bisa kok mengeditnya langsung di iPhone kamu. Nanti kamu tinggal download dan install aplikasi edit video di iPhone aja, biar bisa langsung melakukan pengeditan vlog kamu.

Kesimpulan!

Jadi, kesimpulan untuk membuat vlog lewat HP adalah kamu harus membuat konsep terlebih dahulu, kemudian menyiapkan HP dengan kamera yang bagus, lalu tripod atau tongsis.

Jangan lupa juga rekam secara landscape, menggunakan aplikasi perekam suara, menggunakan lighting atau flash tambahan dan mengedit hasil video tersebut menggunakan aplikasi edit video untuk vlog yang kamu kuasai ya.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan cara membuat video vlog lewat HP dengan mudah? Nah, kalau sudah tau jangan lupa untuk sharing ke temen-temen kamu artikel cara membuat vlog lewat HP ini ya gaes.

Supaya mereka juga tau, bagaimana sih cara membuat vlog lewat HP dengan mudah. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai artikel cara membuat vlog lewat HP ini, silahkan kamu langsung tulis aja ya di kolom komentar bawah sini 🙂

 

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top