Gadget

Wajib Tau! Ini Penyebab HP Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab HP Panas

HP kamu sering panas gara-gara main Mobile Legends? Kok bisa panas ya guys? Ada yang tau kenapa?

Panas pada perangkat elektronik biasa disebut dengan Overheat. Overheat merupakan suatu gejala panas berlebihan yang dihasilkan dari komponen dari suatu mesin.

Biasanya overheat ini akan berakibat buruk kepada mesin, salah satunya mesin akan mengalami kerusakan.

Salah satu perangkat elektronik yang biasa mengalami overheat adalah laptop dan HP. Hal tersebut diakibatkan karena kamu memperlakukannya dengan tidak semestinya.

Lantas apa aja sih penyebab HP cepat panas? Lalu bagaimana cara mengatasi HP yang cepat panas tersebut?

Ternyata Ini Loh Penyebab HP Cepat Panas!

1. Menggunakan HP Secara Berlebihan

Penyebab HP Cepat Panas

Menggunakan HP Secara Berlebihan

Penyebab HP cepat panas yang pertama adalah kamu menggunakannya secara berlebihan. Kebanyakan masyarakat saat ini paling nggak bisa lepas sama HP-nya kan.

Perlu kamu ketahui guys, HP juga butuh istirahat seperti manusia yang membutuhkan istirahat.

Karena, ketika kamu menggunakan secara berlebihan, processor atau mesin yang ada di smartphone akan terus menerus bekerja penuh.

Dan hal itu akan membuat mesin atau processor yang ada di smartphone tersebut akan mengalami overheat. Jika sudah parah, bisa saja smartphone kamu itu meledak.

2. Bermain Game Sambil Di-charger

Penyebab HP Cepat Panas

Bermain Game Sambil Di-charger

Suka banget main PUBG Mobile atau Mobile Legends dalam keadaan smartphone di-charger? Mending tinggalin aktivitas itu mulai dari sekarang deh.

Karena memainkan smartphone yang sedang di-charger bisa membuat penyebab HP cepat panas dan perangkat lainnya seperti charger juga akan panas.

Kok bisa gitu ya?

Hal itu terjadi karena aliran listrik yang masuk ke perangkat kita dari charger tidak akan stabil, dan tentunya hal itu juga membuat baterai HP cepat panas.

Parahnya lagi, jika kamu terus-menerus melakukan kebiasaan ini, bisa saja HP kamu akan meledak dan juga terbakar loh!

3. Menggunakan Charger Palsu

Penyebab HP Cepat Panas

Menggunakan Charger Palsu

Penyebab HP cepat panas selanjutnya adalah kamu menggunakan charger yang palsu. Ketika melakukan charger, biasanya charger yang kamu gunakan itu asli atau palsu guys?

Kalau palsu, pantas deh kalau HP kamu jadi cepat panas. Karena dengan charger palsu menyebabkan arus listrik yang masuk ke HP berbeda dengan yang seharusnya.

Hasilnya, ketika kamu melakukan charger dalam waktu yang lumayan lama, bagian belakang smartphone kamu akan terasa panas.

4. Terlalu Lama Di-charger

Penyebab HP Cepat Panas

Terlalu Lama Di-charger

Sering charger HP semalaman? Kalau iya, coba untuk menghilangkan kebiasaan buruk itu mulai dari sekarang deh. Soalnya ini juga salah satu penyebab HP cepat panas.

“Kok gitu?”

Karena, ketika kamu mencharger HP dalam waktu yang cukup lama contohnya seperti semalaman, maka si HP ini akan kelebihan daya atau overcharged.

Sehingga HP kamu akan cepat panas, dan parahnya lagi HP kamu bisa saja meledak akibat terlalu lama di-charger.

5. Terlalu Banyak Membuka Aplikasi

Penyebab HP Cepat Panas

Terlalu Banyak Membuka Aplikasi

Penyebab HP mengalami overheat atau panas lainnya adalah karena terlalu banyak membuka aplikasi.

Jika HP kamu sering kali mengalami overheat, bisa jadi hal itu karena kamu terlalu banyak membuka atau menjalankan aplikasi guys.

Hal itu tentunya juga yang menyebabkan HP kamu cepat panas. Karena, CPU yang terdapat di HP bekerja terlalu besar sehingga menghasilkan panas yang berlebihan kepada komponen HP kamu.

6. Terlalu Banyak Fitur yang Aktif

Penyebab HP Cepat Panas

Banyak Fitur yang Nyala

Penyebab HP cepat panas berikutnya adalah kamu terus mengaktifkan fitur seperti WiFi, Bluetooth, GPS, dan lainnya dalam waktu yang cukup lama juga bisa membuat HP kamu panas loh.

