Lifestyle

5 Macam-macam Kecerdasan pada Manusia Selain IQ

Macam-macam Kecerdasan pada Manusia

Salah satu ciri orang jenius adalah memiliki IQ atau Intelligence Quotient yang tinggi. IQ ini merupajan kemampuan menalar, merencanakan sesuatu, memecahkan masalah, memahami dan cepat tanggap dalam belajar. Hampir rata-rata semua manusia diberikan IQ namun dengan tingkat yang berbeda-beda.

Nah, salah satu manusia paling jenius di dunia yang dikenal di Indonesia adalah Alm. B.J. Habibie. Beliau memiliki skor IQ hingga 200 gaes. Makanya nggak heran kalau salah satu fakta menarik B. J. Habibie, ia menjadi putra bangsa yang bisa membuat pesawat terbang.

Eits, walaupun begitu, bukan hanya IQ aja yang dimiliki manusia. Ada juga kecerdasan lainnya. Penasaran kan ada apa aja? Makanya langsung simak nih macam-macam kecerdasaan pada manusia berikut ini!

Bukan Hanya IQ! Ini Macam-Macam Kecerdasan pada Manusia

Jadi, jangan malu ya gaes kalau kamu memiliki IQ rendah, siapa tau kamu memiliki skor tinggi di salah satu kecerdasan berikut ini.

1. Emotional Quotient (EQ)

Macam-macam Kecerdasan pada Manusia

Emotional Quotient (EQ)

Macam-macam kecerdasan pada manusia yang pertama adalah Emotional Quotient (EQ). Emotional Quotient ini merupakan kecerdasan emosional yang dimana berhubungan dengan kemampuan manusia untuk menyadari dan mengontrol emosinya sendiri.

Nggak cuma itu aja, kecerdasan ini mampu untuk merespons emosi orang lain dan menggunakan emosi tersebut untuk memotivasi dirinya sendiri. Jadi, walaupun kamu memainkan game yang membuat emosi, jika memiliki kecerdasaan ini kamu akan bisa mengendalikan emosimu bukan sebaliknya.

2. Spiritual Quotient (SQ)

Macam-macam Kecerdasan pada Manusia

Spiritual Quotient (SQ)

Macam-macam kecerdasan pada manusia selain IQ yang kedua adalah Spiritual Quotient (SQ). Spiritual Quotient merupakan kecerdasan spiritual yang dimana kecerdasan ini berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk bisa memahami makna hidup dan membuat hidupnya menjadi positif.

Biasanya orang yang memiliki kecerdasan Spiritual Quotient ini mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Selain itu, orang tersebut merupakan salah satu pribadi yang menyenangkan sehingga segala sesuatunya memiliki makna dan dijadikan kegiatan positif.

3. Creativity Quotient (CQ)

Macam-macam Kecerdasan pada Manusia

Creativity Quotient (CQ)

Macam-macam kecerdasan pada manusia yang ketiga adalah Creativity Quotient (CQ). Creativity Quotient merupakan kecerdasan kreativitas, kecerdasan ini memang berhubungan dengan adanya kreativitas. Maksudnya, kamu bisa menemukan bahkan menciptakan sesuatu yang baru dari bidang teknologi maupun ilmu.

Biasanya orang yang memiliki kecerdasan ini mempunyai untuk bisa menemukan ide baru dan selalu berpikir out of the box. Sepertinya hampir semua CEO teknologi terbaik di dunia memiliki kecerdasan ini deh. Soalnya mereka semua mampu menciptakan hal baru yang bermanfaat untuk orang banyak.

4. Adversitas Quotient (AQ)

Macam-macam Kecerdasan pada Manusia

Adversitas Quotient (AQ)

Macam-macam kecerdasan pada manusia selain IQ yang keempat adalah Adversitas Quotient (AQ). Adversitas Quotient ini merupakan kecerdasan dalam menghadapi kesulitan. Yups, kemampuan ini sebenarnya diperlukan oleh kita loh! Karena, dalam hidup sudah pasti kita bakalan menghadapi tantangan.

Nah, orang yang memiliki kecerdasan ini bisa menghadapi semuanya dengan semangat dan pantang menyerah. Jika orang yang tidak memiliki kecerdasaan ini biasanya akan kabur ketika dihadapkan masalah.

Oh iya, salah satu contoh orang yang memiliki kecerdasaan ini adalah orang yang suka hiking di gunung paling angker di Indonesia maupun gunung berapi paling berbahaya di dunia. Karena, ketika mereka mendapatkan masalah saat hiking, mereka harus mencari jalan keluarnya sendiri.

5. Trancendental Quotient (TQ)

Macam-macam Kecerdasan pada Manusia

Trancendental Quotient (TQ)

Macam-macam kecerdasan pada manusia yang terakhir adalah Trancendental Quotient (TQ). Trancendental Quotient ini merupakan kecerdasan yang mampu memaknai hidupnya berdasarkan keagamaan. Kecerdasan ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan SQ. Namun, kecerdasaan ini selalu dilandasi dengan agama dan juga kerohanian.

Biasanya orang ini hidupnya selalu dekat dengan Tuhan yang dipercayainya. Sehingga, orang yang memiliki kecerdasaan ini tidak percaya dengan ilmu sihir atau dukun. Karena, tujuannya mereka hanya untuk di akhirat aja gaes.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan ada apa aja sih macam-macam kecerdasan pada manusia selain IQ. Nah, jangan lupa untuk share artikel mengenai macam-macam kecerdasan pada manusia ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau ada apa aja sih macam-macam kecerdasan pada manusia selain IQ. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai macam-macam kecerdasan pada manusia ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top