Intermezzo

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Ketika Berpuasa

Home / Intermezzo / Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Ketika Berpuasa

Ketika sedang berpuasa pastinya ada banyak tantangan yang harus Kamu lewati ya gaes. Misalnya, seperti menahan rasa lapar, haus dan juga hawa nafsu lainnya. Kamu juga perlu menjauhi beberapa situs haram, genre anime yang haram ditonton ketika puasa.

Jadi, lebih baik Kamu mengisi waktu Kamu dengan hal yang bermanfaat ya gaes, misalnya menonton film sejarah islam atau menonton dakwah di YouTube.

Tapi, selain lapar dan haus, hal yang paling sering di keluhkan selain itu adalah rasa ngantuk ketika berpuasa. Nah, maka dari itu kali ini TipsPintar akan membahas tentang cara mengatasi rasa ngantuk ketika berpuasa. Yuk disimak sampai habis!

Cara Mengatasi Rasa Ngantuk Saat Berpuasa

Pasti rasanya menyebalkan ya gaes kalau mengantuk ketika sedang beraktivitas, apalagi ketika sedang dalam perjalanan. Nah, maka dari itu yuk simak cara mengatasi rasa ngantuk saat berpuasa.

1. Mengobrol dengan Teman

Mengobrol dengan Teman

Biasanya, mengobrol dengan teman akan membuat waktu menjadi berjalan lebih cepat. Apalagi kalau topik pembicaraannya menarik, pastinya hal ini bisa membuat Kamu gak ngantuk lagi gaes.

Tapi, karena Pemerintah sedang memberlakukan PSBB maka Kamu bisa menggunakan fitur Video Call pada Instagram atau aplikasi sosial media lainnya.

2. Berolahraga

Olahraga

Peneliti membuktikan bahwa berjalan kaki selama 10 menit dapat menghasilkan energi yang cukup selama 2 jam. Nah, maka dari itu gaes, berolahraga sangat ampuh untuk mengatasi rasa ngantuk selama berpuasa.

Kamu bisa berolahraga lewat video di YouTube atau menggunakan aplikasi olahraga di smartphone.

3. Cari Hiburan dari Internet

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Ketika Berpuasa

Cari Hiburan dari Internet

Ada banyak hiburan yang bisa Kamu cari di internet untuk menghilangkan rasa mengantuk. Kamu bisa menonton film horor, bermain game perang atau menonton kartun Islam di YouTube.

Dengan melakukan hal-hal yang disuka bisa menghilangkan rasa ngantuk dan juga rasa bosan gaes. Jadi, Kamu bisa melakukan hal-hal tersebut agar tidak ngantuk lagi ketika puasa.

4. Jangan Terlalu Lama di Depan Komputer

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Ketika Berpuasa

Jangan Terlalu Lama di Depan Komputer

Terlalu lama memandang layar komputer bisa membuat mata Kamu lelah loh. Jika mata sudah mulai lelah, maka akan lebih cepat merasa ngantuk. Hal ini bisa membuat Kamu lebih cepat terlelap gaes.

Maka dari itu, alangkah baiknya untuk tidak terlalu lama memandang layar komputer. Kamu bisa sejenak mengalihkan pandanganmu ke arah yang lebih segar seperti langit atau alam luar lainnya. Selain itu, dengan tidak terlalu lama di depan Komputer bisa mencegah terjadinya radiasi pada mata.

5. Atur Pola Tidur

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Ketika Berpuasa

Atur Pola Tidur

Cara paling ampuh untuk mengatasi rasa kantuk adalah mengatur pola tidur agar terlihat fresh ketika berpuasa. Biasanya, terlalu sering begadang bisa membuat pola tidur Kamu menjadi rusak. Alhasil ketika sedang beraktivitas di siang hari Kamu akan merasa lelah ataupun lebih cepat merasa ngantuk.

Jadi, untuk mengatasi rasa ngantuk sebaiknya Kamu membentuk pola tidur agar terlihat fresh ketika berpuasa ataupun beraktivitas di siang hari.

Baca Juga : Penting! 5 Dampak Buruk Jika Jarang Berolahraga

6. Cuci Muka

Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk Ketika Berpuasa

Cuci Muka

Cara terakhir merupakan cara yang sangat umum dilakukan ketika sedang mengantuk ya gaes. Biasanya ketika sedang merasa ngantuk, mencuci muka bisa membuat wajahmu terasa lebih fresh dan tentunya bisa mengatasi rasa ngantuk Kamu ketika sedang beraktifitas ya gaes!

Baca Juga : Hati-Hati! Ini 5 Hal yang Bisa Merusak Kesehatan Otak

Nah itu dia beberapa cara mengatasi rasa ngantuk ketika sedang berpuasa. Bagaimana menurut Kamu? Jangan lupa share artikel ini ke teman Kamu ya!

Artikel Menarik Lainnya!

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top