Tips

Wajib Tau Sebelum Membeli! Cara Cek HP Oppo Asli atau Palsu

Wajib Tau Sebelum Membeli! Cara Cek HP Oppo Asli atau Palsu 6

Seiring berkembangnya dan banyaknya permintaan pasar mengenai teknologi di eletronik saat ini membuat banyak pedagang yang nakal. Maksudnya adalah banyak beredarnya barang elektronik palsu yang dijual di pasaran, contohnya HP palsu.

Biasanya produk palsu ini dibuat dengan komponen yang kurang berkualitas sehingga mudah rusak. Ada juga pedagang yang menjualnya dengan harga asli padahal barang yang dijual adalah barang palsu. Lalu, buat kamu yang ingin membeli HP Oppo, bagaimana yaa cara membedakan HP Oppo asli dan palsu? Yuk, langsung disimak aja gaes..

BACA
Agar Tidak Tertipu! Ini 10 Tips Membeli HP Oppo Bekas

Awas Kena Tipu! Ini Cara Bedakan HP Oppo Asli dan Palsu!

Nah, kali ini TipsPintar.com akan mengulas cara membedakan HP Oppo Asli dan Palsu. Jadi, simak baik-baik ya gaes..

1. Periksa Spesifikasi HP

Periksa Spesifikasi HP

Periksa Spesifikasi HP

Cara membedakan HP Oppo asli dan palsu yang pertama adalah dengan memeriksa spesifikasi HP Oppo tersebut. Hal ini penting banget gaes, mengingat HP Oppo yang palsu memiliki spesifikasi yang jauh berbeda dibandingkan yang aslinya.

Nah, coba kamu cari referensi spesifikasi HP Oppo asli yang seharusnya. Contoh HP Oppo asli memiliki RAM 2 GB, sedangkan HP Oppo yang palsu memiliki RAM 1 GB saja dari sini sudah jelas yaa kalau HP Oppo tersebut palsu.

Baca Juga: 5 Cara Bedakan Charger Oppo Asli dan Palsu

2. Periksa Body HP

Periksa Body HP

Periksa Body HP

Cara membedakan HP Oppo asli atau palsu yang kedua adalah dengan memeriksa body HP tersebut. Biasanya HP Oppo yang asli memiliki body yang tidak berkualiatas atau terlihat ngasal.

Sedangkan, HP Oppo yang asli memiliki body yang sangat berkualitas karena sebelum produksi sudah masuk ke dalam cek kualitas dari pabriknya.

Baca Juga: 5 Tips Jitu Bedakan Power Bank Asli atau Palsu (100% Akurat)

3. Perhatikan Berat HP

Perhatikan Desain HP

Perhatikan Desain HP

Cara membedakan HP Oppo asli dan palsu yang ketiga adalah dengan memperhatikan berat HP. Sama seperti point yang kedua, kamu harus memeriksa berat HP Oppo yang akan kamu beli.

Biasanya HP Oppo yang asli memiliki berat yang lebih ringan dibandingkan HP Oppo yang palsu. Misalnya HP Oppo asli memiliki berat 130 gram maka HP Oppo palsu memiliki berat 140 gram.

Selain itu, HP Oppo palsu memiliki warna yang lebih pudar dibandingkan HP Oppo yang asli. Karena, HP Oppo asli dibuat dengan bahan warna yang berkualitas.

Baca Juga: 5 Cara Bedakan Charger Xiaomi Asli dan Palsu

4. Perhatikan Kejernihan Layar HP

Perhatikan Kejernihan Layar HP

Perhatikan Kejernihan Layar HP

Perbedaan HP Oppo asli dan palsu yang keempat adalah dengan memperhatikan kejernihan layar HP. Perlu kamu ketahui gaes, HP Oppo yang asli dirancang dengan layar yang sangat jernih.

Sedangkan, HP Oppo palsu kerjenihan layarnya terlihat pudar atau buram dibandingkan dengan layar HP Oppo yang asli. Karena, HP Oppo yang asli memang dibuat dengan bahan yang sangat berkualitas dan telah melewati pengecekkan barang yang berkualitas.

