Kepo

5 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bertentangan dengan Medis

Home / Kepo / Lifestyle / 5 Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bertentangan dengan Medis

Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bertentangan dengan Medis

Ada banyak kebiasaan sepele yang berbahaya untuk kesehatan, seperti jarang minum air putih dan jarang berolahraga.

Namun ada juga mitos SD yang masih dipercaya. Hal tersebut hanya sebenarnya karena kebiasaan yang sering kita lakukan aja. Padahal menurut medis itu salah atau bertentangan,

Nah, berikut ini kebiasan simple yang bertentangan dengan medis! Jadi, simak baik-baik ya!

Ini Kebiasaan Sepele yang Bertentangan dengan Medis

Pasti salah satu diantara kamu ada yang melakukan kebiasaan berikut ini deh!

1. Kerokan Ketika Masuk Angin

Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bertentangan dengan Medis

Kerokan Ketika Masuk Angin

Kebiasaan sepele yang ternyata bertentangan dengan medis pertama adalah kerokan ketika masuk angin. Yups, pasti kamu tau dong nama penyakit khas orang Indonesia yaitu masuk angin.

Yups, biasanya saat masuk angin, orang Indonesia kerap melakukan kerokan untuk penyembuhan. Bahkan katanya kalau kerokan dan muncul tanda yang sangat merah berarti bertanda angin yang keluar.

Padahal menurut ahli medis, tanda merah pada kulit ini disebabkan pecahnya pembuluh kapiler darah yang berada di kulit. Makanya gak heran kalau kerokan ini menimbulkan tanda merah.

Walaupun sebenarnya kerokan ini tidak apa-apa jika dilakukan, akan tetapi kalau kamu terlalu sering kerokan maka akan mengganggu fungsi kinerja dalam tubuh.

2. Menggunakan Selimut Ketika Demam

Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bertentangan dengan Medis

Menggunakan Selimut Ketika Demam

Kebiasaan sepele yang ternyata bertentangan dengan medis berikutnya adalah menggunakan selimut ketika demam. Saat demam biasanya orang akan mengalami kondisi tubuh yang tidak enak dan menggigil seperti orang kedinginan.

Dan kebanyakan dari kita justru menghilangkan rasa demam dan menggigil tersebut dengan menggunakan pakaian yang hangat dan selimut tebal. Padahal menurut medis hal tersebut salah loh gaes!

Dengan menggunakan selimut tebal saat demam, justru akan berefek meningkatkan suhu dan menyebabkan kejang-kejang. Justru untuk menurunkan demam yang tepat, kamu harus memperbanyak minum air putih, istirahat dan mandi air hangat.

Karena jika kamu kurang minum, maka akan membutuh tubuh kekurangan cairan dan dehidrasi. Akibat jika kurang minum air putih juga akan membuat kamu cepat sakit. Jadi, sering-sering minum air putih yang cukup ya!

3. Tidak Menggunakan Sunblock di Dalam Ruangan

Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bertentangan dengan Medis

Tidak Menggunakan Sunblock di Dalam Ruangan

Kebiasaan sepele yang ternyata bertentangan dengan medis selanjutnya adalah tidak menggunakan sunblock di dalam ruangan. Sadar gak? Kalau kebanyak orang justru menggunakan sunblock atau tabir surya ketika cuaca panas atau sedang pergi aja.

Padahal meskipun kamu berada di dalam rumah, sekolah ataupun kantor, kamu harus tetap menggunakan sunblock loh! Hal ini dikarenakan sinar matahari mengandung sinar UVA dan sinar UVB.

Sinar UVA ini akan mempengaruhi kulit kamu berisiko penuaan dini dan berisiko terkena kanker kulit. Makanya tidak menggunakan sunblock, menjadi kebiasaan buruk yang bikin wajah cepat tua.

4. Minum Kopi Setelah Bangun Tidur

Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bertentangan dengan Medis

Minum Kopi Setelah Bangun Tidur

Kebiasaan simple yang ternyata bertentangan dengan medis berikutnya adalah minum kopi setelah bangun tidur. Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan salah satu negara penghasil biji kopi terbesar di dunia.

Mungkin hal inilah yang membuat penduduknya sering minum kopi, bahkan saat bangun tidur pun langsung minum kopi. Padahal meminum kopi sehabis bangun tidur berbahaya loh gaes.

Menurut medis bisa merusak sistem kekebalan tubuh. Hal ini karena kortisol yang merupakan hormon yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan fokus, tiba-tiba meningkat dan mempengaruhi metabolisme tubuh.

5. Ketika Ada Luka Tidak Boleh Makan Telur dan Daging

Kebiasaan Sepele yang Ternyata Bertentangan dengan Medis

Ketika Ada Luka Tidak Boleh Makan Telur dan Daging

Kebiasaan simple yang ternyata bertentangan dengan medis terakhir adalah ketika ada luka tidak boleh makan telur dan daging. Yups, saat kamu memiliki luka basah yang tidak kunjung kering, maka ada beberapa orang yang menyarankan untuk tidak makan telur dan daging loh!

Padahal menurut medis, kedua makanan ini memiliki protein yang mampu membantu memperbaiki otot, kulit dan juga jaringan tubuh lainnya. Selain itu, protein juga bisa berguna untuk melawan infeksi serta menyeimbangkan cairan tubuh.

Meskipun begitu, telur dan daging merupakan makanan yang berbahaya jika disimpan di freezer terlalu lama. Karena ditakutkan sudah tercampur kuman dan mempengaruhi makanan lainnya.

So, itulah beberapa kebiasaan simpel yang bertentangan dengan medis. Nah, menurut kamu, apa lagi sih kebiasaan sepele yang bertentangan dengan medis? Kalau ada, jangan lupa tulis di kolom komentar bawah sini 🙂

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top