Media Sosial

Cara Menjadi YouTuber Pemula dari Nol Hingga Sukses

Cara Menjadi YouTuber

Salah satu profesi yang cocok untuk anak milenial adalah menjadi YouTuber. YouTuber merupakan istilah atau sebutan untuk orang-orang yang membuat konten di YouTube.

Profesi menjadi YouTuber juga cocok kok buat mahasiswa yang mencari pekerjaan part time. Karena, bisa dikerjakan dimanapun dan kapanpun tanpa mengganggu jadwal kuliah.

Apalagi kalau kamu termasuk jurusan kuliah yang bisa bantu kamu menjadi YouTuber seperti jurusan perfilman atau broadcasting.

“Lantas, bagaimana cara menjadi YouTuber untuk pemula?”

Kalau kamu penasaran bagaimana cara menjadi YouTuber dari nol hingga sukses, coba deh kamu ikuti langkah berikut ini!

Mau Sukses Jadi YouTuber? Ikuti Cara Menjadi YouTuber Berikut Ini!

YouTuber Indonesia yang punya subscribers lebih dari 1 juta saat ini juga mengikuti cara-cara berikut ini loh gaes!

1. Membuat Channel YouTube

Cara Menjadi YouTuber

Membuat Channel YouTube

Cara menjadi YouTuber yang pertama adalah dengan membuat channel YouTube terlebih dahulu ya. Yaa, masa mau jadi YouTuber kamu nggak punya channel YouTube.

Kalau nggak punya channel YouTube, berarti itu namanya kamu hanya sebagai penonton saja. Nah, kalau sebelumnya kamu sudah membuat channel YouTube mungkin cara pertama ini bisa langsung di-skip aja.

Tapi, kalau kamu belum membuat channel YouTube, bisa coba ikuti langkah-langkah berikut ini aja!

  • Pertama, buka browser di PC atau HP kamu > Kemudian kunjungi situs ‘Accounts.Google.com/SignUp> Selanjutnya kamu isi formulir pendaftaran mulai dari ‘Nama, email, password dan juga konfirmasi password‘. Jika sudah selesai mengisi, kamu tinggal klik tombol ‘Next‘.
Cara Menjadi YouTuber Pemula

Mengisi Formulir untuk Membuat Channel YouTube

  • Kedua, berikutnya kamu isi kembali data-data yang diperlukan seperti ‘nomor telepon, alamat email yang lain, tanggal lahir dan juga jenis kelamin‘. Jika sudah selesai mengisinya, bisa langsung klik tombol ‘Next‘.
Cara Menjadi YouTuber Pemula

Mengisi Data Diri

  • Ketiga, setelah itu kamu diharuskan verifikasi nomor telepon. Jika sudah benar, langsung aja klik tombol ‘Send‘.
Cara Menjadi YouTuber Pemula

Verifikasi Nomor Telepon

  • Keempat, lalu kamu masukan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS yang kamu daftar. Jika sudah selesai mengisinya, bisa langsung klik tombol ‘Verify‘.
Cara Menjadi YouTuber Pemula

Masukan Kode Verifikasi Nomor Telepon

  • Kelima, selanjutnya kamu klik tombol ‘Yes, I’m In‘ untuk melanjutkan.
Cara Menjadi YouTuber Pemula

Klik Tombol ‘Yes, I’m In’

  • Keenam, setelah itu kamu klik tombol ‘I agree‘ untuk menyetujui membuat channel YouTube.
Cara Menjadi YouTuber Pemula

Klik Tombol ‘I agree’

  • Ketujuh, kemudian kamu akan diarahkan ke situs YouTube. Nah, pada bagian ini kamu klikSIGN IN‘ yang terletak pada pojok kanan atas.
Cara Menjadi YouTuber Pemula

Klik ‘SIGN UP’

  • Kedelapan, lalu kamu klik aja ‘My channel‘.
Cara Menjadi YouTuber Pemula

Klik ‘My channel’