Pasti kamu sering lupa menonaktifkan fitur GPS, Bluetooth, WiFi dan juga Sinkronisasi padahal sudah tidak menggunakannya kan?

Sama seperti point sebelumnya, fitur tersebut akan menambahkan beban kinerja si CPU pada HP kamu. Sehingga akan timbul suhu panas pada HP kamu.

7. Terdapat Virus di HP

Penyebab HP Cepat Panas

Terdapat Virus di HP

Jika kamu bingung kenapa sih HP kita cepat banget overheat padahal jarang main HP dan juga tidak menggunakan charger palsu, mungkin salah satu penyebabnya adalah terdapat virus di HP kamu guys!

Si virus ini terus bekerja di belakang atau background sistem HP kamu untuk terus bisa mengakses informasi yang terdapat di HP kamu.

Nah, kinerja si virus inilah yang terus membebani kinerja CPU yang terdapat di HP kamu guys! Coba kamu install aplikasi antivirus, lalu coba hilangkan virus di HP kamu.

8. Menyimpan HP di Tempat yang Suhunya Panas

Penyebab HP Cepat Panas

Menyimpan HP di Tempat Panas

Perlu kamu ketahui guys, HP merupakan salah satu gadget yang sangat sensitif terhadap suhu yang panas. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu untuk tidak meletakkan HP di sembarang tempat.

Selain suhu panas dari sinar matahari, suhu panas yang dihasilkan dari televisi, laptop, atau barang elektronik lainnya juga menyebabkan HP kamu juga cepat panas.

9. Kualitas Baterai Sudah Memburuk

Penyebab HP Cepat Panas

Kualitas Baterai Sudah Memburuk

Jika kamu menggunakan smartphone dalam jangka waktu yang cukup lama, maka bisa saja smartphone tersebut mengalami overheat akibat kondisi baterai yang sudah buruk.

BACA
Cara Browsing di Google Chrome Tanpa Koneksi Internet

Entah itu bocor, mengembung, atau apapun yang membuat kualitas baterai smartphone kamu jadi menurun. Tentu hal itu bisa menjadi penyebab HP kamu panas guys.

10. Jaringan Internet yang Tidak Stabil

Penyebab HP Cepat Panas

Tidak Ada Koneksi Internet

Perlu kamu ketahui guys, ketika HP tidak mendapatkan sinyal atau sinyal tidak stabil maka HP akan bekerja sangat keras.

Hal itu terjadi karena HP akan terus mencari sinyal supaya koneksi jaringan di HP kamu tetap stabil. Nah, hal inilah yang menyebabkan kinerja CPU dan juga baterai terlalu berat sehingga HP kamu akan cepat panas.

Nah, itulah beberapa penyebab hp panas yang tentu sering kita lakukan ya. Lantas bagaimana cara mengatasi penyebab-penyebab tersebut?

Ini Cara Mengatasi HP Panas dengan Mudah

Nah, kan kamu udha tau nih penyebab HP cepat panas, sekarang kita bahas yuk mengatasi HP yang cepat panas, kamu bisa mengikuti beberapa cara berikut ini.

1. Istirahatkan Smartphone

Penyebab HP Cepat Panas

Istirahatkan Smartphone

Jika kamu sangat maniac terhadap game, maka mulai sekarang harus mulai memperhatikan waktu deh. Istirahatkan smartphone kamu agar tidak terus-menerus aktif guys.

Jangan paksa smartphone kamu untuk melayani aktivitas kamu selama 24 jam penuh. Karena hal itu akan membuat smartphone menjadi overheat, bahkan rusak.

2. Gunakan Charger Asli

Penyebab HP Cepat Panas

Gunakan Charger Asli

Charger original kamu rusak, maka kamu harus membeli yang baru guys. Jangan sekali-kali kamu mencoba menggunakan charger palsu.

“Emang kenapa? Kan sama aja fungsinya”.

Yaps, memang fungsinya sama, namun dengan menggunakan charger palsu justru membuat smartphone kamu akan mengalami overheat guys.

Oleh sebab itu ketika charger original kamu rusak, ada baiknya untuk membeli yang baru. Eits, tapi kamu juga harus pandai membedakan charger original dengan yang palsu ya.

3. Matikan Fitur yang Tidak Dibutuhkan

Penyebab HP Cepat Panas

Matikan Fitur yang Tidak Dibutuhkan

Biasanya kita sering lupa mematikan fitur yang digunakan seperti WiFi, Bluetooth, atau lainnya kan?

Nah, mulai dari sekarang, cobalah untuk selalu menonaktifkan fitur yang tidak dibutuhkan. Cukup gunakan fitur yang dirasa benar-benar dibutuhkan.

