Lifestyle

Wajib ke Sini! 5 Perpustakaan Paling Unik di Dunia

Perpustakaan Paling Unik di Dunia

Seperti yang kita ketahui kalau salah satu kunci kesuksesan Bill Gates adalah dengan membaca buku. Karena, dengan membaca buku kita telah membuka jendela dunia. Oleh sebab itu, di berbagai negara disediakan perpustaakan umum yang juga besar. Sehingga para turis bisa berkujung ke perpustakaan juga.

Walaupun Indonesia, khususnya Jakarta belum termasuk salah satu ibu kota paling canggih di dunia. Namun, Indonesia memiliki perpustakaan terbesar juga. Jadi, jangan khawatir kalau kamu ingin belajar dan menemukan buku yang banyak. Oh iya, ternyata ada loh beberapa perpustakaan di dunia yang dinobatkan sebagai perpustakaan dengan desain interior paling unik.

Nah, berikut ini beberapa perpustakaan paling unik di dunia yang tentunya harus kamu kunjungi!

Wajib ke Sini! 5 Perpustakaan Paling Unik di Dunia

Kalau kamu tertarik berkunjung ke perpustakaan paling unik di dunia berikut ini, jangan lupa ya untuk membuat paspor dan juga Visa. Karena, perpustakaan unik di dunia ini rata-rata berada di luar ASEAN.

1. Qatar National Library – Qatar

Perpustakaan Paling Unik di Dunia

Qatar National Library – Qatar

Perpustakaan paling unik di dunia yang pertama adalah Qatar National Library. Perpusatakaan ini merupakan salah satu organisasi yang dinaungi Yayasan Qatar dan tujuannya pun untuk pendidikan, ilmu pengetahun dan juga pengembangan masyarakat. Oh iya, perpustaakan ini berada di Qatar tepatnya di Timur Tengah.

Perpustakaan Qatar National Library ini memiliki luas kurang lebih sekitar 45.000 meter persegi dan dirancang oleh perusahaan Belanda yaitu OMA. Bahkan koleksi buku yang terdapat di perpustakaan ini lebih dari 1 juta. Buku-buku yang terdapat di perpustakaan ini sangat rapih dan juga interiornya yang sangat modern.

Mungkin kamu bisa menemukan buku sejarah tentang teknologi canggih yang diciptakan oleh muslim di perpustakaan ini. Apalagi Qatar terkenal dengan negara yang mayoritas penduduknya memeluk agama islam.

2. The Arabian Library – Amerika Serikat

Perpustakaan Paling Unik di Dunia

The Arabian Library – Amerika Serikat

Perpustakaan terunik di dunia yang kedua adalah The Arabian Library. Kali ini perpustakaannya berada di Amerika Serikat gaes. Yups, seperti yang kita ketahui kalau Amerika Serikat merupakan negara dengan jumlah gamers terbanyak di dunia. Walaupun banyak penduduknya yang suka main game, ternyata negara ini juga nggak lupa untuk menyediakan fasilitas untuk orang yang suka belajar.

Perpustakaan The Arabian Library ini merupakan perpustakaan umum yang berada di Scottsdale, Arizona – Amerika Serikat. Walaupun perpustakaan ini digunakan oleh penduduk Scottsdale, namun banyak orang di penjuru dunia mengunjungi perpustakaan ini karena sangat unik sekali interiornya yang terkesan santai.

3. Helsinki Central Library Oodi – Finlandia

Perpustakaan Paling Unik di Dunia

Helsinki Central Library Oodi – Finlandia

Perpustakaan paling unik di dunia yang ketiga adalah Helsinki Central Library Oodi. Perpustakaan ini juga biasa disebut juga dengan perpustakaan Oodi loh gaes. Perpustakaan Helsinki Central Library Oodi ini terletak di Toonlolahti, Finlandia. Yups, seperti yang kita ketahui kalau pendidikan di Finlandia jauh paling bagus daripada Indonesia.

BACA
8 Ciri Orang Jenius, Apakah Kamu Termasuk?

Makanya nggak heran, kalau negara ini memili perpustakaan dengan design interior paling unik. Apalagi perpustakaan ini bersebelahan dengan Kiasma Museum of Contemporary Art dan Helsinki Music Center. Uniknya perpustakaan ini memiliki aula besar dan juga layar sebesar bioskop, yang bisa digunakan untuk menonton film dokumenter dan lain sebagainya.

4. Tianjin Binhai Library – China

Perpustakaan Paling Unik di Dunia

Tianjin Binhai Library – China

Perpustakaan terunik di dunia yang keempat adalah Tianjin Binhai Library. Perpustakaan Tianjin Binhai Library ini juga dijuluki mata ini merupakan perpustakaan baru yang terletak di Binhai Tianjin, China. Bahkan perpustakaan ini juga menjadi pusat budaya Binhai loh!

Perpustakaan ini nggak hanya lengkap bukunya tapi juga tersedia fasilitas teknologi lainnya. Makanya nggak heran kalau negara China menjadi salah satu negara dengan perkembang teknologi paling pesat. Apalagi ada pepatah yang mengatakan “Tuntutlah Ilmu Sampai ke Negeri China“.

5. Philological Library – Jerman

Perpustakaan Paling Unik di Dunia

Philological Library – Jerman

Perpustakaan paling unik di dunia yang terakhir adalah Philological Library. Yups, seperti yang sudah kita ketahui fakta menarik tentang B.J. Habibie, kalau beliau menimbang ilmu penerbangan di Jerman. Makanya nggak heran kalau Jerman punya perpustakaan dengan desain arsitektur paling unik dan mewah.

Perpustakaan Philological Library ini terletak di Free University of Berlin, Jerman. Oh iya, perpustakaan ini memiliki julukan “Berlin Brain” atau “Otak Berlin“. Bahkan perpustakaan Philological Library ini dinobatkan sebagai perpustakaan dengan struktur eco-intelligent terbaik loh gaes. Karena menggunakan panel alumunium dan kaca untuk mengatur suhu di dalamnya.

Artikel Menarik Lainnya!

So, bagaimana sobat pintar? Sekarang kamu sudah tau kan di mana aja sih perpustakaan paling unik di dunia. Nah, kamu jangan lupa juga ya untuk share artikel mengenai daftar perpustakaan paling unik di dunia ini ke sobat pintar lainnya.

Supaya mereka juga tau di mana aja sih perpustakaan paling unik di dunia. Oh iya, kalau kamu punya kritik dan saran mengenai daftar perpustakaan paling unik di dunia ini, bisa langsung tulis aja di kolom komentar bawah sini ya 🙂

Jangan lupa untuk LIKE kita di Facebook, Follow Twitter dan Instagram TipsPintar.com. Ditambah lagi, biar gak ketinggalan video-video menarik dari kita, jangan lupa Subcribe YouTube Channel TipsPintar.com

Dapatkan Tips Menarik Setiap Harinya!

  • Dapatkan tips dan trik yang belum pernah kamu tau sebelumnya
  • Jadilah orang pertama yang mengetahui hal-hal baru di dunia teknologi
  • Dapatkan Ebook Gratis: Cara Dapat 200 Juta / bulan dari AdSense
To Top