  • Kesembilan, selanjutnya kamu akan diperintahkan untuk membuat nama channel YouTube yang diinginkan. Jika sudah selesai mengisi, langsung aja klik tombol ‘CREATE CHANNEL‘.
Cara Menjadi YouTuber Pemula

Membuat Nama Channel YouTube

  • Nah, sekarang kamu sudah bisa deh membuat channel YouTube.
Cara Menjadi YouTuber Pemula

Channel YouTube yang Sudah Jadi

2. Daftarkan Channel YouTube dengan Google AdSense

Cara Menjadi YouTuber

Daftar Channel YouTube dengan Google AdSense

Cara jadi YouTuber pemula yang kedua adalah dengan mendaftarkan channel YouTube kamu dengan Google AdSense. Google AdSense ini bekerja sama dengan media maupun perusahaan yang ingin memasang iklan di internet termasuk YouTube.

Jadi, kalau kamu mendaftar Google AdSense di YouTube, maka video YouTube kamu nantinya akan muncul iklan. Iklan inilah yang nantinya akan memberikan kamu penghasilan dari YouTube.

Nah, buat kamu yang belum tau gimana sih cara mendaftarkan YouTube dengan Google AdSense, coba nih langsung disimak berikut ini!

  • Pertama, kamu diharuskan Sign In channel YouTube terlebih dahulu > Kemudian klikCreator Studio‘.
  • Kedua, setelah itu klikChannel‘ > Lalu pada fitur Monetization kamu ubah menjadi ‘Enable‘ untuk mengaktifkannya.
  • Ketiga, berikutnya akan tampil konfirmasi persetujuan untuk mengaktifkan fitur monetization pada channel YouTube. Jadi, langsung aja klikStart‘ dan ceklis semua persetujuan yang tersedia. Jika sudah, langsung aja klikI Accept‘.
  • Keempat, kemudian kamu diharuskan untuk membuat akun Google AdSense. Jadi, langsung aja kamu klikStart‘ dan Sign Up akun Gmail milik kamu > Kemudian kamu isi data diri kamu. Jika sudah selesai,klikCreate Account‘.
  • Kelima, lalu klikStart‘ untuk mengaktifkan monetization pada video YouTube milikmu. Kalau sudah selesai, tinggal klikSave‘.

Akan tetapi, untuk mendapatkan penghasilan dari YouTube melalui iklan ini ada beberapa persyaratannya gaes. Salah satunya adalah total viewers video YouTube kamu sudah mencapai 4.000 dalam 12 bulan dan subscriber-nya sudah harus 1.000.

Tapi gapapa gaes, kamu diperbolehkan untuk mendaftar terlebih dahulu. Jadi, ketika persyaratannya sudah memenuhi kamu tidak perlu mendaftar lagi.

Sekarang saatnya, kamu ikuti langkah-langkah berikut ini untuk membuat channel YouTube kamu dikenal oleh orang lain.

3. Tentukan Konten yang Ingin Dibuat

Cara Menjadi YouTuber

Tentukan Konten yang Ingin Dibuat

Cara menjadi YouTuber yang ketiga adalah dengan menentukan konten yang akan dibuat di YouTube. Nggak cuma menentukan konten aja sih, kamu diharuskan untuk menentukan audience-nya juga.

Maksudnya audience ini adalah penonton YouTube kamu, apakah kamu ingin yang menonton video YouTube kamu adalah orang uang suka entertainment (hiburan, inspirasi, gamers) atau edukasi (pelajaran, fakta, berita, dll).

Jika kamu ingin keduanya juga tidak masalah juga sih gaes. Tapi, usahakan kamu harus fokus 1 konten terlebih dahulu. Nah, pada bagian ini juga bisa menentukan jati diri kamu juga loh.

Apakah kamu senang memberikan hiburan atau edukasi kepada orang lain. Jadi, pastikan kamu sudah merencanakan konten video YouTube yang dibuat ya!

Baca Juga: Cara Download Lagu YouTube di Smartphone dan PC

4. Buat Video yang Berkualitas

Cara Menjadi YouTuber

Buat Video yang Berkualitas

Cara menjadi YouTuber pemula yang keempat adalah dengan membuat video yang berkualitas. Jangan sampai kamu berpikiran kalau kuantitas lah yang membuat channel YouTube menjadi terkenal.

