Tips

7 Tips Mengatasi Charging yang Lambat di Smartphone

Home / Android / Tips / 7 Tips Mengatasi Charging yang Lambat di Smartphone

Memiliki baterai smartphone Android yang awet, pasti akan membuat kamu betah bermain game petualangan di Android. Nah, ketika baterai smartphone sudah habis, maka hal yang akan kamu lakukan adalah men-charge-nya.

Tapi apa kamu pernah merasa, ketika men-charge smartphone tapi sangat lambat? Tenang aja, TipsPintar.com akan memberikan tips-tips untuk mengatasi smartphone yang lambat ketika sedang di-charge.

Airy Rooms
BACA
Cara Mengatasi Smartphone yang Tidak Bisa Di-charge

Inilah Tips Mengatasi Smartphone yang Lambat Di-charge

Daripada penasaran cara untuk mengatasi smartphone yang lambat ketika di-charge. Untuk itu, simak baik-baik artikel yang satu ini yuk.

1. Mengganti USB Charger Smartphone

Mengganti USB

Mengganti USB

Tips yang pertama adalah mengganti USB charger smartphone. Kini charger smartphone terpisah antara adaptor dengan USB. Fungsi dari USB sendiri adalah menyalurkan aliran listrik ke smartphone.

Ketika smartphone sedang di-charge tetapi lambat. Mungkin saja USB kamu mengalami masalah sehingga charge smartphone menjadi lebih lama daripada biasanya yang cepat. Biasanya USB rusak itu karena kamu sering menggulung kabel USB-nya.

Baca Juga: 7 Ciri-ciri Baterai Smartphone yang Sudah Bocor, Harus Ganti?

2. Menggunakan Charger Asli Bawaan

Charger Smartphone

Charger Smartphone

Tips yang selanjutnya adalah menggunakan charger asli bawaan. Ketika kamu membeli smartphone baru, pasti akan mendapatkan charger yang dimana sangat cocok untuk smartphone kamu.

Menggunakan charger bawaan pasti sangat cocok untuk smartphone itu, karena setiap smartphone memiliki tekanan listrik yang harus sesuai dengan kebutuhan dari aliran listrik smartphone kamu.

Ketika charger yang memiliki tekanan listrik yang tidak sesuai dengan kebutuhan dari smartphone. Pasti kamu akan men-charge lebih lama dari biasanya dan baterai kamu bisa bocor loh.

Baca Juga: 5 Cara Bedakan Charger Samsung Asli dan Palsu

3. Matikan Smartphone Ketika Di-Charge

Mematikan Smartphone

Mematikan Smartphone

Tips yang selanjutnya adalah mematikan smartphone ketika di-charge. Mematikan smartphone akan meningkatkan kecepatan ketika charge. Karena smartphone akan menutup seluruh sistem maupun aplikasi.

Sehingga aliran listrik tidak akan terbuang karena adanya aplikasi yang sedang berjalan dan pengisian baterai smartphone akan lebih cepat daripada smartphone dihidupkan.

Baca Juga: STOP! Jangan Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Baterai HP Kamu Awet!

4. Jangan Menggunakan Smartphone Ketika Di-charge

Menggunakan Smartphone

Menggunakan Smartphone

Tips yang selanjutnya adalah jangan menggunakan smartphone ketika sedang di-charge. Terlebih lagi jika kamu bermain game sambil men-charge smartphone. Baterai smartphone tidak akan bisa terisi dengan cepat.

Untuk itu, jangan kamu gunakan ketika smartphone sedang di-charge. Karena, itu bisa berdampak buruk bagi baterai smartphone kamu seperti, baterai smartphone kamu yang akan bocor nantinya.

Baca Juga: 5 Tips Menghemat Baterai Smartphone Agar Tahan Seharian

5. Jangan Men-charger Melalui Laptop

Charger Melalui Laptop

Charger Melalui Laptop

Tips yang selanjutnya adalah jangan men-charger malalui laptop. Ketika sedang berada di depan laptop dan kamu ingin men-charge smartphone. Pasti kamu akan men-charger-nya melalui laptop tersebut.

Tapi apa kamu tahu? Bahwa men-charge smartphone melalui laptop itu akan membuat baterai smartphone akan terisi lebih lama. Karena aliran listrik akan berbeda jauh dan kamu jangan kaget ketika baterai smartphone terisi lambat.

Baca Juga: Cara Mempercepat Pengisian Baterai Hingga 3x Lipat

6. Menutup Aplikasi Ketika Di-charge

Menutup Aplikasi

Menutup Aplikasi

Tips yang selanjutnya adalah menutup aplikasi ketika di-charge. Men-charge sambil membuka aplikasi akan membuat baterai smartphone akan lebih lambat ketika di-charge.

Aplikasi yang sedang berjalan akan membuat baterai smartphone lebih lambat ketika sedang diisi. Untuk itu, coba tutup semua aplikasi yang sedang berjalan agar baterai smartphone bisa terisi dengan cepat.

Baca Juga: Cara Mempercepat Pengisian Baterai Hingga 200%

7. Mengganti Baterai Smartphone

Mengganti Baterai Smartphone

Mengganti Baterai Smartphone

Tips yang terakhir adalah mengganti baterai smartphone. Ketika kamu sudah melakukan semua tips itu tapi tetap saja lambat ketika di-charge. Itu bisa saja baterai smartphone kamu mengalami masalah.

Mungkin baterai smartphone kamu yang sudah mulai bocor yang dimana ketika di-charge lebih lambat. Untuk itu kamu harus mengganti baterai smartphone yang bisa kamu beli di Bukalapak maupun Tokopedia.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Baterai HP yang Bocor (100% Ampuh)

Nah, itu dia 7 Tips Mengatasi Charging yang Lambat di Smartphone. Jika kamu memiliki saran atau pendapat lain. Silahkan berikan di kolom komentar ya dan jangan lupa untuk Share artikel ini agar semakin banyak yang tahu.

Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
Komentar
To Top