Dengan begitu, kamu dapat menghemat penggunaan daya smartphone guys, dan tentunya smartphone overheat nggak bakal kamu rasain deh.

4. Kurangi Aktivitas Multitasking

Penyebab HP Cepat Panas

Kurangi Aktivitas Multitasking

Melakukan berbagai aktivitas secara bersamaan atau biasa disebut Multitasking memang sangat membantu banget ya guys.

Namun kamu juga perlu memperhatikan suhu dari perangkat yang kamu gunakan ya. Karena dengan banyaknya aplikasi yang berjalan pada saat bersamaan bisa membuat HP cepat panas loh.

Belum lagi ditambah dengan aplikasi yang berjalan di latar belakang. Duh, dijamin HP kamu akan mudah overheat deh.

Nah, untuk mengatasinya kamu perlu mengurangi aktivitas multitasking. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk mengontrol aplikasi yang berjalan di latar belakang.

5. Gunakan Aplikasi Pendingin

Penyebab HP Cepat Panas

Gunakan Aplikasi Pendingin

Untuk mengatasi smartphone yang cepat panas, kamu bisa memanfaatkan beberapa aplikasi pendingin HP guys.

Aplikasi-aplikasi yang bisa kamu gunakan antara lain adalah Cooler, Cooler Master, dan Phone Cooler Master.

6. Jangan Simpan HP di Tempat Panas dan Beri ‘Ventilasi Udara’

Penyebab HP Cepat Panas

Jangan Simpan HP di Tempat Panas

Kamu sembarangan meletakkan smartphone? Mulai sekarang kamu harus perhatikan tempat meletakkan smartphone itu guys.

Jangan letakkan smartphone di tempat panas, atau di sekitaran perangkat yang mengandung hawa panas ya guys.

Oh iya, jika kamu bepergian, tentu selalu membawa smartphone kemana pun kan? Pasti meletakkannya di tas atau celana jeans yang super ketat.

Nah, meletakkan smartphone di tempat tertutup gitu juga bisa membuat HP panas. Untuk mengatasinya, ada baiknya sesekali untuk mengeluarkan smartphone agar mendapat udara segar.

7. Cek Kondisi Baterai

Penyebab HP Cepat Panas

Cek Kondisi Baterai

Buat kamu yang menggunakan smartphone dengan battery removable, kamu bisa melihat secara langsung kondisi baterai yang kamu gunakan.

Apakah baterai sudah bocor, mengembung, atau yang lainnya. Nah, jika baterai kamu sudah bocor atau mengembung, ada baiknya untuk segera mengganti baterai tersebut.

Nah, sebelum mengganti baterai yang bocor, kamu juga bisa memperbaiki baterai bocor tersebut loh. Berikut ini cara memperbaiki baterai HP yang bocor.

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Bocor

Penyebab HP Cepat Panas

Cara Memperbaiki Baterai HP yang Bocor

Untuk memperbaiki baterai HP yang bocor, kamu bisa melakukan langkah-langkah berikut ini. Oh, iya cara ini hanya berlaku untuk baterai yang removable ya.

  • Mula-mula, copot baterai smartphone lalu diamkan untuk beberapa saat.
  • Masukkan baterai tersebut ke dalam kantong plastik, lalu ikat hingga tidak ada udara di dalamnya.
  • Masukkan baterai tersebut ke dalam freezer atau lemari pendingin. Tunggu hingga 12 jam atau sampai benar-benar beku.
  • Jika dirasa sudah cukup membeku, kamu bisa mengeluarkan baterai tersebut. Diamkan baterai yang beku tadi hingga suhunya kembali normal.
  • Apabila suhu baterai sudah normal, kamu bisa memasangnya kembali ke smartphone, dan charger selama 8 jam. Pastikan kamu melakukan charger dalam keadaan HP yang mati.
  • Jika sudah di-charger, coba nyalakan smartphone tersebut dan lihat perubahan yang terjadi. Daya baterai smartphone kamu akan bertahan lebih lama daripada sebelumnya.

Cara tersebut tidak dapat membuat baterai kamu seperti baru, hanya saja dapat digunakan untuk waktu yang lebih lama.

Jika baterai smartphone kamu sudah bocor parah, maka sebaiknya mengganti dengan baterai baru yang sesuai dengan tipe smartphone kamu.

Akhir Kata

Itulah penyebab HP cepat panas dan cara mengatasi HP panas dengan mudah. Gimana guys? Udah nyelesain masalah kamu? Tulis di kolom komentar ya!

Oh iya, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman kamu yang HP-nya juga gampang panas ya!

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top