Baca Juga: 5 Cara Bedakan Charger Asus Asli dan Palsu

5. Periksa Fitur NFC

Periksa Fitur NFC

Periksa Fitur NFC

Cara membedakan HP Oppo asli atau palsu yang kelima adalah dengan memeriksa fitur NFC (Near Field Communication). Biasanya fitur NFC ini berguna untuk mentransfer data dari perangkat satu kepada perangkat lainnya.

Nah, untuk memeriksanya kamu bisa membuka bagian casing belakang. HP Oppo asli terlihat konektor NFC yang terdapat timah, sedangkan HP Oppo palsu hanya berupa konektor yang palsu dan tidak terdapat komponen yang berbentuk timah.

Baca Juga: 10 Cara Membedakan Smartphone Samsung Asli dan Palsu

6. Periksa Aplikasi Bawaan

Periksa Aplikasi Bawaan

Periksa Aplikasi Bawaan

Cara membedakan HP Oppo palsu dan asli yang keenam adalah dengan memeriksa aplikasi bawaan. Biasanya HP Oppo asli terdapat banyak aplikasi bawaan untuk menunjang kebutuhan konsumen.

Sedangkan, HP Oppo palsu aplikasi bawaannya hanya sedikit dan biasanya aplikasi yang memang seharusnya ada di dalam HP malah tidak ada. Jadi, harus tetap waspada ya gaes!

Baca Juga: 5 Cara Bedakan Charger Samsung Asli dan Palsu

7. Periksa Kamera HP

Periksa Kamera HP

Periksa Kamera HP

Cara mengecek HP Oppo asli dan palsu yang ketujuh adalah dengan memeriksa kamera HP. Pasti kamu sudah tau kan kalau HP Oppo merupakan salah satu HP yang memiliki kamera super jernih.

Nah, biasanya HP Oppo palsu memiliki kamera yang tidak jernih atau terlihat buram. Bahkan biasanya hasil foto yang diambil terlihat pecah dibandingkan pengambilan foto dari HP Oppo asli.

Baca Juga: 5 Cara Bedakan Charger Vivo Asli dan Palsu

8. Cek IMEI HP

Cek IMEI HP

Cek IMEI HP

Cara cek HP Oppo asli atau palsu yang kedelapan adalah dengan mengecek IMEI HP Oppo tersebut. Untuk melihat kode IMEI kamu bisa melihat di dus atau melalui dial UMB dengan kode *#06# dan juga di baterai HP Oppo.

Selanjutnya akan muncul kode IMEI HP Oppo tersebut. Kemudian kamu bisa mencocokkannya dengan yang ada di HP kamu, dus dan juga baterai HP Oppo tersebut. Jika kode berbeda, sudah dipastikan HP Oppo tersebut adalah palsu.

Baca Juga: 10 Tips Penting Sebelum Beli iPhone Second

9. Garansi HP Oppo

Garansi HP

Garansi HP Oppo

Perbedaan cek HP Oppo asli atau palsu yang kedelapan adalah dengan memeriksa garansi HP Oppo tersebut. Biasanya HP Oppo yang asli memiliki garansi selama 1 sampai dengan 2 tahun.

Sedangkan, HP Oppo yang palsu memiliki garansi kurang dari 1 tahun atau cuma 6 bulan saja. Parahnya lagi HP Oppo palsu biasanya tidak terdapat garansi sama sekali.

Jadi, kamu harus tetap hati-hati ya jika ada penjual HP Oppo yang tidak menyertakan garansi di dalamnya.

Baca Juga: 10 Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

10. Harga HP Oppo

Harga HP Oppo

Harga HP Oppo

Perbedaan HP Oppo asli atau palsu yang kesepuluh adalah dengan melihat harga HP Oppo tersebut. Coba deh sebelum membeli kamu cari informasi tentang referensi harga HP Oppo yang asli.

Karena, biasanya HP Oppo palsu dijual dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga HP Oppo yang asli. Jadi, kamu harus tetap hati-hati yaa gaes, sebelum membelinya.

Baca Juga: 7 Modus Penipuan Online Shop yang Wajib Kamu Ketahui

So, bagaimana sobat pintar? Kamu sudah tau kan perbedaan HP Oppo asli atau palsu. Nah, kalau kamu punya kritik dan saran, langsung tulis di kolom komentar bawah sini ya gaes 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top