BACA
Cara Menyimpan Video dari YouTube Go ke Galeri

Kualitas video YouTube kamu juga berpengaruh besar loh. Kenapa demikian? Karena, semakin bagus kualitas video yang kamu buat kamu akan semakin besar pula engagement pada channel YouTube.

Engagement yang bagus inilah yang nantinya akan membuat orang tertarik untuk menonton video kamu terus-menerus. Dengan begitu, kamu akan viewers YouTube akan bertambah dengan sendirinya.

Kalau misalkan kamu membuat video YouTube dengan kualitas yang asal-asalan, pasti ada kemungkinan dong kamu dikomentari buruk atau bahkan kamu akan mendapatkan banyak dislike.

Apalagi sekarang kamu sudah bisa mengedit video YouTube di aplikasi edit video PC, Android bahkan iPhone. Jadi, nggak ada alasan lagi tuh, kalau video jelek karena nggak bisa mengedit video ya!

5. Optimasi Judul pada Video YouTube

Cara Menjadi YouTuber

Optimasi Judul pada Video YouTube

Cara jadi YouTuber yang kelima adalah dengan mengoptimasi judul pada video YouTube. Mungkin kamu akan berpikiran membuat judul video YouTube yang clickbat kan gaes?

Eits, nggak juga gaes. Kenapa demikian? Karena, biasanya judul video YouTube yang clickbat, isi video dengan judulnya tidak relevan. Nah, kalau nggak relevan, penonton tidak akan mau membuka video yang kamu buat lagi.

Jadi, coba deh kamu cari referensi yang cocok untuk video YouTube yang akan kamu upload. Pastikan juga judul yang kamu buat relevan dengan isi videonya ya gaes!

Baca Juga: Cara Download Video YouTube (Cepat dan Mudah)

6. Buat Thumbnail yang Menarik

Cara Menjadi YouTuber

Buat Thumbnail yang Menarik

Cara menjadi YouTuber yang keenam adalah dengan membuat thumbnail YouTube yang menarik. Tidak henti-henti TipsPintar mengatakan kalau membuat thumbnail YouTube harus yang menarik.

Kenapa demikian? Karena selain judul, hal yang pertama kali dilihat oleh calon penonton YouTube adalah thumbnailnya. Thumbnail ini merupakan cover atau gambaran kecil dari isi video YouTube.

Nah, untuk membuat thumbnail juga harus relevan ya dengan isi video yang kamu upload di channel YouTube. Karena, kalau nggak relevan ada kemungkinan orang tersebut tidak akan menonton video YouTube kamu sampai habis.

“Lalu, gimana cara membuat thumbnail yang menarik?”

Untuk membuat thumbnail yang menarik, kamu bisa banyak mencari tahu tentang cara mengedit foto di internet atau bahkan di YouTube.

Apalagi sekarang ini kamu sudah bisa mengedit foto menggunakan aplikasi edit foto di Android, iPhone bahkan PC. Jadi, nggak ada alasan untuk tidak bisa membuat thumbnail yang menarik ya!

7. Pahami Algoritma YouTube

Cara Menjadi YouTuber

Pahami Algoritma YouTube

Cara menjadi YouTuber pemula yang ketujuh adalah dengan memahami algoritma YouTube. Algoritma YouTube adalah sistem komputer yang akan menentukan video mana yang nantinya akan dilihat oleh penontonnya.

Jadi, YouTube yang akan menentukan apakah video YouTube kamu layak untuk ditemukan di pencarian dengan mudah atau tidak. Algoritma YouTube yang paling berpengaruh adalah interaksi dengan audiens-nya.

Seperti video apa sih yang akan audiens tonton maupun yang tidak, kemudian berapa banyak waktu yang dihabiskan audiens untuk menonton video di YouTube.

Selain itu, ada juga interaksi lainnya seperti komentar, like, dislike bahkan ‘not interested’ atau video yang audiens tidak tertarik untuk meng-klik.

Nah, algoritma ini setiap tahunnya selalu berganti loh gaes. Jadi, kamu harus sering-sering mencari tahu ya tentang algoritma YouTube untuk dipelajari.

YouTuber dengan penghasilan terbesar di Indonesia juga sering mencari tahu tentang alogritma YouTube juga loh gaes di internet. Algortitma inilah yang membuat mereka sukses.

Kalau kamu sudah paham, maka kamu akan lebih mengerti konten, judul dan thumbnail seperti apa sih yang paling disukai oleh audiens kamu di YouTube.

8. Kolaborasi dengan YouTuber Lain

Cara Menjadi YouTuber

Kolaborasi dengan YouTuber Lain

Cara jadi YouTuber yang kedelapan adalah dengan berkolaborasi dengan YouTuber lain. Nah, untuk memperkuat audiens atau subscriber maka kamu harus bekerja sama dengan YouTuber lain.

Keuntungan berkolaborasi dengan YouTuber lain adalah akan ada kemungkinan subscriber orang yang kamu ajak kolaborasi tersebut juga subscribe channel YouTube milikmu.

Apalagi saat ini YouTuber Indonesia sedang gencar sekali dengan slogan “YouTube bukan lagi zamannya bersaing tapi zamannya berkolaborasi“. Jadi, nggak ada salahnya kamu mengajak YouTuber lain untuk kolaborasi.

“Tapi kalau untuk pemula bagaimana ngajak kolaborasinya?”

Nah, untuk yang pemula biasanya akan sangat sulit sekali berkolaborasi dengan YouTuber terkenal. Kalaupun bisa, kamu diharuskan untuk membayar YouTuber tersebut.

Kalau uang kamu belum cukup nih, alternatifnya kamu bisa mengajak YouTuber dengan jumlah subscriber-nya tidak jauh berbeda dengan kamu. Biasanya dengan jumlah subscriber yang masih setara ini masih pada mau kok diajak kolaborasi.

Selain itu, kamu juga bisa kok mengajak teman atau saudaramu untuk berkolaborasi mengisi konten YouTube kamu walaupun mereka tidak membuat YouTube.

Baca Juga: Cara Melihat Subscriber YouTube Beserta Waktu Subscribe-nya

9. Share Video YouTube ke Semua Media Sosial

Cara Menjadi YouTuber

Share Video YouTube ke Semua Media Sosial

Selanjutnya cara menjadi YouTuber yang kesembilan adalah dengan membagikan video YouTube ke semua media sosial yang kamu miliki seperti Instagram, Facebook atau Twitter.

Media sosial ini menjadi media untuk menyebarluaskan konten video YouTube kamu. Yaaa, walaupun masih sedikit yang meng-klik juga masih lumayan kok.

Nah, kalau kamu konsisten membuat konten di YouTube dan membagikannya maka followers kamu juga nantinya akan penasaran kok, apa sih konten yang kamu buat di YouTube.

Jangan lupa juga untuk meminta bantuan teman-teman kamu untuk membagikan video YouTube milikmu di media sosialnya ya!

10. Terima Kritik dan Saran dari Orang Lain

Cara Menjadi YouTuber

Terima Kritik dan Saran dari Orang Lain

Cara menjadi YouTubers berikutnya adalah dengan menerima kritik dan saran dari orang lain. Jangan patah semangat ya kalau ada orang lain yang mengkritik video YouTube kamu.

Jadikan kritik dan sarannya, sebagai revisi kamu kedepannya dalam membuat video di YouTube. Nah, untuk mendapatkan feedback seperti ini, kamu bisa melakukannya setelah video berakhir.

Cobalah untuk mengajak penonton berkomentar tentang video yang kamu buat di YouTube. Dengan begitu, kamu akan terus-menerus mendapatkan masukan dan memperbaikinya.

Tips & Trik YouTube Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tahu kan cara jadi YouTuber untuk pemula agar sukses. Nah, kalau kamu punya cara lainnya, boleh banget loh tulis di kolom komentar bawah sini 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top